9 Cara Tepat Perawatan Rambut Berhijab

Kesehatan

9 Cara Tepat Perawatan Rambut Berhijab

Tertutupnya rabut oleh hijab bukan berarti perawatannya bisa diabaikan. Permasalahan rambut seperti kerontokan, ketombe, dan rambut bercabang justru akan lebih banyak dihadapi perempuan berhijab. Sebelum berkonsultasi, coba sembilan cara merawat rambut perempuan berhijab berikut ini seperti dirangkum dari hellosehat.com dan idntimes.com (10/08/2018).

1. Cuci Rambut Paling Tidak Dua Hari Sekali

Hal utama dan paling dasar untuk menjaga kesehatan dan estetika rambut adalah rutin mencucinya. Namun, jangan cuci rambut terlalu sering atau terlalu jarang. Pakar kesehatan rambut biasanya menganjurkan mencuci rambut dua hari sekali dengan sampo dan conditioner atau produk perawatan rambut yang tepat. Jika terlalu sering, kulit kepala bisa menjadi kering. Terlalu jarang pun bisa mengakibatkan minyak di kulit kepala bisa menumpuk sehingga ketombe dan masalah rambut lain muncul.

2. Biarkan Rambut Kering Alami

Banyak perempuan berhijab mengeringkan rambutnya yang basah setelah mandi dengan hair dryer. Pengering rambut ini memang dapat mengeringkan rambut dengan cepat. Namun, dokter kecantikan daring tidak menganjurkan penggunaan hair dryer karena dapat menghilangkan kelembapan rambut sehingga rambut kering dan mudah patah. Menggosok rambut yang basah dengan handuk juga tidak dianjurkan karena hal ini bisa merusak kutikula rambut (bagian terluar rambut). Jadi, usahakan rambutmu kering secara alami.

3. Rajin Menyisir Rambut

Meskipun rambut perempuan berhijab tidak terlihat, bukan berarti kamu bisa membiarkannya berantakan tanpa disisir. Kebiasaan tidak menyisir rambut bisa menyebabkan rambut kusut. Jadi, selalu sisir rambutmu sebelum kamu menggunakan hijab. Usahakan tidak menyisir rambut terlalu kencang karena hal itu bisa membuat rambut patah.

[Baca Juga : Merawat Kesehatan Rambut dengan Bahan-Bahan Tradisional]

4. Masker Rambut Adalah Sahabat

Coba untuk menjaga kelembapan rambut Anda dengan minyak rambut bervitamin seminggu sekali. Jika Anda tidak dapat menemukan minyak rambut komersil, racik dua-tiga jenis minyak alami (minyak zaitun, minyak almond, minyak biji bunga matahari, atau apapun) untuk meramu sebuah masker rambut yang menakjubkan. Seminggu sekali, duduk di bawah paparan matahari pagi tanpa berhijab dan pijat-pijat kepala Anda selama 20 menit. Sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang akan dicerna oleh tubuh untuk mendorong kesehatan rambut dan kulit kepala. Alternatifnya, oleskan masker rambut kaya vitamin dua-tiga kali seminggu. Krim, vitamin, dan beberapa pijatan lembut akan membantu rambut Anda tumbuh lebih baik.

5. Jangan Ikat Rambut Terlalu Kencang

Kadang, kita tidak menyadari fakta bahwa untuk menjaga rambut kita tetap rapi tanpa ada cuatan rambut di sana-sini, kita mengikat rambut begitu keras sampai kaku. Hindari melakukan hal ini. Selalu lebih baik untuk menatanya dalam ikat kuda atau cepolan longgar di bawah jilbab. Helai rambut akan bisa melemah jika mereka ditarik erat, menyebabkan rambut rontok. Satu hal yang perlu diingat: selalu mencoba untuk mengubah belahan rambut dari waktu ke waktu untuk mencegah garis tepi rambut Anda menipis dan rontok.

6. Gerai Rambut Sesekali

Mengenakan jilbab tidak berarti Anda selamanya mengekang rambut dalam ikatan dan penutup rambut. Walaupun kesempatannya akan jauh lebih sedikit daripada mereka yang tidak berhijab, jangan lupa untuk sesekali melepas ikatan rambut dan biarkan rambut tergerai bebas saat di rumah atau di kamar. Setelah melepas ikatan rambut, sisir dan pijat-pijat kepala untuk melancarkan sirkulasi darah.

7. Potong Rambut

Cobalah untuk memangkas rambut secara teratur (setiap 4-6 minggu sekali sangat dianjurkan) untuk menyingkirkan ujung-ujung yang kering dan bercabang. Jadi, bahkan jika tidak ada orang lain mendapat untuk melihat rambut Anda, jangan mengabaikan rambut Anda dan pastikan untuk memotongnya secara teratur untuk membiarkannya tetap tumbuh dengan sehat.

8. Pilih Bahan Hijab yang Bersahabat dengan Kulit

Wajib bagi setiap wanita memahami kain apa yang harus ia gunakan untuk hijabnya. Cobalah untuk menggunakan kain yang ramah kulit yang memiliki jalur keluar-masuk udara. Jika memungkinkan, cobalah untuk memakai serat alami yang ringan.

Bahan alami yang lembut pada rambut Anda dan akan memungkinkan rambut Anda untuk bernapas lebih baik. Kain chiffon atau katun, misalnya. Hijab katun akan memberikan lebih bayak udara ke kulit kepala Anda sambil sekaligus tetap menjaga rambut Anda tertutup. Jika Anda lebih suka kain sintetis, seperti nylon atau polyester, pastikan untuk menggunakan underscarf untuk membantu melindungi rambut Anda dari risiko gesekan antar kulit kepala dan bahan kain yang dapat menyebabkan kerusakan rambut.

[Baca Juga : Pilihan Hijab Store di MargoCity]

Saat cuaca panas, gunakan jilbab berkain tipis dan adem. Di hari-hari yang dingin, tak jadi masalah apa pilihan jilbab Anda tapi ingat untuk menghindari memakai jilbab hitam selama hari-hari panas karena hitam bersifat menyerap panas.

9. Makan Makanan Kaya Asam Amino dan Protein

Rambut rusak juga bisa menandakan kesehatan tubuh yang tidak optimal. Pastikan Anda menjalani pola makan seimbang dengan makan makanan sehat setiap hari, terutama sumber makanan kaya protein dan zat besi, seperti salmon, kenari, telur, dan bayam. Nutrisi yang Anda ambil dalam setiap hari membantu untuk membentengi dan memelihara setiap helai rambut Anda. Anda juga dapat menggunakan suplemen vitamin yang akan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut sehat.

Read More


Artikel Lainnya

Home Credit Gandeng Mitra Bisnis Kecil dan Menengah

Bisnis

Home Credit Gandeng Mitra Bisnis Kecil dan Menengah

26 May 2019, 13:00  |  6 Views

Sebagai perusahaan pembiayaan berbasis teknologi, Home Credit berkomitmen menjadi mitra pembiayaan yang dapat diandalkan bagi mitra bisnis atau konsumen.

Atlet Cheerleaders Indonesia Raih Prestasi di Asian Junior Cheerleding

Berita Kawasan

Atlet Cheerleaders Indonesia Raih Prestasi di Asian Junior Cheerleding

26 May 2019, 14:00  |  5 Views

Prestasi atlet pemandu sorak di ajang Asian Junior Cheerleading Championship menjadi modal menuju Cheerleading Wold Championship.

Cerita Wali Kota Bogor Setelah Menonton Film Ambu

Berita Kawasan

Cerita Wali Kota Bogor Setelah Menonton Film Ambu

26 May 2019, 12:00  |  5 Views

Usai menonton film Ambu garapan Skytree Pictures, Wali Kota Bogor mengaku sempat meneteskan air. Dia pun mengajak ibu dan anak di kawasan Bogor menonton film Ambu.

Ini Cara Jitu Pria Jaga Stamina di Bulan Ramadan Ala Zap Clinic

Kesehatan

Ini Cara Jitu Pria Jaga Stamina di Bulan Ramadan Ala Zap Clinic

26 May 2019, 15:00  |  5 Views

Menjaga stamina saat Ramadan perlu dilakukan agar segala aktivitas bisa dilakukan tanpa mengurangi intensitas. Khusus untuk pria, ini cara jitu jaga stamina di bulan Ramadan.


Comments


Please Login to leave a comment.