AKUPUNTUR_1.jpg

Kesehatan

9 Pertanyaan Tentang Akupunktur untuk Atasi Fertilitas

Setelah penikahan, tentunya menjadi dambaan pasangan suami istri untuk memiliki keturunan. Tetapi keinginan tersebut pada banyak pasangan suami istri sulit terwujud karena adanya gangguan yang menghambat terjadinya kehamilan. Untuk menangani masalah fertilitas ini, sudah banyak cara yang bisa Anda pilih bersama pasangan.

Infertilitas (ketidaksuburan) didefinisikan sebagai hilangnya kemampuan untuk hamil dan melahirkan seorang anak, demikian menurut dr. Sri Ardiyati A, Sp.AK dari RS Meilia Cibubur. Dokter spesialis kandungan tersebut menambahkan, suatu pasangan diduga mengalami infertilitas jika tidak terjadi kehamilan setelah bersenggama yang sering dan tidak menggunakan kontrasepsi selama 12 bulan.

[Baca Juga : Melahirkan di RS Gandaria dan Rumah Sakit Sekitar Kebayoran]

Berikut sembilan pertanyaan yang bisa menjadi acuan Anda jika ingin memilih akupunktur untuk mengatasi masalah fertilitas berdasarkan situs Ayahbunda (17/9/2018):

1. Apa Saja yang Dapat Diterapi?

Terapi akupunktur membantu masalah ketidaksuburan pada wanita, yang disebabkan gangguan fungsi sistem reproduksi, misalnya ketidakseimbangan sistem hormonal. Terapi ini tidak bisa mengatasi masalah ketidaksuburan akibat gangguan atau kelainan organ reproduksi.

2. Bisa Atasi Penyumbatan Saluran Telur?

Tidak bisa, karena keduanya termasuk gangguan pada organ reproduksi, sehingga diperlukan tindakan medis.

3. Bagaimana Prinsip Dasar Terapi?

Dasarnya adalah merangsang titik-titik akupunktur pada permukaan kulit. Perangsangan akan memberikan efek tertentu pada titik tersebut dan bagian tubuh lainnya yang saling berhubungan.

4. Adakah Efeknya Atasi Ketidaksuburan?

Ada efek yang bersifat terpusat, yaitu berupa peningkatan aliran darah ke rahim dan indung telur (ovarium). Aliran darah yang lebih lancar ini membuat aliran oksigen dan zat-zat nutrisi menuju kedua organ tersebut berlangsung lebih optimal. Sementara contoh efek yang bersifat menyeluruh berupa peningkatan fungsi ketahanan dan keseimbangan sistem hormonal. Kedua jenis efek tersebut secara bersama-sama akan meningkatkan kesuburan serta fungsi organ reproduksi untuk mempersiapkan terjadinya proses kehamilan.

[Baca Juga : Mengapa Program Bayi Tabung Mahal?]

5. Kapan Sebaiknya Mulai Terapi?

Begitu seorang perempuan didiagnosa menderita gangguan fungsi pada organ reproduksinya yang menyebabkan ketidaksuburan atau sulit hamil.

6. Suami Juga Harus Terapi?

Ya, sebaiknya sejak awal, keduanya sama-sama menjalani pemeriksaan untuk mengetahui penyebab ketidaksuburan. Sebab kenyataannya, 40 persen kasus ketidaksuburan disebabkan gangguan sistem reproduksi pada pria. Misalnya, jumlah dan kualitas sperma yang rendah, ketidakseimbangan sistem hormonal, pelebaran pembuluh darah balik pada buah zakar (varikokel), atau terjadi penyumbatan pada saluran epididimis (saluran keluar sperma). Dengan terapi akupunktur, jumlah dan kualitas sperma dapat ditingkatkan.

7. Terapi Ini Menunjang Bayi Tabung? Ya, bisa. Dari sejumlah penelitian di beberapa negara, diketahui angka keberhasilan proses inseminasi buatan pada pria yang menjalani terapi akupunktur mencapai 57 persen, sedangkan yang tanpa terapi akupunktur rata-rata hanya 30 persen.

8. Bila Ikut Program Bayi Tabung, Kapan Mulai Akupunktur?

Biasanya sebelum proses transfer embrio ke dalam rahim dilakukan, mereka lebih dahulu disarankan menjalani terapi sebanyak empat kali, lalu dilanjutkan dua kali terapi menjelang jadwal pelaksanaan proses tersebut. Jadwal terapi akan diatur oleh dokter kandungan, disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing pasangan.

9. Adakah Efek Sampingnya?

Setiap pengobatan memiliki risiko serta efek samping, begitu juga terapi akupunktur. Paling ringan berupa infeksi, kulit membiru karena ada pembuluh darah yang pecah (hematom), nyeri atau rasa tidak nyaman, timbul luka pada organ bagian dalam, atau jarum patah. Namun, risiko tersebut dapat diperkecil dengan cara mendatangi dokter spesialis akupunktur medik khusus untuk terapi fertilitas.

Read More

Artikel Lainnya

Kisah #AksiHidupBaik Sang Inisiator Penghijauan Kelurahan Karang Anyar

Berita Kawasan

Kisah #AksiHidupBaik Sang Inisiator Penghijauan Kelurahan Karang Anyar

18 November 2019, 19:00

Euis Kurniawati adalah salah satu nominasi Ibu Ibukota Awards Bidang Pelestarian Lingkungan. Simak #AksiHidupBaik yang dilakukannya di sini.

Kapal Pembersih Sungai Siap Dioperasikan di Kota Bekasi

Berita Kawasan

Kapal Pembersih Sungai Siap Dioperasikan di Kota Bekasi

18 November 2019, 18:00

Kapal pembersih sungai yang diberikan oleh Waste4Change ini mampu menjaring sampah setidaknya 200-300 kilogram.

Ini Dia Tips Memilih Sepatu Lari Untuk Pemula

Kesehatan

Ini Dia Tips Memilih Sepatu Lari untuk Pemula

18 November 2019, 17:00

Pemilihan sepatu lari yang pas berpengaruh terhadap performa loh. Salah-salah malah bikin kaki kamu terkilir. Berikut tips bagi kalian yang ingin membeli sepatu lari.

Sekolah Pribumi Pertama di Batavia Ada di Cikini

Berita Kawasan

Sekolah Pribumi Pertama di Batavia Ada di Cikini

18 November 2019, 16:00

Gedung sekolah yang kini menjadi SMPN 1 Jakarta ini ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang. Inilah sejarah sekolah pribumi pertama di Batavia.


Comments


Please Login to leave a comment.