muatan sepeda motorOK3.jpg

Properti dan Solusi

9 Tips Bawa Barang dengan Sepeda Motor dari Yamaha Riding Academy

Tahukah pointers jika sebagian besar orang lebih memilih bepergian menggunakan sepeda motor daripada kendaraan lain seperti mobil. Sepeda Motor, saat ini sudah menjadi transportasi yang paling digemari masyarakat Indonesia baik pria maupun wanita. Hal ini karena sepeda motor memiliki sederet keunggulan antara lain lebih Sporty, lebih cepat sampai, lebih hemat bahan bakar dan tentu lebih murah harganya daripada mobil.

Di masa sekarang ini, masyarakat menginginkan alat transportasi yang bisa mendukung rutinitas dan aktivitas mereka yang padat. Penggunaan sepeda motor tak hanya digunakan untuk mengangkut manusia saja, tak jarang sepeda motor juga dipakai untuk membawa banyak barang. Motor sejatinya tidak dirancang untuk membawa banyak barang melebihi kapasitas, ini tertuang dalam PP No. 74 Tahun 2014 mengenai Angkutan Jalan Pasal 10 ayat 4 dan juga pasal 11.

muatan sepeda motorOK.jpg

Terdapat 3 aturan dasar mengenai membawa barang dalam kendaraan roda 2 berdasarkan PP tersebut, diantaranya dilarang membawa barang dengan ukuran melebar yang melebihi ukuran setang motor, barang bawaan harus diletakkan pada bagian belakang pengemudi, tinggi barang yang dibawa tidak boleh lebih dari 900 milimeter (kurang dari 1 meter). Jika aturan ini dilanggar, maka denda akan dikenakan kepada pelanggarnya.

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) dalam pasal 311 ayat 1 ini lah yang mengatur denda bagi pelanggaran membawa barang berlebih dalam kendaraan bermotor. Dalam undang-undang ini menyebutkan bahwa, “Setiap orang yang dengan sengaja mengemudikan Kendaraan Bermotor dengan cara atau keadaan yang membahayakan bagi nyawa atau barang dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp3.000.000.”

Menurut Antonius Widiantoro selaku Manager Public Relation & YRA PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) satu hal yang harus diperhatikan pengendara motor ketika membawa motor adalah faktor keamanan. “Dalam berkendara, terkadang kita harus membawa barang dalam jumlah dan ukuran tertentu yang melebihi kapasitas bagasi. Namun, hal yang tidak boleh dilupakan oleh pengendara adalah faktor keamanan dan keselamatan berkendara, baik bagi pengendara sendiri maupun bagi orang lain. Untuk itu, Yamaha Riding Academy (YRA) akan memberikan tips berkendara, pada saat pengendara harus membawa barang,” ujar Antonius dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (24/7/2021).

Tak hanya memastikan kondisi sepeda motor dalam keadaan baik, pengendara juga perlu mengatur barang bawaan dengan posisi yang tepat agar tidak merugikan pengendara dan orang lain. Berikut ini tips berkendara dari Yamaha Riding Academy (YRA) ketika membawa barang yang bisa Pointers ikuti.

muatan sepeda motorOK2.jpg

  1. Saat ingin menempatkan barang dengan ukuran yang cukup besar di atas motor, pastikan motor dalam keadaan standar tengah. Cara ini akan membuat motor lebih rata, sehingga lebih mudah untuk mengikat barang berukuran besar.
  2. Perhatikan tali pengikat barang dan usahakan menggunakan tali pengikat yang lentur berbahan karet, agar dapat mengikat secara maksimal dan tidak mudah bergeser sehingga mengganggu keseimbangan.
  3. Disarankan dimensi barang tidak melebihi lebar dari stang motor dan tinggi pengendara. Jika tidakm maka sepeda motor akan sulit bermanuver dan membuat keseimbangan pengendara terganggu.
  4. Pastikan panjang barang bawaan tidak melebihi atau menutupi lampu belakang sepeda motor. Ini dimaksudkan agar pengendara lain tetap dapat melihat signal lampu dari motor.
  5. Bagi pengguna motor matic, jika barang bawaan berukuran kecil sebaiknya ditaruh dibawah jok atau di sisi kaki depan pengendara. Posisi ini akan membuat sepeda motor lebih mudah dikontrol oleh pengendara.
  6. Jika menggunakan tas backpack untuk membawa barang, perhatikan dimensi tas dan pastikan tas nyaman digunakan agar tidak mengganggu fleksibilitas pengendara.
  7. Hindari membawa barang yang berat bersama penumpang. Hal ini akan mengakibatkan overload sehingga mengurangi keseimbangan berkendara.
  8. Jika barang bawaan yang ingin diangkut sangat banyak, lebih baik diangkut dalam beberapa kali atau gunakan alternatif kendaraan lain yang lebih besar.
  9. Patuhi aturan keselamatan berkendara dan berlalu lintas, serta barengi dengan penggunaan perlengkapan berkendara yang sesuai dengan peraturan.

Read More

Artikel Lainnya

Penanjakan

Berita Kawasan

Sensasi 8 Derajat dan Sunrise yang (Nyaris) Tidak Terlihat di Penanjakan

21 September 2021, 21:09

Sejak dini hari, tempat ini sudah mulai dikunjungi masyarakat, beberapa bersama pasangan, keluarga, atau pun rekan-rekannya.

Desa Wisata Edelweis

Berita Kawasan

Desa Wisata Edelweis, Tempat Baru dengan Hamparan Bunga Abadi

21 September 2021, 20:08

Baru sekitar satu bulan disediakan café bagi pengunjung di tempat ini. Sebelumnya, tempat ini hanya berupa perkebunan saja.

Permudah Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Dilunc urkan.jpg

Kesehatan

Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Diluncurkan

21 September 2021, 19:07

Dengan menggandeng RS Mitra Keluarga, AlteaCare permudah pasien, khususnya dengan penyakit kronis, berkonsultasi dengan dokter spesialis tanpa perlu keluar dari rumah.

Laque Outfit 3.jpg

Kecantikan dan Fashion

Model Baju Kekinian Ala Drama Korea? Cek di Laque Outfit

21 September 2021, 18:08

Sedang mencari aneka outfit ala Drama Korea? Cobalah untuk melihat-lihat di Laque Outfit, sebuah toko Butik di Bandung.


Comments


Please Login to leave a comment.