90 Warga Jakarta Selatan Ikuti Pelatihan SIM A Gratis

Berita Kawasan

90 Warga Jakarta Selatan Ikuti Pelatihan SIM A Gratis

Melalui Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Sudin Nakertrans), Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan mengadakan pelatihan mengemudi dan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) A secara gratis.

Diadakannya pelatihan mengemudi itu sebagai upaya mengatasi jumlah pengangguran di wilayah Jakarta Selatan. Hal tersebut seperti disampaikan Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali dalam pembukaan kegiatan pelatihan mengemudi.

Marullah juga menyampaikan, pelatihan ini sangat penting dengan tujuan agar masyarakat mendapatkan edukasi terkait dengan tata cara mengemudi yang baik di jalan. “Selain itu, jika sudah memiliki SIM tentu akan memudahkan warga, terutama anak muda mendapat pekerjaan,” katanya seperti dikutip dari selatan.jakarta.go.id (15/4/2019).

[Baca Juga: Selama 3 Bulan, 5.639 Kartu Pekerja Telah Didistribusikan]

Ada sekitar 90 warga dari 10 Kecamatan yang mengikuti pelatihan mengemudi ini, dan diharakan para peserta yang ikut pelatihan bisa memanfaatkan momen itu dengan sebaik-baiknya. Selain itu, setelah medapatkan pelatihan mengemudi ini peserta juga harus waspada, tertib di jalan raya, dan mematuhi peraturan lalu lintas.

“Harus waspada, tertib. Maka edukasi ingin memegang kendaraan itu menjadi penting. Itu tugas pemerintah dalam hal ini para sekolah mengemudi,” katanya.

90 Warga Jakarta Selatan Ikuti Pelatihan SIM A Gratis

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Jakarta Selatan Sudrajat mengatakan, kegiatan pelatihan mengemudi SIM A ini merupakan aspirasi masyarakat yang didapat dari hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

“Kita menjalankan aspirasi masyarakat dari Musrenbang. Jadi peatihan-pelatihan yang diinginkan mereka. Harapan kita kegiatan ini akan memberi bekal untuk kehidupannya. Dari sisi ekonomi keterampilan itu bisa menjadi sopir part time, dan usaha-usaha yang ada di lingkungan mereka,” katanya.

[Baca Juga: Siapa Pun Bisa Ikut Pelatihan Barista di CEVEST Bekasi]

Salah satu warga yang mengikuti pelatihan mengemudi, Munanto (38) mengaku sangat senang mendapat pelatihan pembuatan SIM A ini. Sebab, selama ini dirinya tidak memiliki SIM sehingga setiap kali mau melamar pekerjaan sebagai sopir menjadi kendala.

“Mudah-mudahan setelah mendapat pelatihan mengemudi ini saya segera dapat pekerjaan. Karena semenjak di PHK, saya kesulitan karena kendala tidak miliki SIM A,” kata Munanto.

[Baca Juga: Sinergi dalam Festival Literasi Jakarta Selatan]


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.