90 Warga Jakarta Selatan Ikuti Pelatihan SIM A Gratis

Berita Kawasan

90 Warga Jakarta Selatan Ikuti Pelatihan SIM A Gratis

Melalui Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Sudin Nakertrans), Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan mengadakan pelatihan mengemudi dan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) A secara gratis.

Diadakannya pelatihan mengemudi itu sebagai upaya mengatasi jumlah pengangguran di wilayah Jakarta Selatan. Hal tersebut seperti disampaikan Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali dalam pembukaan kegiatan pelatihan mengemudi.

Marullah juga menyampaikan, pelatihan ini sangat penting dengan tujuan agar masyarakat mendapatkan edukasi terkait dengan tata cara mengemudi yang baik di jalan. “Selain itu, jika sudah memiliki SIM tentu akan memudahkan warga, terutama anak muda mendapat pekerjaan,” katanya seperti dikutip dari selatan.jakarta.go.id (15/4/2019).

[Baca Juga: Selama 3 Bulan, 5.639 Kartu Pekerja Telah Didistribusikan]

Ada sekitar 90 warga dari 10 Kecamatan yang mengikuti pelatihan mengemudi ini, dan diharakan para peserta yang ikut pelatihan bisa memanfaatkan momen itu dengan sebaik-baiknya. Selain itu, setelah medapatkan pelatihan mengemudi ini peserta juga harus waspada, tertib di jalan raya, dan mematuhi peraturan lalu lintas.

“Harus waspada, tertib. Maka edukasi ingin memegang kendaraan itu menjadi penting. Itu tugas pemerintah dalam hal ini para sekolah mengemudi,” katanya.

90 Warga Jakarta Selatan Ikuti Pelatihan SIM A Gratis

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Jakarta Selatan Sudrajat mengatakan, kegiatan pelatihan mengemudi SIM A ini merupakan aspirasi masyarakat yang didapat dari hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

“Kita menjalankan aspirasi masyarakat dari Musrenbang. Jadi peatihan-pelatihan yang diinginkan mereka. Harapan kita kegiatan ini akan memberi bekal untuk kehidupannya. Dari sisi ekonomi keterampilan itu bisa menjadi sopir part time, dan usaha-usaha yang ada di lingkungan mereka,” katanya.

[Baca Juga: Siapa Pun Bisa Ikut Pelatihan Barista di CEVEST Bekasi]

Salah satu warga yang mengikuti pelatihan mengemudi, Munanto (38) mengaku sangat senang mendapat pelatihan pembuatan SIM A ini. Sebab, selama ini dirinya tidak memiliki SIM sehingga setiap kali mau melamar pekerjaan sebagai sopir menjadi kendala.

“Mudah-mudahan setelah mendapat pelatihan mengemudi ini saya segera dapat pekerjaan. Karena semenjak di PHK, saya kesulitan karena kendala tidak miliki SIM A,” kata Munanto.

[Baca Juga: Sinergi dalam Festival Literasi Jakarta Selatan]

Read More

Artikel Lainnya

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis   .jpg

Bisnis

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis

28 September 2020, 20:19

Berkat hobi biota laut, Nico dan rekannya berhasil dirikan toko Java Aquatic yang berlokasi di kawasan Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur.jpg

Berita Kawasan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur

28 September 2020, 16:55

Pada akhir pekan kemarin, Pemkot Jakarta Utara memanfaatkannya untuk mengadakan kegiatan demi mencegah terjadinya banjir di musim hujan.

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel.jpg

Berita Kawasan

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel

28 September 2020, 14:41

Pada akhir pekan kemarin, jagat medsos Jabodetabek dihebohkan dengan pengunjung kafe di area Galaxy Kota Bekasi yang ramai berjoget tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok.jpg

Berita Kawasan

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok

28 September 2020, 13:43

Resmi mulai menjalani cuti untuk Pilkada Depok 2020, jabatan Mohammad Idris untuk sementara digantikan Dedi Supandi.


Comments


Please Login to leave a comment.