92 Wilayah Pemukiman Padat di Jakarta Barat Akan Ditata.jpg

Berita Kawasan

92 Wilayah Pemukiman Padat di Jakarta Barat Akan Ditata

Jakarta Barat terus berbenah. Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Jakarta Barat, berencana untuk melakukan penataan pada sejumlah daerah yang termasuk kategori pemukiman padat penduduk.

Pada tahun ini, Pemerintah Jakarta Barat akan menata 92 wilayah pemukiman warga yang tersebar di 56 kelurahan. Sebelum memulai penataan, pihak pemerintah Jakarta Barat sudah melakukan kajian terlebih dahulu terhadap sejumlah RW pada 2018.

Penataan RW yang termasuk kategori kumuh ini tersebar di empat kelurahan, yakni Kelurahan Kota Bambu Utara, Kapuk, Pinangsia, dan Kedaung Kali Angke.

[Baca Juga: Kurangi Kasus DBD, Walikota Jakarta Barat Jadwalkan PSN]

Rencana penataan 92 wilayah ini ialah sebuah bentuk arahan kebijakan dan strategi pemanfaatan ruang suatu wilayah nasional guna menjaga keharmonisan antar lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Biasanya penataan wilayah pemukiman padat ini meliputi Prasarana Sarana dan Utilitas (PSU), Penerangan Jalan Umum (PJU), pengelolaan sampah, atau membersihkan septic tank komunal, yang bisa menghabiskan waktu satu atau dua bulan.

Kepala Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Jakarta Barat Suharyanti, mengatakan terdapat 11 indikator wilayah yang masuk kategori yang bakal ditata pada 2019. Kategori tersebut diantarannya ialah tata letak bangunan, pengelolaan sampah, sanitasi lingkungan, kepadatan penduduk, dan pencahayaan rumah warga.

Tak hanya itu, penataan juga dilakukan mencakup semua unsur mulai dari jalan lingkungan, hingga penghujauan di wilayah terkait, “Dari 92 wilayah yang akan ditata, paling banyak berada di Kecamatan Cengkareng dan Tambora,” tutur Suharyanti.

[Baca Juga: Mengintip Gang di Tambora Jakarta yang Tak Tersentuh Matahari]

Suharyanti pun berharap dengan adanya penataan terhadap RW kumuh, masyarakat Jakarta Barat bisa nyaman dan meningkat dari segi kesehatan, kesejahteran, dan pendidikannya.

“Lingkungan yang ditinggali itu harus bersih, dan tertata sehingga perkembangan anak-anak ke depannya terjamin,” ujarnya.

Suharyanti menambahkan penataan ini bisa meningkatkan kesejahteraan dari segi ekonomi. Karena penataan 92 wilayah Jakarta Barat ini bukan hanya fisik bangunannya saja. Lebih dari itu, menyangkut juga sosial dan ekomoni daerah tersebut.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.