ABCD Coffee, Kursus yang Bangkitkan Hype Kopi di Pasar Santa

Kuliner

ABCD Coffee, Kursus yang Bangkitkan Hype Kopi di Pasar Santa

Bila kita berbicara budaya kopi di Pasar Santa Jakarta Selatan sebenarnya bisa dilirik dari pedagang biji kopi yang membuka gerainya di sini. Namun jika yang dibicarakan adalah hype nongkrong untuk menikmati sajian kopi bagi kalangan milenial maka nama ABCD Coffee tentu tak bisa dilupakan. Kursus untuk para pecinta kopi yang bermarkas di kawasan Menteng Jakarta Pusat ini sebenarnya mengawali jejak perjalanannya di dunia kopi di Pasar Santa ketika membuka 2 kios sederhana yang masing-masing berukuran 3x2 meter.

Berdirinya ABCD Coffee yang memiliki singkatan A Bunch of Caffeeine Dealers dimulai dengan keinginan dari Venerdi Handojo dan Hendri Kurniawan memberikan edukasi mengenai kopi. Keduanya pun memilih lokasi lantai dua Pasar Santa untuk membuka kelasnya secara resmi di tahun 2014 untuk merangkul orang-orang yang ingin mendalami dunia kopi, khususnya speciality coffee.

ABCD Coffee, Kursus yang Bangkitkan Hype Kopi di Pasar Santa

Namun yang menarik dari kios ABCD Coffee ini adalah pandangan khalayak umum yang mengira bahwa lokasi itu merupakan kafe atau coffee shop yang menjajakan berbagai sajian kopi. Padahal tujuan didirikannya kios itu sebenarnya untuk edukasi yang memang pengunjung diperbolehkan untuk mencicipi kopi yang dibuat oleh anggota komunitas ABCD Coffee serta founder-nya.

[Baca Juga: ABCD School of Coffee, Kursus untuk Pecinta Kopi]

“Seiring berjalannya waktu, kami sempat dikira coffee shop padahal bukan, ini adalah kelas (kursus). Terus pas hari biasa, banyak orang yang protes ‘Kok tutup mulu?’, padahal pada hari itu memang lagi enggak ada kelas. Kadang tiba-tiba diumumin di Instagram, kita mainnya Instagram terus, kita mau buka pop up yang konsepnya pay as you like,” ujar Admission Officer ABCD School of Coffee Bimo kepada PingPoint.co.id di Jakarta Coffee Week 2019, PIK Avenue Mall, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara (30/8/2019).

ABCD Coffee, Kursus yang Bangkitkan Hype Kopi di Pasar Santa

Dari konsep pay as you like atau bayar terserah pengunjung inilah yang membuat banyak pengunjung yang mayoritas dari kalangan milenial, berbondong-bondong datang ke Pasar Santa untuk menikmati sajian kopi di ABCD Coffee. Salah satu yang memicu antrean ini adalah sajian kopi yang dibuat di sini memiliki kualitas premium, seperti espresso atau cappucino yang terbuat dari biji kopi Gayo dan Lombok sehingga cita rasanya membuat banyak orang menanti pop up dari ABCD Coffee.

“ABCD Coffee adalah yang akhirnya memicu itu (hype kopi di Pasar Santa), kan saat itu banyak datangin crowd nih tapi di lantai dua masih sepi dan sewanya juga masih murah. Terus teman-teman Pak Henri dan Pak Venerdi juga ikutan buka usaha yang dulu sampai sempet rame banget di Santa. Karena itu yang memang memulainya crowd-nya ABCD Coffee,” ucapnya.

[Baca Juga: Jakarta Coffee Week, Acara yang Wajib Dikunjungi Penikmat Kopi]

Kemudian karena semakin meningkat peserta kelasnya, ABCD Coffee pun pindah ke daerah Cikini pada September 2015 yang hingga saat ini menjadi lokasi pusat mereka. Pada saat itu, ABCD Coffee masih memanfaatkan dua lokasi untuk kegiatannya. Bimo menambahkan, kala itu pembagian kelasnya ada yang dua hari di Cikini kemudian di hari ketiga di Pasar Santa. Namun karena sudah semakin berkembang lokasi ABCD Coffee di Cikini dengan ruangan-ruangan yang sudah didesain sedemikian rupa untuk kelas-kelasnya, ketika masa sewanya habis di Pasar Santa, kegiatan kelas serta pop up coffee shop di sana pun juga diakhiri.


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.