ABCD School of Coffee, Kursus untuk Pecinta Kopi

Pendidikan

ABCD School of Coffee, Kursus untuk Pecinta Kopi

Saat ini kopi bukan hanya sekadar minuman untuk membantu Anda bersemangat atau dinikmati saat bersantai bersama teman-teman, kopi sekarang menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern, khususnya generasi milenial. Oleh karena itulah banyak pecinta kopi yang ingin semakin mengapresiasi minuman favorit tersebut dengan ikut kursus kopi. Salah satunya adalah di ABCD (A Bunch of Caffeine Dealers) School of Coffee yang berlokasi di kawasan Jakarta Pusat.

ABCD School of Coffee, Kursus untuk Pecinta Kopi

Awalnya kursus kopi yang berlokasi di Jalan RP Soeroso 22, Gondangdia, Jakarta Pusat ini banyak pesertanya merupakan para calon barista. Namun saat ini pihak ABCD School of Coffee menyebut, tidak sedikit yang justru mendaftarkan diri di kursus kopinya adalah orang-orang yang ingin mendalami dunia kopi, para pengusaha yang ingin membuka kafe atau coffee shop, hingga petani kopi. Oleh karena itulah, beragam program di kursus kopi ini pun kurikulumnya disesuaikan dengan kebutuhan peserta.

[Baca Juga: Jakarta Coffee Week, Acara yang Wajib Dikunjungi Penikmat Kopi]

“Di kelas ABCD School of Coffee ini kita belajar segala sesuatu mengenai kopi dari dasarnya, jadi intinya bukan how to tapi kita ajarkan lebih ke why. Ini terlihat dari nama ABCD itu sendiri, A itu Appreciation, B itu Brewing, C itu Cupping mengenai pengetahuan kualitas cita rasa, DE-nya itu Definitive Espresso tentang berbagai hal mengenai kopi espresso dan mesinnya,” papar Admission Officer ABCD School of Coffee Bimo kepada PingPoint.co.id di Jakarta Coffee Week 2019, PIK Avenue Mall, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara (30/8/2019).

ABCD School of Coffee, Kursus untuk Pecinta Kopi

Untuk kelas Appreciation, Anda akan mempelajari dasar mengenai berbagai aspek dari kopi. Dari mulai sejarah, pengolahannya, hingga tren dari masa ke masa. Kemudian untuk Brewing adalah kelas mengenai menyeduh manual yang harus memperhatikan berbagai prinsip serta faktor agar menghasilkan kopi dengan ciita rasa nikmat. Untuk kelas Cupping, di sini Anda akan diajarkan beragam teknik dalam menilai kualitas kopi terbaik melalui pendekatan indera penciuman serta pengecapan. Sedangkan untuk Definitive Espresso adalah kelas mengenai seluk beluk dari espresso.

Setiap kelas di ABCD School of Coffee rata-rata memiliki durasi pembelajaran selama dua jam dalam sehari. Tapi khusus untuk Definitive Espresso, kelas ini membutuhkan waktu enam jam dan diwajibkan untuk ikut kelas Appreciation terlebih dahulu. Selain empat kelas ini, Bimo mengatakan, terdapat kelas baru yang berasal dari huruf F dan G.

[Baca Juga: Stuja Coffee, Kedai Kopi Berkonsep Ramah Lingkungan]

“Kita punya kelas terbaru, Fire and Gas, jadi kita alphabetic ini huruf F dan G. Fire and Gas karena untuk me-roasting kopi dari green bean ke roaster butuh api yang bersumber dari gas,” ucap Bimo. Di kelas ini, para pesertanya memang akan lebih dekat mengenai dengan berbagai mesin yang dibutuhkan untuk menghadirkan biji kopi hasil sangrai yang berkualitas tinggi.

Admission Officer ABCD School of Coffee itu menambahkan, kursus kopinya saat ini berusaha fokus bukan hanya untuk menghasilkan barista semata dan mementingkan pembelajaran dari kata why atau kenapa. “Jadi ini why, ‘Kenapa harus begini, kopinya harus seperti ini, di-treat seperti ini.’ Jadi dari awal tagline kita adalah from zero to cappucino. Ketika peserta pertama masuk mereka zero knowledge mengenai speciality coffee, lalu di hari terakhirnya, mereka sudah bisa membuat proper cappucino,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasiona l.jpg

Kecantikan dan Fashion

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasional

07 October 2022, 14:07

Setidaknya ada delapan desainer yang rencananya hadir di JFW 2023 dengan karya yang sudah digunakan para selebriti internasional.

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 2 0.jpg

Bisnis

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 20

07 October 2022, 10:03

Pekan ini secara resmi Infinix Indonesia memboyong produk flagship-nya ke Indonesia dengan harga mulai dari Rp3 jutaan.

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya

07 October 2022, 07:35

Pihak promotor akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi bahwa konser Justin Bieber pada tahun ini akan diundur sampai tahun 2023 dengan penonton diperbolehkan untuk mengajukan refund.

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.jpg

Pendidikan

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

06 October 2022, 18:54

Dari mulai pelajar SMP hingga dalang cilik, generasi muda Jogja terlihat turun ke jalan untuk merayakan HUT ke-266 Kota Yogyakarta pada pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.