Abnon Jaksel 2020 Diminta Lebih Aktif Menggali Budaya Jakarta

Berita Kawasan

Abnon Jaksel 2020 Diminta Lebih Aktif Menggali Budaya Jakarta

Pagelaran Abang None Jakarta Selaran sudah mulai diselenggarakan. Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Marullah Matali yang membuka pemilihan Abang None Jakarta Selatan di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan 22 Februari lalu meminta para calon Abang None mampu memopulerkan Jakarta Selatan, mulai dari kebudayaan Betawi, kuliner dan lainnya yang ada.

Menurut Marullah, di Jakarta Selatan banyak sekali yang bisa dieksplor. Maka dari itu sebagai Abnon perwakilan Jakarta Selatan, diharapkan para peserta bisa menyegarkan dan memopulerkan kembali terkait dengan Kebudayaan Betawi di Jakarta Selatan.

Abnon Jaksel 2020 Diminta Lebih Aktif Menggali Budaya Jakarta

"Ini juga terkait dengan Perda Provinsi DKI Jakarta Nomor 4/2015 tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi," sebut Marullah seperti yang dikutip dari selatan.jakarta.go.id (25/2/2020).

Marullah pun menerangkan, Jakarta Selatan memiliki 65 kelurahan, yang merupakan bagian dari 10 kecamatan yang dulunya merupakan sebuah kampung. Namun jika dilihat sekarang, semuanya sudah modern, termasuk Perkampungan Budaya Betawi.

[Baca Juga: Inilah Tahapan Penyeleksian yang Harus Dilalui Abnon Jakarta Pusat]

"Saya ingin menyodorkan kepada para peserta, agar bisa menggali lebih dalam mengenai Jakarta Selatan dan menjadi kebanggaan masing-masing di 65 kelurahan, misalnya seperti pakaian tradisional, kuliner Betawi, dan lainnya yang hanya ada di Jakarta Selatan, dan tidak ada di tempat lain,” sebut Marullah.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Selatan Puka Yanuar mengatakan, penyelenggaraan Abnon ini sudah berjalan selama 52 tahun sejak 1968. Dari tahun ke tahunnya, antusiasme anak muda semakin membaik, yang berarti banyak anak muda yang memiliki semangat untuk membangun Jakarta.

“Hingga siang ini, peserta Pemilihan Abnon Jaksel 2020 mencapai 260 peserta, yang terdiri dari 157 none, dan 103 abang," sebut Puka.

[Baca Juga: Abnon Jaktim Pentaskan Sendratari Pangeran Astawana di Condet]

Puka menjelaskan, seleksi Abnon berlangsung selama dua hari sejak 22 Februari lalu. Dari ratusan peserta, nantinya akan dipilih 15 pasang Abnon Jakarta Selatan 2020. Kemudian 15 pasang Abnon, akan diberikan pelatihan serta pembinaan hingga 8 April 2020 sebanyak delapan kali pertemuan. Tak hanya itu, ada pula kegiatan lain yang sifatnya kolabosi.

Peserta Abnon Jakarta Selatan Nadya menyebutkan, senang bisa mengikuti rangkaian acara pemilihan Abnon Jaksel 2020, dengan alasan ingin berkontribusi memopulerkan Budaya Betawi. Selama masa pemilihan pun, dirinya mengaku melakukan banyak persiapan seperti membaca buku panduan, menggali informasi tentang Kebudayaan Betawi, ciri khas Betawi dan lainnya


Read More

Artikel Lainnya

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

Kecantikan dan Fashion

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

17 August 2022, 09:57

Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint hadir untuk menambah pilihan bagi para perempuan yang ingin merasakan lip tint dengan formulasi low transfer dengan matte finish yang tahan lama.

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.


Comments


Please Login to leave a comment.