Abnon Jaktim Pentaskan Sendratari Pangeran Astawana di Condet

Berita Kawasan

Abnon Jaktim Pentaskan Sendratari Pangeran Astawana di Condet

Untuk mengenalkan budaya dan sejarah Betawi Condet sebagai warisan budaya, Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur Usmayadi membuka kegiatan Pementasan Sendratari Pangeran Astawana yang dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Kampung Gedong, Condet, Jakarta Timur pada 29 Juni 2019.

Selain untuk mengenalkan sejarah Betawi, kegiatan ini diselenggarakan untuk mengingatkan dan melestarikan kawasan Condet sebagai kawasan cagar budaya, ekowisata dan agrowisata. Kemudian, sebagai salah satu kampung Betawi yang memiliki pengaruh besar terhadap sejarah Jakarta tempo dulu. “Malam ini di lapangan Gedong, kita menyajikan kegiatan yang sungguh spektakuler, dalam rangka hari ulang tahun DKI Jakarta ke-492,” kata Usmayadi.

[Baca Juga: Melestarikan Budaya Betawi Lewat Festival Condet]

Pementasan Sendratari Pangeran Astawana melibatkan 60 orang pemain yang terdiri dari Abang dan None Jakarta Timur, serta beberapa organisasi seperti Lembaga Musyawarah Kelurahan dan Karang Taruna. Di pementasan ini, seni musik budaya khas Betawi dimainkan untuk mengiringi para pemain Sendra Tari Pangeran Astawana. Alat musik yang dimainkan adalah terompet, trombon, saxophone, flute, biola, cello, drum, gitar, bass, keybord, accordion, perkusi, gambang kromong, gendang, tehyan dan kecrek.

Melansir dari timur.jakarta.go.id (1/7/2019) di area Pementasan Sendratari Astawana ada 20 stan tenda makanan, minuman, dan beberapa kerajinan tangan khas Betawi. Usmayadi bersyukur, pemuda di Kelurahan Gedong menggunakan kreativitasnya untuk menggali potensi sejarah Betawi.

[Baca Juga: Pemkot Jakpus Ajak Warganya Wisata ke Museum dan Setu Babakan]

Pemenrasan Sendratari Pangeran Astawana ini diangkat dari kisah tokoh Condet yang disegani karena memiliki karisma yang tinggi ketika memimpin masyarakat untuk menjaga wilayah Jakarta Timur. “Saya berharap ke depannya kegiatan serupa ini, dikemas lebih menarik dan dijadikan agenda rutin tahunan agar warga DKI Jakarta, khususnya Jakarta Timur, bisa mengenal siapa itu Pangeran Astawana," ujar Usmayadi.

Sementara itu Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayan Jakarta Timur Iwan Hendry Wardhana mengatakan, Pentas Seni Sendratari Pangeran Astawana diinisiasikan langsung oleh para warga Balekambang, Condet, Pasar Rebo. Sebab, di sana terdapat banyak sanggar dan seniman teatrikal. Iwan berharap, masyarkat tahu tentang Pangeran Astawana sebagai salah satu sejarah budaya Betawi.

[Baca Juga: Kreasi Stadion BMW Juarai Parade Kendaraan Hias Jakarnaval 2019]

“Kalau Bali ada Tari Kecaknya, Jakarta Timur mempunyai Pangeran Astawana dengan seni panggung teatrikalnya, Dengan kegiatan ini, semua warga orang yang bukan hanya masyarakat Jakarta, bisa mengenal Pangeran Astawana lebih jauh,” jelas Iwan.

Ketua Penyelenggara Pentas Seni Sendra Tari Pangeran Astawana Wiwid Kartika Widiawati mengatakan harapannya, agar bisa melaksanakan pementasan serupa secara rutin dengan dukungan yang diberikan oleh Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasiona l.jpg

Kecantikan dan Fashion

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasional

07 October 2022, 14:07

Setidaknya ada delapan desainer yang rencananya hadir di JFW 2023 dengan karya yang sudah digunakan para selebriti internasional.

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 2 0.jpg

Bisnis

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 20

07 October 2022, 10:03

Pekan ini secara resmi Infinix Indonesia memboyong produk flagship-nya ke Indonesia dengan harga mulai dari Rp3 jutaan.

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya

07 October 2022, 07:35

Pihak promotor akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi bahwa konser Justin Bieber pada tahun ini akan diundur sampai tahun 2023 dengan penonton diperbolehkan untuk mengajukan refund.

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.jpg

Pendidikan

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

06 October 2022, 18:54

Dari mulai pelajar SMP hingga dalang cilik, generasi muda Jogja terlihat turun ke jalan untuk merayakan HUT ke-266 Kota Yogyakarta pada pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.