Ada 25 RW di Kota Depok yang Terapkan Pembatasan Sosial Kampung Siaga.jpg

Berita Kawasan

Ada 25 RW di Kota Depok yang Terapkan Pembatasan Sosial Kampung Siaga

Walau kebijakan Pembatasan Sosial berskala Besar (PSBB) di Kota Depok telah memasuki tahap transisi dalam rangka menyambut new normal, tapi ini tak berarti peraturannya melonggar. Hal ini terlihat dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang baru-baru ini menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Kampung Siaga atau PSKS COVID-19 di 25 Rukun Warga (RW). Hal ini dalam rangka untuk berusaha terus memastikan pemutusan mata rantai penyebaran COVID-19 di puluhan RW tersebut.

Kebijakan PSKS ini disebut berdasarkan Keputusan Wali Kota Depok Nomor 443/325/Kpts.Dinkes/Huk/2020. Di mana RW yang diterapkan PSKS merupakan area yang memang diketahui ada kasus positif penyebaran COVID-19 dan lokasinya ada di sekitar 16 kelurahan di Kota Depok.

“Adapun hasil evaluasi kasus konfirmasi positif di setiap RW pada kelurahan dengan jumlah kasus sama dengan atau lebih dari enam di Kota Depok, terdapat 25 RW yang diterapkan PSKS dengan protokol yang diatur secara khusus,” ujar Wali Kota Depok Mohammad Idris, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (4/6/2020).

Puluhan RW yang masuk ke dalam penerapan kebijakan PSKS Depok itu kebanyakan berada di Kecamatan Pancoran Mas. Di mana di kecamatan itu, terhitung ada sembilan RW. Dengan pembagiannya adalah dua RW di Kelurahan Depok, tiga RW di Kelurahan Depok Jaya, dua RW di Kelurahan Pancoran Mas, satu RW di Kelurahan Mampang, dan satu RW di Kelurahan Rangkapan Jaya Baru.

Kemudian untuk kecamatan Cimanggis, Sukmajaya, serta Tapos, masing-masing wilayah ini terdapat empat RW yang menerapkan PSKS. Lalu ada juga dua RW di Kecamatan Cilodong dan Kecamatan Cipayung. Selanjutnya ada satu RW di Kecamatan Beji, tepatnya di Kelurahan Tanah Baru.

Dengan diterapkannya PSKS maka 25 RW tersebut akan diberikan protokol kesehatan khusus seperti, sterilisasi ruang, rumah, fasilitas sosial, dan fasilitas umum. Kemudian di wilayah ini juga akan dilakukan rapid dan swab test, pemeriksaan kesehatan rutin, dan bila ada yang terindikasi COVID-19 maka akan langsung dilakukan isolasi, baik itu mandiri atau dibawa ke rumah sakit rujukan.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.