Ada 5 Jalur Seleksi Masuk Politeknik Negeri pada 2021

Pendidikan

Ada 5 Jalur Seleksi Masuk Politeknik Negeri pada 2021

Seleksi masuk politeknik negeri pada tahun 2021 dibuka lima jalur. Mekanisme pelaksanaan pendaftaran akan berlangsung secara daring. Jalur pertama yaitu seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), kemudian jalur kedua seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN). Kedua jalur ini dikelola oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT. Total ada 39 politeknik negeri yang bergabung dengan LTMPT sehingga buka SNMPTN dan SBMPTN.

Selanjutnya, jalur ketiga adalah seleksi nasional masuk politeknik negeri (SNMPN) yang tahun 2021 ini diikuti 44 politeknik negeri, lalu jalur keempat yaitu seleksi bersama masuk politeknik negeri (SBMPN), dan terakhir jalur kelima adalah seleksi mandiri.

Ada 5 Jalur Seleksi Masuk Politeknik Negeri pada 2021

Ketua Forum Direktur Politeknik Negeri Se-Indonesia (FDPNI) Zainal Arief mengatakan, kelima jalur itu mesti dipahami sebagai upaya politeknik negeri untuk membuka kesempatan seluas-luasnya akses warga melanjutkan ke pendidikan tinggi vokasi.

Calon peserta seleksi di lima jalur itu harus memperhatikan persyaratan, kelengkapan, dan jadwal di laman LTMPT atau pun pusat informasi politeknik negeri se-Indonesia melalui politeknik.or.id. Jika tidak cermat, peserta bisa salah mendaftar, tak sesuai keinginan, dan dapat berdampak fatal di kemudian hari.

[Baca Juga: Astra Bangun Kampus Politeknik Berbasis Industri di Bekasi]

Sebagai contoh, SNMPTN 2021 dibuka bagi lulusan yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan sarjana terapan (diploma IV). SNMPN 2021 dibuka bagi lulusan yang ingin lanjut studi pendidikan diploma III. "Jika salah mendaftar, akibatnya fatal karena beda jenjang. Maka, telitilah sebelum mendaftar,” ujar Zainal seperti diberitakan kompas.id (12/1/2021).

Dengan bergabungnya politeknik ke sistem pendaftaran dan seleksi di bawah LTMPT, ini secara tidak langsung akan mendorong terbentuknya karakter bersaing lulusan SMA, SMK, dan Madrasah Aliyah sederajat. Lulusan pun didorong secara awal mempersiapkan strategi melanjutkan ke pendidikan tinggi akademik atau vokasi "Untuk tahun 2021, baik pendidikan tinggi akademik maupun vokasi dapat dipilih secara langsung saat mendaftar," tambahnya .

Ada 5 Jalur Seleksi Masuk Politeknik Negeri pada 2021

Bagi lulusan yang mau mengikuti SNMPTN dan SBMPTN 2021, Zainal mengingatkan agar satuan pendidikan tempat asal peserta melakukan cek status pendataan di sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbud. Jika ingin ikut seleksi dari LTMPT, maka data tersebut yang dipakai untuk menentukan kuota sekolah.

Jalur SNMPN 2021

Terkait SNMPN 2021, Zainal menjelaskan bahwa jalur itu merupakan seleksi yang bersifat undangan dan diperuntukkan bagi calon peserta yang akan melanjutkan ke politeknik. Pola seleksinya tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Selain itu, prestasi lainnya non-akademik juga turut menjadi bahan pertimbangan lolos tidaknya peserta.

Pendaftaran calon peserta jalur SNMPN 2021 tidak dikenakan biaya karena ditanggung anggaran pemerintah. Jalur SNMPN juga mengakomodir calon peserta berasal dari keluarga ekonomi lemah yang mempunyai prestasi akademik tinggi, yakni melalui kepesertaan mereka sebagai pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Pelaku Industri Diharapkan Terlibat Aktif Dalam Pendidikan Vokasi

Satuan pendidikan cukup mendaftarkan ke laman snmpn.politeknik.or.id menggunakan username dan password yang diberikan panitia ke masing - masing. Lalu, satuan pendidikan mendaftarkan siswa yang dinilai terbaik. Siswa bersangkutan akan diberikan username dan password untuk dipakai memasukkan data secara daring.

Pendaftaran SNMPN 2021 dibuka 11 Januari-19 Maret 2021 dan hanya diperuntukkan bagi siswa yang lulus tahun ini. Pengumuman SNMPN 2021 disampaikan pada tanggal 6 April 2021.

[Baca Juga: Imbas Pandemi Covid-19, Pelaksanaan Ujian Masuk PTN UNS Diundur]

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto, dalam siaran pers, menyampaikan agar peserta tetap optimis dari mana pun asal sekolahnya. Saat ini adalah era bagi pendidikan vokasi untuk maju dan berkembang seiring dengan kebutuhan sumber daya manusia.

"Saat ini, sesuai dan selaras (link and match) dengan kebutuhan industri telah menjadi sebuah keharusan. Untuk pendidikan vokasi, kami harap kekuatan praktik perlu dioptimalkan, disamping pembelajaran karakter dan kemampuan analisis," ujar dia.

Read More

Artikel Lainnya

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

Kesehatan

Bupati Malang Instruksikan Swab Massal untuk ASN

22 January 2021, 18:09

Usai menjalani penetapan Bupati dan Wakil Bupati Malang terpilih, Sanusi menuturkan jika kebijakan swab massal ASN semata-mata untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.

Wow! Mahasiswi UI Ini Selesaikan Program Doktor 2,5 Tahun.jpg

Pendidikan

Wow! Mahasiswi UI Ini Selesaikan Program Doktor 2,5 Tahun

22 January 2021, 17:12

Seorang mahasiswi UI berhasil meraih gelar doktornya hanya dalam kurun waktu 2,5 tahun saja dan disinyalir menjadi doktor termuda serta tercepat di universitas tersebut.

Korban Banjir Bisa Mengungsi di Kantor Kecamatan Kabupaten Bekasi

Berita Kawasan

Korban Banjir Bisa Mengungsi di Kantor Kecamatan Kabupaten Bekasi

22 January 2021, 17:09

Berbagai kantor kecamatan di daerah rawan banjir di Kabupaten Bekasi akan disiapkan jadi lokasi pengungsian warga korban banjir.

Pemkot Surabaya Tambah Fasilitas Kesehatan untuk Vaksinasi COVID-19.jpg

Kesehatan

Pemkot Surabaya Tambah Fasilitas Kesehatan untuk Vaksinasi COVID-19

22 January 2021, 14:04

Demi mempercepat proses vaksinasi COVID-19 di wilayahnya, Pemkot Surabaya menambah fasilitas kesehatan yang melayani penyuntikan vaksin Sinovac.


Comments


Please Login to leave a comment.