Ada Banyak Cara untuk Melancarkan Bahasa Inggris

Pendidikan

Ada Banyak Cara untuk Melancarkan Bahasa Inggris

Bahasa Inggris menjadi bahasa paling banyak digunakan di dunia. Saat ini Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang dipelajari hampir di seluruh institusi pendidikan di dunia, termasuk Indonesia. Penggunaan bahasa Inggris tentunya sering kita jumpai di kehidupan sehari-sehari.

Oleh karena itu, Anda perlu mendalami bahasa Inggris sejak dini. Namun, pernahkah Anda merasa tidak lancar berbahasa Inggris meskipun sudah belajar bertahun-tahun? Lalu bagiamana, sih, supaya fasih berbahasa Inggris? Berikut beberapa tips-tips praktis untuk melancarkan Bahasa Inggris Anda seperti dirangkum dari rilis Ruangguru (23/1/2021).

Ada Banyak Cara untuk Melancarkan Bahasa Inggris

1) Belajar dari Film

Siapa yang suka nonton film? Nah, saat menonton coba, Anda ubah teks subtitle-nya. Jika menonton film Indonesia, coba Anda ubah teks subtitle bahasa Inggris. Sebaliknya, jika nonton film barat, Anda bisa ubah teks subtitle ke dalam bahasa Indonesia. Fungsinya untuk apa, sih? Saat menonton film, Anda bisa sambil mendengarkan dan membaca teks subtitle.

Penggabungan dua keterampilan tersebut dapat membantu mendukung Anda menerjemahkan kata per kata. Anda juga bisa mendengarkan podcast dalam bahasa Inggris. Hal ini membantu Anda terbiasa mendengarkan kosa kata dalam bahasa Inggris.

[Baca Juga: Ruangguru Luncurkan Kelas Online Bahasa Inggris Berkurikulum Internasional]

2) Dengarkan Lagu Berbahasa Inggris

Siapa yang suka mendengarkan lagu? Di zaman teknologi yang sudah maju ini, Anda bisa mendengarkan lagu kapan pun dan di mana pun hanya lewat aplikasi musik. Anda bisa mendengarkan sambil mencari lirik lagu di browser kamu. Sambil mendengarkan, Anda pahami liriknya. Hal ini membantu Anda untuk memperkaya kosa kata.

Ada Banyak Cara untuk Melancarkan Bahasa Inggris

3) Gunakan Hobi Sebagai Sarana Berbincang-bincang

Anda bisa gunakan hobi untuk berinteraksi dengan orang-orang yang pandai berbahasa Inggris. Jika Anda senang bermain games, seperti Among Us atau Fortunite, bergabunglah dengan forum yang berisi sekumpulan orang-orang luar negeri yang menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, Anda bisa coba mulai berbicara menggunakan bahasa Inggris dengan keluarga atau teman-teman dekat. Meskipun belum fasih, tapi Anda tidak perlu khawatir. Semakin sering kamu berlatih, maka perlahan Anda akan mulai terbiasa dan lancar berbicara menggunakan bahasa Inggris.

4) Gunakan ponselmu

Rata-rata orang menghabiskan banyak waktu dengan ponsel atau perangkat elektronik lain. Cobalah untuk mengubah pengaturan bahasa ponsel atau perangkat elektronik AndAA ke dalam bahasa Inggris sehingga pemberitahuan yang muncul akan diterima dalam bahasa Inggris.

Hal yang sama berlaku juga untuk browser dan sosial media Anda. Jika menggunakan Google Chrome, Anda bisa tambahkan bahasa Inggris sebagai penerjemah. Dengan begitu, jika tidak bisa memahami halaman yang dicari menggunakan bahasa Inggris, Anda bisa menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia.

[Baca Juga: FIB UI Salurkan Buku Ajar Bahasa Inggris di Kampung Papanggo]

5) Latihan di Depan Cermin

Siapa yang sering tidak percaya diri ketika berbicara dalam bahasa Inggris? Pasti Anda sering gugup dan grogi kalau berbicara dalam bahasa Inggris. Nah, solusinya adalah Anda harus rajin berlatih di depan cermin. Meskipun masih terbata-bata, jangan takut! Semakin berlatih, maka kemampuan berbicara Anda akan semakin lancar dan tidak lagi grogi ketika harus berbicara dalam bahasa Inggris.

Ada Banyak Cara untuk Melancarkan Bahasa Inggris

6) Carilah Teman Berbicara

Selain melatih diri di depan cermin, Anda bisa melatih kemampuan berbicara dengan teman yang memiliki level yang sama atau bahkan lebih tinggi. Anda bisa mulai dengan perkenalan, lalu ajukanlah pertanyaan atau anda bisa menjawab pertanyaan yang diajukan.

Mulailah dengan sesuatu yang sederhana, jangan berharap untuk melakukan percakapan penuh di awal, lakukan semua perlahan. Anda juga bisa berbicara dengan orang atau kerabat yang tidak paham bahasa Inggris. Anda akan memiliki pengalaman berbicara tapi tidak ada tekanan ketika Anda melakukan kesalahan dalam berbicara.

[Baca Juga: Melatih Kemampuan Bahasa Inggris Buah Hati di Bintaro]

Nah, itu dia jurus jitu yang bisa Anda praktikan sendiri. Jangan lupa untuk selalu banyak membaca dan mendengarkan dalam bahasa Inggris. Jika membutuhkan bantuan yang profesional bisa mengikuti kursus bahasa Inggris yang banyak tersedia. Pilih yang bisa dilakukan secara daring agar lebih aman selama pandemi.

Read More

Artikel Lainnya

Sewa Tempat Gratis, MRT Jakarta Bantu UMKM Naik Kelas

Bisnis

Sewa Tempat Gratis, MRT Jakarta Bantu UMKM Naik Kelas

27 February 2021, 14:02

Tidak sekadar menyediakan tempat bagi pelaku UMKM, pihaknya juga menyediakan rangkaian program inkubasi mulai dari aspek pembinaan dan pemberdayaan.

PPKM Mikro Tunjukkan Hasil Positif, DIY Tingkatkan Ketahanan Warga

Berita Kawasan

PPKM Mikro Tunjukkan Hasil Positif, DIY Tingkatkan Ketahanan Warga

27 February 2021, 10:01

PPKM Mikro yang menekankan pada pembatasan di tingkat desa/kelurahan utamanya memanfaatkan posko di desa-desa untuk membantu mengurangi penyebaran COVID-19.

Wali Kota Bekasi Terima Penghargaan 10 Kota Toleransi 2020 dari Setara Institute

Berita Kawasan

Wali Kota Bekasi Terima Penghargaan 10 Kota Toleransi 2020 dari Setara Institute

26 February 2021, 18:08

Dalam penilaiannya, Kota Bekasimendapat skor tertinggi ke. 5.530 di peringkat 10 dalam penghargaan Indeks Kota Toleran 2020 dari penilaian 94 Kota/Kabupaten yang di riset.

Lansia Jadi Sasaran Utama Vaksinasi Tahap Dua di Kota Bandung

Kesehatan

Lansia Jadi Sasaran Utama Vaksinasi Tahap Dua di Kota Bandung

26 February 2021, 17:02

Dari 130.000-an orang sasaran vaksinasi COVID-19 tahap dua di Kota Bandung, 92 persen merupakan warga lansia. Mereka diprioritaskan karena tingkat fatalitas kasus tertinggi.


Comments


Please Login to leave a comment.