Ada Budidaya Ikan Nila di RPTRA Amanah Jakarta Utara

Berita Kawasan

Ada Budidaya Ikan Nila di RPTRA Amanah Jakarta Utara

Kompleks Jakarta Islamic Centre yang berada di Kecamatan Koja, Jakarta Utara (Jakut) juga memiliki Ruang Publik Terpadu Ramah Anak atau RPTRA bernama Amnah yang kerap dikunjungi warga dari berbagai wilayah di utara Ibu Kota setiap harinya. Menariknya di RPTRA Amanah terdapat tempat budidaya ikan nila dan pengunjung yang membawa anak bisa melihat proses pengembangbiakannya di sana. Selain itu, pengelola RPTRA Amanah juga mendapatkan penghasilan dari budidaya tersebut.

Ikan yang terdiri dari nila merah dan hitam itu dikembangbiakkan di kolam gizi RPTRA Amanah. Pengunjung yang biasanya terdiri dari orangtua dan buah hatinya bisa langsung melihat ratusan ikan-ikan tersebut di kolam yang berukuran 3x3 meter. Pengelola juga mengizinkan pengunjung untuk membawa pulang ikan nila yang ada di kolam gizi tersebut atau ikut memberikan mereka makan.

Ada Budidaya Ikan Nila di RPTRA Amanah Jakarta Utara

“Jika ada yang minat bisa langsung datang dan membeli ikan nila yang dibudidayakan di kolam gizi. Kita juga menjual pakan pelet ikan per bungkus hanya Rp3.000. Hasil penjualannya kita putar lagi untuk membeli pakan ikan dan sebagainya,” jelas pengelola RPTRA Amanah Mufti Ali, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (4/7/2019).

Budidaya yang dilakukan pihak pengelola itu pun diklaim berhasil bila dilihat dari segi bisnisnya. Pasalnya, ikan-ikan nila yang dihasilkan di sini juga dipasok untuk restoran di salah satu hotel Ibu Kota. Hal ini disinyalir dipicu oleh kualitas dari daging nila yang istimewa.

[Baca Juga: Sisca Soewitomo Beri Pelatihan Usaha Kuliner di RPTRA Dewi Shinta]

Alhamdulillah, ikan nila yang kita kembangkan diminati oleh chef hotel dan digunakan sebagai bahan menu masyarakat terbaru. Katanya daging dari ikan nila hitam ini rasanya manis beda sama yang lain,” ujar Mufti.

Biasanya, pihak RPTRA Amanah mengirimkan ikan nila hitam untuk hotel setiap dua bulan sekali. Tidak kira-kira, jumlah yang dipasoknya pun tak sedikit, yakni sekitar 150 ekor. “Satu ekor nila hitam kita hargai Rp5.000 dan nila merah mulai dari Rp7.000 sampai Rp8.000 tergantung kisaran besarnya. Sedangkan yang banyak peminatnya adalah nila hitam,” tutur Mufti.

[Baca Juga: KPKP Jakarta Pusat Kampanyekan Gemar Makan Buah]

Selain kolam gizi, RPTRA yang diresmikan pada Februari 2017 ini juga dilengkapi berbagai fasilitas lainnya. Dari mulai sarana bermain untuk anak, sarana olahraga, hingga perpustakaan tersedia di sini. Oleh karena itu tak heran, banyak orangtua yang kerap mengajak anaknya ke RPTRA Amanah.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.