Klaster COVID-19 Kembali Terjadi di Kota  Bogor, 65 Orang Positif di Pesantren Bina Marga.jpg

Kesehatan

Ada Lagi Klaster Baru di Kota Bogor, 65 Orang Positif di Pesantren Bina Marga

Beberapa pekan terakhir, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor terus berupaya menangani kasus klaster Perumahan Griya Melati yang tercatat 96 warganya positif terinfeksi COVID-19. Berdasarkan kabar terbaru, tercatat sudah ada 90 warganya yang sudah kembali pulang dengan enam lagi masih menjalani perawatan yang rencananya jika kondisinya pulih maka akan diperbolehkan pulang pada pekan ini. Namun Pemkot Bogor belum bisa bernapas lega, karena baru-baru ini muncul klaster baru yang terjadi di Pesantren Bina Marga dengan setidaknya tercatat ada 65 orang yang positif COVID-19.

Penemuan klaster COVID-19 ini mulai diketahui pada pekan kemarin dengan Wali Kota Bogor Bima Arya yang langsung mengunjungi pondok pesantren yang berada di Kelurahan Harjasari. Pada peninjauan yang digelar 5 Juni 2021 itu disebut menindaklanjuti laporan dari Dinas Kesehatan Kota Bogor yang menemukan fakta ada 32 santri di Pesantren Bina Marga yang positif usah menjalani antigen dalam rangka persiapan Pembelajaran Tatap Muka. Diketahui mereka yang positif merupakan santri yang baru kembali dari kampung halaman masing-masing.

Klaster COVID-19 Kembali Terjadi di Kota Bogor, 65 Orang Positif di Pesantren Bina Marga.jpg

Setelah mendapatkan kabar tersebut, orang nomor satu di Kota Hujan itu pun langsung datang bersama elemen TNI/Polri setempat, dinas-dinas terkait, dan mendirikan posko tidak jauh dari pondok pesantren tersebut. Mereka pun langsung membahas langkah penanggulangan klaster Pesantren Bina Marga. Di mana terdapat tiga poin yang Bima Arya tegaskan, pertama adalah mengisolasi sepenuhnya pesantren, kedua memastikan semua santri serta pengurusnya menjalani swab PCR, dan memastikan pihak pengurus pesantren serta Satgas COVID-19 Kota Bogor berkoordinasi untuk menegakkan protokol kesehatan di sana.

Kemudian pada 6 Juni 2021, tim tracing dikerahkan ke Pondok Pesantren Bina Marga untuk melakukan tes swab PCR massal terhadap 428 penghuni pesantren. Sedangkan 32 santri yang sebelumnya diketahui positif telah dibawa ke BKP Ciawi dengan sisanya dibawa orangtua masing-masing untuk menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

[Baca Juga: Khawatir Ada Strain Baru di Griya Melati, Bima Arya Hubungi Menkes]

Berdasarkan kabar terbaru pada 7 Juni 2021 diketahui pada klaster Pesantren Bina Marga terdeteksi 65 kasus aktif COVID-19. “Hari ini kita mendapatkan update dari 454 orang yang sudah kita lakukan swab test PCR, ada 33 santri yang terkonfimasi positif. Jadi menambah dari yang sebelumnya ada 32 santri. Di mana di antaranya sudah kita pindahkan ke pusat isolasi di BKP Ciawi,” ujar Wakil Wali Kota Bogor Dedi A. Rachim, sebagaimana dikutip dari kotabogor.go.id (7/6/2021).

Dengan dua klaster yang membayangi Kota Bogor ini, membuat Bima Arya memutuskan untuk sangat berhati-hati dalam memutuskan Pembelajaran Tatap Muka, khususnya di lingkungan pesantren. Oleh karena itulah, dirinya sudah memberikan instruksi untuk semua camat serta lurah sekaligus menggandeng Kementerian Agama dalam pendataan pesantren mana saja yang menggelar PTM dan memastikan semua penghuni pesantrennya untuk menjalani tes PCR.


Read More

Artikel Lainnya

Picu Tsunami COVID-19 Akibat Varian Virus Baru Corona B1617

Kesehatan

COVID-19 Varian Delta Sudah Masuk, Pemda Belum Bisa Bedakan Antar Varian Baru

17 June 2021, 21:09

Salah satu varian Delta yang memberi andil besar terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Kudus Jawa Tengah.

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung 4.jpg

Kuliner

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung

17 June 2021, 19:07

Restoran steak di Bandung tersebar di mana-mana, mulai dari yang harganya terjangkau hingga tempat yang unik.

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok .jpg

Berita Kawasan

Kasus COVID-19 di Depok Mengalami lonjakan, Wisma Makara UI Penuh

17 June 2021, 18:30

Kasus COVID-19 mengalami peningkatan signifikan yang terjadi selama kurang lebih tiga pekan terakhir.

D'Lumpang

Kuliner

Menikmati Suasana Asri dan Hawa Dingin Kota Batu di Café D’Lumpang

17 June 2021, 18:06

Berlokasi di Jalan Anjasmoro, Bumiaji, Kota Batu, Café D’Lumpang menjadi salah satu pilihan café di Kota Batu yang menawarkan pemandangan yang indah.


Comments


Please Login to leave a comment.