Ada Pameran Batik Khas Depok di Mall Cibubur Junction.jpg

Kecantikan dan Fashion

Ada Pameran Batik Khas Depok di Mall Cibubur Junction

Batik merupakan salah satu fashion item yang tidak bisa dilepaskan dengan budaya di Indonesia sehingga tak heran bila ada Hari Batik Nasional yang diperingati setiap 2 Oktober. Di mana ini menjadi pengingat bahwa batik masuk sebagai Warisan Budaya Tak Benda UNESCO sejak 2 Oktober 2009. Setiap wilayah di Indonesia memiliki batiknya masing-masing dengan kekhasannya yang membuatnya berbeda antara satu dengan lainnya. Mungkin banyak yang tidak tahu tapi salah satu wilayah yang memiliki batik khas adalah Kota Depok dan bila Anda penasaran dengan rupa serta coraknya maka Anda bisa langsung datang ke Mall Cibubur Junction.

Pameran batik khas Depok saat ini tengah digelar Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Belimbing di Atrium Café Lobby Utama Mall Cibubur Junction. Pameran yang digelar selama dua hari ini (30-31 Maret 2022) menghadirkan beragam karya buatan belasan pengrajin serta desainer batik yang ada di Kota Depok. Dari mulai kain batik sampai beragam produk kerajinan yang menggunakan bahan batik dipamerkan di sini dalam rangka memperkenalkan batik khas Kota Belimbing.

Ada Pameran Batik Khas Depok di Mall Cibubur Ju nction.jpg

“Menjadi tupoksi kami untuk terus mengenalkan produk hasil kebudayaan yang ada di Kota Depok. Misalnya batik khas Depok dengan corak ikonik sejarah Depok Gong Sibolong, Motif Tugu Batu Sawangan, Motif Tari Topeng Cisalak Depok, Motif Belimbing Dewa, Motif Ikan Manfish, Motif Kotaku Depok, dan Motif Batik Khas Depok lainnya. Semua punya histori tersendiri,” ungkap Kepala Disporyata Kota Depok Dadan Rustandi, sebagaimana dikutip dari Berita.Depok.go.id (30/3/2022).

Seperti yang dijelaskan Dadan, Kota Depok memang memiliki motif batik yang memiliki kekhasan tersendiri dan menyimpan makna serta filosofi khusus. Contoh motif yang dimaksud adalah Gong Sibolong yang disebut menjadi representasi melalui batik ini, masyarakat Kota Depok tak melupakan sejarah serta budaya khasnya. Tak hanya motif, warna dari fashion item kota Depok ini juga biasanya didominasi oleh warna kuning keemasan, merah maroon, jingga, biru, biru tua, hingga krem yang disebut menunjukkan sisi kewibawaan, ketenangan, hingga keberanian.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Timur Siap Pecahkan Rekor Membatik Virtual]

“Tujuan untuk memperkenalkan, promosi agar makin eksis batik Depok ini. Lebih bagus lagi kalau banyak yang membeli tentu ini baik sekali bagi para pelaku ekonomi kreatif atau ekraf. Kebetulan juga mendekati momen Ramadan 2022,” tambah Kepala Bidang Kebudayaan dan Pengembangan Kepariwisataan Disporyata Kota Depok Tatik Wijayati.


Read More

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.