Ada Ratusan Perusahaan Startup, Malang Dilirik Jadi Silicon Valley Versi Indonesia.jpg

Bisnis

Ada Ratusan Startup, Malang Dilirik Jadi Silicon Valley Versi Indonesia

Nama wilayah Silicon Valley di California Amerika Serikat di dunia bisnis internasional sudah tidak asing lagi, Mengingat kawasan ini dikenal sebagai pusat inovasi dan teknologi global dengan mayoritas perusahaan teknologi ternama memiliki kantor pusat di sini, seperti Tesla, Intel, Netflix, hingga perusahaan video games Electronic Arts. Konsep pusat inovasi dan teknologi mendunia inilah yang diinginkan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang bisa diterapkan di wilayahnya dalam rangka penguatan ekonomi daerah.

Kabar mengenai rencana menjadikan Kota Malang sebagai Silicon Valley versi Indonesia ini disampaikan langsung oleh Wali Kota Malang Sutiaji ketika dirinya menghadiri acara Techbition pada 22 Januari 2022. Di mana acara ini digelar oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang dalam rangka menggeliatkan industri game dan startup di kota ini. Melihat di kotanya sudah hadir ratusan perusahaan startup teknologi, Sutiaji memandang ini merupakan waktu yang tepat untuk mendorong wilayahnya jadi serupa dengan Silicon Valley.

Ada Ratusan Perusahaan Startup, Malang Dilirik Jadi Silico n Valley Versi Indonesia.jpg

“Malang akan menjadi Silicon Valley-nya Indonesia. Dalam sebuah kesempatan rapat resmi dengan gubernur serta kepala daerah Provinsi Jawa Timur, Presiden pernah menyampaikan bahwa Malang akan menjadi barometer aplikasi dan gim Indonesia,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari malangkota.go.id (22/1/2022).

Sutiaji melanjutkan dari perkembangan industri teknologi dari perusahaan startup di Kota Malang sendiri, terhitung ada 128 perusahaan yang berdiri di wilayahnya dari sektor apps dan game. Merealisasikan konsep Silicon Valley ini disebut masuk ke dalam roadmap Kota Malang untuk ekonomi kreatif tahun 2022-2023 dengan tema Malang Mendunia.

[Baca Juga: Pemkot Surabaya Fasilitasi Startup dan Bangun Ekosistem Produk Kreatif]

“Bukti dari komitmen kami, ke depan punya garapan yang luar biasa. Kami membangun Malang Creative Center (MCC) yang ke depan milik Anda semua. Karena desain gedung bahkan detail egineering design (DED) semua dari teman-teman komunitas. Insha Allah tahun ini selesai, sehingga 2023 bisa dipakai sepenuhnya oleh teman-teman komunitas khususnya sektor aplikasi dan gim,” sambungnya.

Salah satu perusahaan startup lokal di Kota Malang yang hadir di Techbition adalah Bangbeli buatan PT Doa Anak Digital yang didirkan Decky Ilham Syahputra, Robbi Tri, dan Ahmad Gika. Inovasi dari BangBeli adalah menghadirkan dompet digital untuk para pelaku usaha UMKM yang di mana bukan hanya sebagai pembayaran digital semata tapi penggunanya juga mendapatkan penghasilan dengan menggunakan apps ini.


Read More

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.