Ada Tempat untuk IKM dan UKM di Cityplaza Jatinegara

Bisnis

Ada Tempat untuk IKM dan UKM di Cityplaza Jatinegara

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menempatkan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), Industri Kecil Menengah (IKM) dan pengrajin binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jakarta Timur di sejumlah pusat perbelanjaan atau mal.

Hal itu dilakukan dalam menindaklanjuti Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2018 yang berisi tentang pengelola pusat perbelanjaan memiliki tanggung jawab untuk turut menyediakan 20 persen tempat untuk pemberdayaan pelaku usaha UKM, IKM dan pengrajin.

[Baca Juga: Program PKT Meningkatkan Pendapatan UKM Saat Bazar]

Berdasarkan hal tersebut, Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar menugaskan jajarannya dalam meninjau sejumlah pusat perbelanjaan atau mal yang menyediakan tempat dagang. Salah satunya di Cityplaza Jatinegara Mall pada 2 April 2019 lalu.

Mereka yang bertugas meninjau adalah Kepala Bagian Perekonomian Pemkot Jakarta Timur Yeni Asnita dan Kepala Seksi Komunikasi Informasi Publik (KIP) dari Suku Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Sudis Kominfotik) Jakarta Timur Leonardo.

Hadir pula Kepala Satuan Pelaksana Suku Dinas Unit Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (Sudis UMKMP) Pemkot Jakarta Timur Flora dan juga disambut langsung oleh General Manager Cityplaza Jatinegara Mall Bambang.

[Baca Juga: Program Mekaar Naikkan Kelas Usaha Nasabah]

“Kedatangan kita sebenarnya untuk menanyakan kesepakatan antara pihak Cityplaza Jatinegara Mall dengan Pemkot Jakarta Timur yang akan menyediakan tempat bagi para pelaku UKM yang ada di wilayah Jakarta Timur untuk dapat menawarkan hasil produknya kepada para pengunjung mall,” ujar Kepala Bagian Perekonomian Jakarta Timur Yeni Asnita seperti dikutip dari timur.jakarta.go.id (4/4/2019).

Ada Tempat untuk IKM dan UKM di Cityplaza Jatinegara

Dukungan Pihak Mal

Menurutnya, pihak Cityplaza Jatinegara Mall sangat mendukung program Pemprov DKI Jakarta guna memajukan UKM dan IKM yang ada di wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur. “Kita sudah bicarakan dengan pihak mal terkait penyediaan tempat bagi UKM ini dan mereka sudah bersedia menyediakan tempat bagi para pelaku UKM Jakarta Timur," kata Yeni.

Sementara itu, General Manager Cityplaza Jatinegara Mall Bambang mengatakan, pertemuan ini bersama jajaran Pemkot untuk membahas kelanjutan atas kesepakatan antara Pemkot Jakarta Timur dengan pihak Cityplaza Jatinegara Mall yang akan menyediakan tempat bagi para pelaku UKM dan IKM yang ada di Jakarta Timur.

[Baca Juga: Harbolnas 2018, Momen Tingkatkan Penjualan Para Pengusaha UKM]

“Intinya kita dari pihak Cityplaza Jatinegara Mall sangat mendukung program pemerintah untuk memajukan UKM dan IKM Jakarta Timur,” ujar Bambang.

Bambang berharap, dengan adanya pusat kerajinan khas Jakarta, Cityplaza Jatinegara Mall bisa menjadi destinasi wisata belanja bagi para wisatawan dari luar daerah dengan harapan semakin banyak pengunjung yang datang ke Cityplaza Jatinegara Mall.

“Harapan kami tidak hanya wisatawan luar daerah saja yang datang, tapi wisatawan asing diharapkan bisa datang juga untuk melihat hasil kerajinan khas Jakarta di Citiplaza Jatinegara Mall ini nantinya,” tukas Bambang.

Selain di Cityplaza Jatinegara Mall, masih ada lima pusat perbelanjaan lain yang menyediakan tempat untuk para pengusaha dan pengrajin. Diantaranya berada di Aeon Mall, Arion Mall, Basura, Mall Cipinang Indah dan Tamini Square.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.