Ada Tempat untuk IKM dan UKM di Cityplaza Jatinegara

Bisnis

Ada Tempat untuk IKM dan UKM di Cityplaza Jatinegara

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menempatkan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM), Industri Kecil Menengah (IKM) dan pengrajin binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jakarta Timur di sejumlah pusat perbelanjaan atau mal.

Hal itu dilakukan dalam menindaklanjuti Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2018 yang berisi tentang pengelola pusat perbelanjaan memiliki tanggung jawab untuk turut menyediakan 20 persen tempat untuk pemberdayaan pelaku usaha UKM, IKM dan pengrajin.

[Baca Juga: Program PKT Meningkatkan Pendapatan UKM Saat Bazar]

Berdasarkan hal tersebut, Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar menugaskan jajarannya dalam meninjau sejumlah pusat perbelanjaan atau mal yang menyediakan tempat dagang. Salah satunya di Cityplaza Jatinegara Mall pada 2 April 2019 lalu.

Mereka yang bertugas meninjau adalah Kepala Bagian Perekonomian Pemkot Jakarta Timur Yeni Asnita dan Kepala Seksi Komunikasi Informasi Publik (KIP) dari Suku Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Sudis Kominfotik) Jakarta Timur Leonardo.

Hadir pula Kepala Satuan Pelaksana Suku Dinas Unit Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (Sudis UMKMP) Pemkot Jakarta Timur Flora dan juga disambut langsung oleh General Manager Cityplaza Jatinegara Mall Bambang.

[Baca Juga: Program Mekaar Naikkan Kelas Usaha Nasabah]

“Kedatangan kita sebenarnya untuk menanyakan kesepakatan antara pihak Cityplaza Jatinegara Mall dengan Pemkot Jakarta Timur yang akan menyediakan tempat bagi para pelaku UKM yang ada di wilayah Jakarta Timur untuk dapat menawarkan hasil produknya kepada para pengunjung mall,” ujar Kepala Bagian Perekonomian Jakarta Timur Yeni Asnita seperti dikutip dari timur.jakarta.go.id (4/4/2019).

Ada Tempat untuk IKM dan UKM di Cityplaza Jatinegara

Dukungan Pihak Mal

Menurutnya, pihak Cityplaza Jatinegara Mall sangat mendukung program Pemprov DKI Jakarta guna memajukan UKM dan IKM yang ada di wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur. “Kita sudah bicarakan dengan pihak mal terkait penyediaan tempat bagi UKM ini dan mereka sudah bersedia menyediakan tempat bagi para pelaku UKM Jakarta Timur," kata Yeni.

Sementara itu, General Manager Cityplaza Jatinegara Mall Bambang mengatakan, pertemuan ini bersama jajaran Pemkot untuk membahas kelanjutan atas kesepakatan antara Pemkot Jakarta Timur dengan pihak Cityplaza Jatinegara Mall yang akan menyediakan tempat bagi para pelaku UKM dan IKM yang ada di Jakarta Timur.

[Baca Juga: Harbolnas 2018, Momen Tingkatkan Penjualan Para Pengusaha UKM]

“Intinya kita dari pihak Cityplaza Jatinegara Mall sangat mendukung program pemerintah untuk memajukan UKM dan IKM Jakarta Timur,” ujar Bambang.

Bambang berharap, dengan adanya pusat kerajinan khas Jakarta, Cityplaza Jatinegara Mall bisa menjadi destinasi wisata belanja bagi para wisatawan dari luar daerah dengan harapan semakin banyak pengunjung yang datang ke Cityplaza Jatinegara Mall.

“Harapan kami tidak hanya wisatawan luar daerah saja yang datang, tapi wisatawan asing diharapkan bisa datang juga untuk melihat hasil kerajinan khas Jakarta di Citiplaza Jatinegara Mall ini nantinya,” tukas Bambang.

Selain di Cityplaza Jatinegara Mall, masih ada lima pusat perbelanjaan lain yang menyediakan tempat untuk para pengusaha dan pengrajin. Diantaranya berada di Aeon Mall, Arion Mall, Basura, Mall Cipinang Indah dan Tamini Square.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.