Adaptasi Saat Pandemi COVID-19, Kedai Sayur Hadirkan Layanan B2C

Bisnis

Adaptasi Saat Pandemi COVID-19, Kedai Sayur Hadirkan Layanan B2C

Tak bisa dipungkiri pandemi COVID-19 yang sudah selama beberapa bulan terakhir terus membayangi Tanah Air sangat berpengaruh terhadap bisnis-bisnis. Perusahaan yang bergerak dalam menggandeng petani serta mitra pedagang sayur, Kedai Sayur, pun melakukan adaptasi terhadap fokus bisnis di tengah keadaan pandemi COVID-19 seperti ini dengan konsep Business-to-Consumer atau B2C. Di mana perusahaan ini secara resmi meluncurkan layanan pesan antar bahan makanannya langsung ke tangan konsumen.

Pihak Kedai Sayur memandang adaptasi ini tidak terlepas terhadap kenaikan pesat dari permintaan masyarakat terhadap bahan makanan yang langsung diantar ke rumah mereka. Pasalnya, ini memang sejalan dengan kebijakan pemerintah yang meminta masyarakat agar #DiRumahAja dalam rangka menekan penyebaran virus Corona pemicu penyakit COVID-19.

[Baca Juga: Antisipasi COVID-19, Perlukan Sayur dan Buah Dicuci dengan Sabun?]

Kondisi pasar produk pangan di Indonesia sendiri juga memang berubah sejak awal Maret 2020 ketika merebaknya pandemi COVID-19 sehingga Kedai Sayur pun beradaptasi. Menurut CEO Kedai Sayur Adrian Hernanto, permintaan dari hotel, restoran, dan kafe merosot, sedangkan permintaan dari tukang sayur dan pelanggan rumah tangga meningkat secara signifikan.

“Sebelum COVID-19, kami sangat confident dengan penjualan B2B (Business-to-Businees) ke hotel, restoran, dan kafe. Growth-nya lebih dari 20 persen per bulan. Namun, semenjak bulan Maret, permintaan tersebut turun hampir 50 persen. Namun, berbarengan dengan hal tersebut, terjadi peningkatan yang cukup signifikan pada permintaan yang berasal dari tukang sayur dan juga pelanggan rumah tangga,” ujar Adrian, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (13/5/2020).

Adaptasi Saat Pandemi COVID-19, Kedai Sayur Hadirkan Layanan B2C

Kondisi ini juga ditambah dengan diterapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di sejumlah wilayah Indonesia. Hal ini berdampak terhadap terbatasnya operasional pasar induk serta lokal yang mengganggu pola distribusi produk pangan segar ke tangan konsumen. Kedai Sayur memandang kondisi ini mengganggu “medium” untuk menyalurkan produk hasil panennya.

[Baca Juga: Rekomendasi Toko Sayur Online Buat yang Suka Masak di Rumah]

Melihat kondisi-kondisi tersebut, Kedai Sayur pun memutuskan untuk meluncurkan konsep bisnis B2C-nya agar konsumen tetap mendapatkan bahan makanan segar saat #DiRumahAja. Metode ini diterapkan dengan konsumen yang bisa memesan sayur sampai lauk pauk dari apps Kedaisayur atau toko daring resminya di e-commerce Tokopedia serta Blibli.

Kedai Sayur juga tak melupakan petani dengan konsep bisnis B2C ini. Mereka membantu para petani dalam kondisi pandemi COVID-19 ini dengan mengadakan inisiatif membantu mendistribusikan hasil panen para petani ke pelanggan. Dengan menggandeng Kementerian Pertanian, para petani dapat memanfaatkan platform digital Kedai Sayur untuk langsung menjual hasil panen mereka ke tangan pelanggan. Selain itu, Kedai Sayur juga memberikan kesempatan kepada konsumennya untuk mengulurkan tangan ke orang-orang yang terdampak COVID-19 dengan program Paket Donasi.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.