MENTENG-PENDIDIKAN-AGAR ANAK SEMANGAT SEKOLAH TERAPKAN KEBIASAAN INI SELAMA LIBURAN-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

Pendidikan

Agar Anak Semangat Sekolah, Terapkan Ini Selama Liburan

Waktu liburan sekolah hampir tiba, sejenak rehat dari kepadatan jadwal di sekolah membuat si kecil sangat bersemangat menyambut hari libur Natal dan Tahun Baru. Namun saat liburan, tak jarang si kecil jadi malas belajar dan enggan membuka kembali buku pelajaran. Bahkan anak akan jadi histeris saat waktu liburan telah berakhir. Hal ini bisa terjadi karena adanya perubahan rutinitas, dari yang biasanya padat teratur, saat liburan, anak lebih bebas bermain dan menghabiskan waktu sesukanya.

Di usia mudanya tentu ia akan lebih menyukai kebebasan bermain bersama teman-teman, namun sebagai orangtua Anda harus bisa mendidik anak agar ia tetap bersemangat untuk belajar maupun berangkat sekolah. Berikut tips agar anak mau berangkat sekolah setelah libur panjang.

Biasakan Membaca Buku

Sebelum masa liburan dimulai, biasakan anak untuk membaca buku. Anda bisa memulai dengan metode read aloud, yaitu sebuah metode di mana Anda membacakan cerita dari buku ke anak. Kegiatan ini akan menimbulkan minat baca pada anak sehingga lakukan sejak jauh-jauh hari agar ia terbiasa dan mencintai buku.

[Baca Juga: Mengulas Perpustakaan Nasional, Gudang Ilmu di Tanah Air]

“Kalau kita sudah sering melakukan metode ini terhadap anak, lalu pada suatu kesempatan kita tidak melakukannya, justru anak yang akan mencari dan menagih ibunya untuk membacakan buku untuknya,” ujar Roosie Setiawan, ahli metode read aloud saat ditemui dibilangan Menteng, Rabu (12/12/2018).

Biasakan Anak Membaca Buku

Ingatkan Mengenai Sekolah

Saat liburan mungkin si kecil terlalu fokus bersenang-senang, dari materi yang pernah dibagikan oleh Parenting Blogger, Annisa Stevani pada akun instagram pribadinya untuk menghindari anak cracky atau rewel saat sekolah setelah liburan panjang, sebagai orang tua Anda harus terus mengingatkan si kecil mengenai cerita-cerita seru yang pernah terjadi di sekolah.

[Baca Juga: Ini 4 Cara Cermat dan Hemat Liburan Akhir Tahun]

Hal ini juga disebutkan pada laman tehsariwangi.com, berikan semangat dan motivasi untuk si kecil. Dibanding mengingatkan proses belajar mengajar di sekolah, coba ingatkan dia mengenai kegiatan ektrakulikuler atau bermain bersama teman. Proses ini juga harus dilakukan rutin, sehingga tertanam dalam ingatannya supaya si kecil semangat sekolah setelah libur.

Beli Peralatan Sekolah yang Baru

Agar anak semangat sekolah, coba belikan peralatan sekolah baru seperti tas, sepatu dan tempat pensil. Jangan lupa, ajak ia untuk memilih barang atau model yang ia sukai. Memberikan peralatan sekolah yang baru dapat memacu keinginannya untuk pergi ke sekolah.

Itulah beberapa tips agar anak semangat sekolah setelah liburan panjang.


Read More

Artikel Lainnya

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 2022

04 July 2022, 13:33

Setelah pengumuman tiket konser Westlife The Wild Dreams Tour di 11 Februari 2023 ludes terjual, ternyata boyband asal Irlandia itu akan menggelar konser tambahan lebih cepat di Indonesia pada tahun ini!

asuransi_anak_1.jpg

Kesehatan

Begini Langkah Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Anak

04 July 2022, 13:00

Para orang tua tentu akan merasa lebih tenang jika buah hati kesayangannya telah memiliki proteksi kesehatan sejak dini.

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini.jpg

Pendidikan

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini

04 July 2022, 10:32

Bagi Anda yang memiliki buah hati yang memasuki usia sekolah SD maka persiapkan segala dokumen yang dibutuhkan mulai hari ini untuk pendaftaran PPDB.


Comments


Please Login to leave a comment.