Agar Banjir Tidak Masuk Rumah, Ini yang Harus Diperhatikan

Properti dan Solusi

Agar Banjir Tidak Masuk Rumah, Ini yang Harus Diperhatikan

Hujan deras dengan waktu yang lama akan berdampak banjir di mana-mana. Jangan sampai banjir masuk ke rumah Anda. Untuk mencegah kebanjiran di rumah, ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut ulasannya yang diambil dari berbagai sumber.

DUREN SAWIT-KAWASAN-WALI KOTA JAKARTA TIMUR TARGETKAN 1 JUTA BIOPORI-KIKI-1100 px X 600 px-02.jpg

1) Membuat Sumur Serapan atau Biopori

Membuat sumur serapan atau biopori berguna untuk mempermudah air yang masuk ke dalam tanah. Biopori adalah lubang-lubang kecil yang dibuat di halaman rumah tepatnya dipendam di dalam tanah.

Cara untuk membuat biopori yang pertama harus Anda lakukan adalah membuat lubang dengan kedalaman 100 cm, kemudian isi lubang dengan sampah organik atau sisa tanaman. Agar kuat, mulut lubang diberikan semen 2-3 cm dengan tebal 2 cm. Semakin banyak lubang biopori yang dibuat di pekarangan maka rumah semakin aman dari bahaya banjir.

Pemkot Jakarta Utara Bangun Tanggul Pengendali Banjir dengan Ban Bekas

2) Membuat Tanggul

Membuat tanggul di depan teras atau pintu masuk rumah bisa Anda buat dari papan yang dipaku atau menggunakan tumpukan karung-karung pasir. Cara ini berguna untuk menghalau air banjir yang akan masuk ke rumah.

Agar Banjir Tidak Masuk Rumah, Ini yang Harus Diperhatikan

3) Meninggikan Permukaan Rumah

Pilihan ini termasuk dalam kategori yang memerlukan biaya besar untuk menghadang banjir masuk ke rumah. Meninggikan lantai atau permukaan rumah ini cukup solutif mencegah banjir. Selain masalah biaya yang besar, pengerjaannya pun memerlukan waktu yang cukup lama. Sebaiknya, Anda berkonsultasi dengan pakarnya agar dapat berhemat dari sisi waktu dan biaya.

Agar Banjir Tidak Masuk Rumah, Ini yang Harus Diperhatikan

4) Membuat Paving Block

Rumah Anda harus memiliki lahan terbuka yang dapat berguna untuk media serapan air hujan atau air lainnya. Area depan rumah yang tertutupi oleh aspal atau lantai keramik akan menyebabkan banjir. Oleh karena itu ada baiknya Anda menggunakan paving block atau grass block yang memiliki bolongan di tengahnya untuk membantu air menyerap ke tanah.

Gereja Katolik Kudus Rawamangun Adakan Aksi Tanam Pohon

5) Menanam Pohon

Hadirnya pohon-pohon di depan rumah dengan berbatang besar, di rumah dapat membantu menyerap air hujan. Sebaiknya Anda mulai menanam pepohonan yang memiliki daya serap air tinggi, seperti pacar air, pohon dukuh, pohon kenanga maupun pohon mangga.

[Baca Juga: Masuki Musim Hujan, Cegah Kebocoran Rumah dengan Cara Ini]

Musibah banjir memang tidak mengenal siapa pun. Namun, Anda masih bisa berusaha agar rumah Anda tidak terkena banjir. Upaya yang tersebut di atas semoga bisa mencegah banjir masuk ke rumah.

[Baca Juga: Tips Membersihkan Rumah Setelah Banjir]


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 8 months lalu
    rine

    qqharian,info game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss...