Agar Banjir Tidak Masuk Rumah, Ini yang Harus Diperhatikan

Properti dan Solusi

Agar Banjir Tidak Masuk Rumah, Ini yang Harus Diperhatikan

Hujan deras dengan waktu yang lama akan berdampak banjir di mana-mana. Jangan sampai banjir masuk ke rumah Anda. Untuk mencegah kebanjiran di rumah, ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut ulasannya yang diambil dari berbagai sumber.

DUREN SAWIT-KAWASAN-WALI KOTA JAKARTA TIMUR TARGETKAN 1 JUTA BIOPORI-KIKI-1100 px X 600 px-02.jpg

1) Membuat Sumur Serapan atau Biopori

Membuat sumur serapan atau biopori berguna untuk mempermudah air yang masuk ke dalam tanah. Biopori adalah lubang-lubang kecil yang dibuat di halaman rumah tepatnya dipendam di dalam tanah.

Cara untuk membuat biopori yang pertama harus Anda lakukan adalah membuat lubang dengan kedalaman 100 cm, kemudian isi lubang dengan sampah organik atau sisa tanaman. Agar kuat, mulut lubang diberikan semen 2-3 cm dengan tebal 2 cm. Semakin banyak lubang biopori yang dibuat di pekarangan maka rumah semakin aman dari bahaya banjir.

Pemkot Jakarta Utara Bangun Tanggul Pengendali Banjir dengan Ban Bekas

2) Membuat Tanggul

Membuat tanggul di depan teras atau pintu masuk rumah bisa Anda buat dari papan yang dipaku atau menggunakan tumpukan karung-karung pasir. Cara ini berguna untuk menghalau air banjir yang akan masuk ke rumah.

Agar Banjir Tidak Masuk Rumah, Ini yang Harus Diperhatikan

3) Meninggikan Permukaan Rumah

Pilihan ini termasuk dalam kategori yang memerlukan biaya besar untuk menghadang banjir masuk ke rumah. Meninggikan lantai atau permukaan rumah ini cukup solutif mencegah banjir. Selain masalah biaya yang besar, pengerjaannya pun memerlukan waktu yang cukup lama. Sebaiknya, Anda berkonsultasi dengan pakarnya agar dapat berhemat dari sisi waktu dan biaya.

Agar Banjir Tidak Masuk Rumah, Ini yang Harus Diperhatikan

4) Membuat Paving Block

Rumah Anda harus memiliki lahan terbuka yang dapat berguna untuk media serapan air hujan atau air lainnya. Area depan rumah yang tertutupi oleh aspal atau lantai keramik akan menyebabkan banjir. Oleh karena itu ada baiknya Anda menggunakan paving block atau grass block yang memiliki bolongan di tengahnya untuk membantu air menyerap ke tanah.

Gereja Katolik Kudus Rawamangun Adakan Aksi Tanam Pohon

5) Menanam Pohon

Hadirnya pohon-pohon di depan rumah dengan berbatang besar, di rumah dapat membantu menyerap air hujan. Sebaiknya Anda mulai menanam pepohonan yang memiliki daya serap air tinggi, seperti pacar air, pohon dukuh, pohon kenanga maupun pohon mangga.

[Baca Juga: Masuki Musim Hujan, Cegah Kebocoran Rumah dengan Cara Ini]

Musibah banjir memang tidak mengenal siapa pun. Namun, Anda masih bisa berusaha agar rumah Anda tidak terkena banjir. Upaya yang tersebut di atas semoga bisa mencegah banjir masuk ke rumah.

[Baca Juga: Tips Membersihkan Rumah Setelah Banjir]

Read More

Artikel Lainnya

Sambut Perayaan Hari Kemerdekaan, Fit Gourmet Hadirkan Jajanan Khas Indonesia .jpg

Kuliner

Sambut Perayaan Hari Kemerdekaan, Fit Gourmet Hadirkan Jajanan Khas Indonesia

05 August 2020, 20:00

Fit Gourmet menghadirkan menu khusus di momen perayaan 17 Agustus ini dengan jajanan khas Indonesia yang sehat.

Unpad Uji Klinis Vaksin COVID-19, Ridwan Kamil Siap Jadi Relawan.jpg

Kesehatan

Unpad Uji Klinis Vaksin COVID-19, Ridwan Kamil Siap Jadi Relawan

05 August 2020, 19:00

Kang Emil mengumumkan siap membantu usaha uji klinis vaksin COVID-19 yang dilakukan PT Bio Farma dan Unpad.

Sisca Soewitomo Juru Masak Legendaris Itu Akhirnya Gantung Panci

Kuliner

Sisca Soewitomo: Juru Masak Legendaris Itu Akhirnya Gantung Panci

05 August 2020, 15:00

Perempuan kelahiran Surabaya, 8 April 1949 ini legendaris kerap disebut sebagai Ratu Boga Indonesia akibat penampilannya yang lincah kala memasak di program televisi Aroma.

Ledakan di Beirut dan Efek Amonium Nitrat pada Kesehatan

Kesehatan

Ledakan di Beirut dan Efek Amonium Nitrat pada Kesehatan

05 August 2020, 14:00

Apabila terhirup, amonium nitrat dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan dengan gejala batuk, sakit tenggorokan dan napas yang pendek.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 6 months, 3 weeks lalu
    rine

    qqharian,info game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss...