Agar Hewan Peliharaan Tak Panik Kala Perayaan Tahun Baru

Berita Kawasan

Agar Hewan Peliharaan Tak Panik Kala Perayaan Tahun Baru

Pesta kembang api merupakan bagian dari tradisi perayaan tahun baru di dunia. Warga di Jakarta dan sekitarnya juga turut menggunakan kembang api sebagai bagian penanda pergantian tahun. Sayangnya, ledakan dari kembang api kerap mengejutkan hewan peliharaan seperti anjing dan kucing.

Hal ini sebenarnya lumrah, mengingat anjing dan kucing tidak mengerti dengan ledakan kembang api. Yang mereka tahu hanyalah ada suara besar, sehingga hewan peliharaan akan ketakutan dan bersembunyi, atau bahkan berusaha melarikan diri dari rumah. Untuk menghindari hal-hal yang tidak menyenangkan menimpa hewan kesayangan di kala malam tahun baru 2019 nanti, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan, sebagaimana dilansir dari petmd.com (28/12/2018):

1. Batasi Ruang Geraknya

Tips-agar-Hewan-Peliharaan-Tak-Panik-Kala-Perayaan-Tahun-Baru--2.jpg

Hal yang biasanya dilakukan anjing dan kucing ketika mendengar ledakan kembang api adalah berusaha melarikan diri. Jadi, hal yang pertama bisa dilakukan sebelum malam tahun baru adalah membatasi ruang gerak dari hewan peliharaan Anda.

[Baca Juga: Libur Tahun Baru, Transjakarta Sediakan Bus Gratis ke 7 Lokasi Wisata]

Hindari penggunaan rantai! Anda bisa memilih untuk menggunakan kandang untuk sementara waktu, setidaknya sampai pesta kembang api di malam tahun baru 2019 berakhir. Tidak suka dengan penggunaan kandang? Anda bisa memasukan mereka ke ruangan yang tidak berisi banyak perabotan.

2. Menggunakan Aromaterapi Khusus

Menggunakan-Aromaterapi-Khusus.jpg

Percaya atau tidak, anjing dan kucing sebenarnya memiliki aromaterapi khusus yang bisa menenangkan mereka. Untuk anjing, Anda bisa memilih menggunakan minyak lavender yang bisa dioleskan ke beberapa titik di tubuh mereka, atau menyemprotkannya ke dekat area tidurnya.

Anda bisa memilih minyak lavender yang kandungannya terdiri dari Lavendula augustifolia atau Lavendula officianalis untuk anjing peliharaan. Sedangkan untuk kucing, Anda bisa membeli spray Feliway yang banyak dijual toko-toko online atau di pet shop. Spray ini memiliki unsur yang serupa dengan feromon yang biasanya ditinggalkan kucing sebagai tanda teritorinya, dan ini membantu mereka merasa aman serta tenang di kala terdengar ledakan kembang pada malam tahun baru 2019.

[Baca Juga: Ingin Hemat? Ikuti 3 Resolusi Tahun Baru 2019 Ini!]

3. Alihkan Perhatian Mereka

Hal terakhir yang bisa dilakukan untuk teman berkaki empat Anda adalah berusaha menenangkan mereka. Caranya adalah dengan menemani anjing dan kucing kesayangan Anda. Hal ini bisa dilakukan adalah memeluk mereka, atau bahkan mengalihkan perhatian anjing dan kucing Anda.

Anda bisa membeli mainan untuk anjing dan kucing. Agar semakin teralihkan perhatiannya di kala malam tahun baru 2019, untuk kucing Anda bisa menyemprotkan cairan catnip ke mainan tersebut. Sedangkan untuk anjing, Anda bisa mengoleskan selai kacang ke mainannya agar perhatiannya lebih tertuju ke benda tersebut dibandingkan dengan suara ledakan kembang api.

Read More

Artikel Lainnya

Pandemi-Kapulaga-Sumut-Tetap-Melesat-6.jpg

Berita Kawasan

Ekspor Kapulaga Sumatera Utara Tetap Melesat di Masa Pandemi

14 July 2020, 20:00

Jumlah ekspor kapulaga tetap meningkat meskipun sedang masa pembatasan akibat pandemi COVID-19. Hal ini tak terlepas dari kualitas yang dihasilkan.

Akulah Samudera.jpg

Hobi dan Hiburan

Film Akulah Samudera Ungkapkan Pentingnya Peran Laut

14 July 2020, 19:00

Film dokumenter ini bakal tayang di acara Indonesia Canada Congress pada saat perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 2020 di Kanada.

toba-unesco-2.jpg

Berita Kawasan

Danau Toba Resmi Ditetapkan Sebagai UNESCO Global Geopark

14 July 2020, 18:00

Danau Toba yang menjadi salah satu destinasi pariwisata super prioritas telah tersertifikasi tingkat dunia oleh UNESCO.

Pemkot Medan Gandeng Stikes Senior untuk Sosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru.jpg

Pendidikan

Pemkot Medan Gandeng Stikes Senior untuk Sosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru

14 July 2020, 17:00

Melalui sosialisasi mengenai Perwal adaptasi kebiasaan baru, Pemkot Medan berharap Stikes Senior dapat menjadi influencer new normal.


Comments


Please Login to leave a comment.