Kenali Perbedaan Oven dan Microwave

Properti dan Solusi

Agar Microwave Anda Awet, Perhatikan Aturan Ini

Microwave menjadi salah satu peralatan dapur yang dimiliki hampir semua orang. Peralatan dapur ini biasa digunakan di dapur untuk menghangatkan makanan atau membuat makanan lebih mudah dan cepat tersaji. Penggunaannya yang praktis ini menjadi favorit rumah tangga.

Kenali Perbedaan Oven dan Microwave

Namun, tidak semua orang memperhatikan atau melakukan hal-hal apa saja yang seharusnya tidak dilakukan dalam penggunaan microwave. Bahkan sebaliknya ada sebagian orang yang tidak tahu harus bagaimana memperlakukan microwave saat digunakan.

[Baca Juga: Inilah Cara Bersihkan Microwave dengan Mudah]

Menlansir foodal.com (05/03/2020). Berikut hal-hal yang harus dilakukan dalam menggunakan microwave.

  1. Baca dan ikuti petunjuk penggunaan microwave. Petunjuk ini kaya akan informasi yang perlu Anda ketahui untuk memasak yang aman dan sehat, termasuk prosedur pengoperasian dan peringatan keselamatan.
  2. Baca dan ikuti petunjuk pada makanan kemasan yang akan Anda masak atau panaskan. Makanan yang kurang matang dalam microwave bisa membuat makanan hambar yang mengandung bakteri berbahaya. Di sisi lain, makanan yang terlalu matang membuatnya keras, kenyal, dan tidak bisa dimakan.
  3. Gunakan wadah yang aman untuk microwave saat memasak atau memanaskan makanan atau cairan. Piring dan wadah yang cocok biasanya ditandai atau dicap di bagian bawah. Demi keamanan, jika Anda tidak yakin apakah mangkuk, piring, atau piring aman microwave, jangan gunakan itu.
  4. Jika piring atau wadah yang terbuat dari gelas, Anda dapat melakukan tes bila yakin akan aman. Tarulah di dalam oven dan diamkan selama satu menit. Lalu, sentuhlah. Jika terasa suam-suam kuku atau dingin, tentu aman digunakan untuk microwave. Namun, bila wadah terasa hangat, jangan gunakan.
  5. Bersihkan bagian dalam pintu microwave setelah setiap kali digunakan. Menjaga oven Anda bersih juga akan menghilangkan kuman dan bakteri tidak sehat yang dapat mencemari makanan dan cairan yang Anda tempatkan di dalamnya.
  6. Berhati-hatilah saat Anda membuka kotak, atau wadah lain yang telah dimasak atau dipanaskan. Karena wadah itu tertutup, atau bahkan sebagian tertutup, uap panas dapat menumpuk di dalamnya.

[Baca Juga: Ini Perbedaan Oven & Microwave, Dua Perkakas Penting di Dapur Anda]

Satu lagi yang perlu diingat, microwave berbeda dengan oven. Microwave hanya optimal saat digunakan untuk memanaskan dengan hasil cenderung kering, karena cara kerjanya yang mengurangi kadar air dan menghilangkan kelembapan makanan. Memang ada istilah microwave oven dengan fungsi ganda, yakni memanaskan sekaligus mematangkan. Namun, hasilnya tentu berbeda dengan memasak menggunakan oven.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.