AGAR RUANG TAMU TERASA LEGA DAN NYAMAN

Properti dan Solusi

Agar Ruang Tamu Terasa Lega dan Nyaman

Ruang tamu merupakan salah satu area publik di dalam rumah yang mesti mendapat perhatian ekstra. Soalnya, ruangan ini tidak hanya akan digunakan oleh penghuni, melainkan oleh tamu yang datang ke rumah juga. Maka itu, perhatikan ruangan tersebut, setidaknya dalam hal dekorasi atau penataannya. Sebab, dekorasi ruang tamu yang apik tentu akan membuat penghuni dan tamu merasa nyaman. Pendekorasian ini juga makin penting jika luas ruang tamu kecil atau terbatas.

Dalam membuat dekorasi ruang tamu yang nyaman ini, tentunya ada beberapa hal yang mesti dilakukan, dan ada pula beberapa hal lain yang harus dihindari penghuni rumah. Hal-hal yang dimaksud antara lain:

Mengaplikasikan Warna Cerah

Warna-warna cerah cenderung mampu memantulkan cahaya lebih baik, sehingga bisa membuat ruang tamu terasa lebih luas dan terbuka secara visual. Maka itu, aplikasikanlah warna seperti putih, merah, hijau, krem, perpaduan merah-putih, putih hijau, putih-abu, dan warna netral lainnya pada dinding ruang tamu.

Sebaliknya, jangan atau hindari penggunaan warna gelap pada dinding ruang tamu. Sebab, dinding berwarna gelap akan menyerap cahaya, sehingga membuat ruangan tampak lebih kecil dari yang sebenarnya. Tetapi jika suka dan memang ingin menggunakan warna gelap, coba batasi penggunaannya hanya pada fitur-fitur khusus yang ada di dinding, misalnya seperti kusen dan ambalan jendela.

Tidak Harus Matching

Banyak orang beranggapan bahwa menata sebuah ruangan merupakan kesempatan untuk mencocokan segalanya, baik itu warna ruangan, furntiur, hingga berbagai aksesori yang ada di dalamnya. Ini merupakan anggapan yang salah. Sebab dengan begitu, secara visual seluruh bagian ruangan akan menjadi satu dan kurang variasi.

Baiknya, gunakanlah warna, furnitur, hingga elemen dekorasi yang berbeda, tetapi tidak berlebihan. Sebab mau bagaimanapun, variasi ini tetap diperlukan dalam sebuah ruangan, khususnya ruang tamu kecil. Dengan demikian, dekorasi ruang tamu pun akan terasa lebih kaya, tapi tidak berlebihan sehingga jauh dari kesan sesak.

Mengelompokkan Perabot

Menempatkan perabot saling berhadapan, di mana keduanya merapat di dinding, justru membuka kehampaan di tengah ruangan. Hal ini dapat membuat seluruh ruang terasa lebih kecil atau sempit. Dekorasi seperti ini pun akan makin membuat sesak ruang tamu kecil atau yang memang memiliki luas sangat terbatas. Lebih baik, atur penempatan perabot agak jauh dari dinding dan letakkan secara berkelompok.

Jangan Gunakan Ornamen Secara Berlebihan

Sudah disebutkan sebelumnya kalau variasi dalam dekorasi ruang tamu tetap dibutuhkan, tapi tidak berlebihan. Ini juga berlaku untuk penggunaan ornamen atau hiasan pada ruangan tersebut. Soalnya, dengan memenuhi setiap permukaan dengan pernak-pernik, dapat membuat ruang yang besar tampak berantakan dan sempit. Baiknya, buatlah sebuah tema dengan item tertentu atau hanya yang favorit saja. Ini untuk menghindari kesan sesak dan berantakan karena banyak barang.

Jangan Gunakan Furnitur Berlebihan

Selain ornamen, furnitur di ruang tamu juga sebaiknya tidak terlalu banyak atau berlebihan. Sebab dengan menempatkan furnitur di berbagai sudut hanya akan membatasi sirkulasi dan menghalangi jalan. Ini tentunya akan merepotkan penghuni dan tamu nantinya, terlebih jika tamu yang datang jumlahnya lebih dari tiga orang. Maka itu, meski keberadaan furnitur seperti kursi dan meja pada dekorasi ruang tamu sangat penting, tapi tetap harus disesuaikan dengan luas ruangan agar tidak berlebihan atau tidak terlalu besar.

Gunakan Beberapa Titik Pencahayaan

Sebaiknya jangan hanya gunakan satu sumber cahaya pada ruang tamu, apalagi jika itu adalah ruang tamu kecil. Soalnya, penggunaan satu titik pencahayaan hanya akan membuat ruangan terasa sempit. Aplikasikanlah beberapa titik pencahayaan pada ruang tamu. Sebab selain bisa membuat ruangan terasa lega karena nuansa yang terang, hal ini juga akan membuat dekorasi ruang tamu jadi terlihat lebih indah.

Read More

Artikel Lainnya

Kenali 6 Ciri Bra Anda Harus Diganti

Kecantikan dan Fashion

Kenali 5 Ciri Bra Anda Harus Diganti

20 August 2019, 20:00  |  4 Views

Kapan terakhir kali Anda berbelanja bra baru? Jika jawabannya lebih dari enam bulan lalu, ada kemungkinan bra Anda telah usang dan perlu diganti.

Cinderella  Kompleks Kondisi Mental Perempuan Manja Dan Penuh Khayalan

Kesehatan

Cinderella Kompleks dan Ketergantungan Perempuan pada Laki-laki

20 August 2019, 19:00  |  9 Views

Kondisi sosial yang merepresi perempuan kerap menimbulkan konflik batin dan menjadi masalah bagi hampir seluruh perempuan. Hal ini memengaruhi cara berpikir, bertindak, dan berbicara.

Pasar Buku Murah di Pasar Kenari Jadi Incaran Warga Jakarta

Berita Kawasan

Nyamannya Belanja Buku Murah di Pasar Kenari

20 August 2019, 18:00  |  3 Views

Siapa sangka, di lantai 3 Pasar Kenari terdapat berjejer buku murah yang dijualbelikan bernama Wisata Buku yang telah diresmikan Gubernur DKI pada April 2019 lalu.

RSUD Tangerang Adakan Talk Show Mengenai ASI

Kesehatan

RSUD Tangerang Tekankan Peran Ayah dalam Keberhasilan ASIX

20 August 2019, 17:00  |  3 Views

Peran suami dalam memberikan motivasi dan mendampingi istri dalam menyusui dinilai sangat penting untuk menciptakan atmosfer menyusui yang positif.


Comments


Please Login to leave a comment.