5 Langkah Yang Harus Anda Lakukan Ketika Banjir

Properti dan Solusi

Agar Rumah Aman, Ini 4 Langkah yang Harus Dilakukan Hadapi Banjir

Bencana banjir ketika hujan mungkin bukan hal baru di Jakarta. Meski demikian, bencana banjir yang menimpa Jakarta pada awal tahun 2020 ini terbilang cukup parah dan memprihatinkan karena titik-titik banjir bertambah hingga menutup banyak akses, perkantoran, hingga tempat-tempat perbelanjaan.

Melihat masalah banjir yang dirasa tidak pernah usai ini, kali ini PingPoint.co.id ingin memberikan sedikit tips serta langkah-langkah yang harus Anda lakukan ketiga banjir datang agar rumah Anda tetap Aman. Melansir dari beberapa laman sumber seperti greenwell.co.id, berikut tipsnya.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Utara Ajak Semua Pihak Bersiap Atasi Kemungkinan Banjir]

Cabut Semua Aliran Listrik dan Tabung Gas

1) Padamkan Sambungan Listrik

Hal pertama yang bisa Anda lakukan ketika banjir adalah memadamkan aliran listrik atau mencabut semua sambungan elektronik yang ada. Hal ini harus Anda lakukan apabila ketinggian banjir melewati batas normal. Segera cabut semua sambungan elektronik agar terhindar dari konselting listrik.

5 Langkah Proses Pindahan Rumah dengan Lancar dan Menyenangkan

2) Selamatkan Barang-Barang Penting

Menyelamatkan barang-barang berharga dari kondisi banjir sudah menjadi hal yang wajib dilakukan, namun selain barang berharga, Anda juga perlu menyelamatkan beberapa barang penting. Barang-barang yang masuk kedalam barang penting anatara lain adalah barang yang dapat menyelamatkan diri Anda dari kondisi banjir. Adapun barang-barang penting yang harus diselamatkan adalah telefon gemgam, dompet (identitas, uang/e-money/ATM), obat-obatan (P3K, obat pribadi, vitamin), apparel (Jaket,sepatu, jas ujan dan pakaian kering lainnya yang dapat Anda gunakan) hingga barang-barang lainnya yang dapat membantu Anda untuk bisa bertahan ketika bencana banjir berlangsung.

BEKASI-KAWASAN-KOTA BEKASI PUNYA PROGRAM LAYANAN MASYARAKAT BERBASIS APLIKASI SUDAH TAHU-KIKI-1100 px X 600 px-02.jpg

3) Selalu Update Berita

Salah satu hal yang paling penting ketika banjir adalah mendapatkan berita yang aktual. Gunakan media sosial untuk mencari informasi tentang banjir sebanyak-banyaknya agar Anda bisa mengetahui langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya. Caru akun-akun media berita tepercaya dan usahakan untuk mencari informasi tentang bantuan banjir untuk mengantisipasi banjir susulan.

5 Langkah Yang Harus Anda Lakukan Ketika Banjir

4) Evakuasi Diri

Jika kondisi banjir sudah dirasa semakin parah, segera mengungsi ke tempat yang tidak terkena dampak banjir, (ke tempat saudara, kerabat atau tempat pengungsian yang tidak terkena dampak banjir). Bawa barang-barang seperlunya dan kembali ke rumah ketika kondisi banjir sudah mereda atau sudah diperbolehkan pulang oleh aparat yang menjaga.

[Baca Juga: Wali Kota Jakarta Timur Cek Kesiapan Jatinegara Hadapi Banjir]

Tetap waspada dengan kondisi cuaca dan selalu siaga dengan apapun yang akan terjadi, Pointers. Jika lokasi Anda sudah terkepung banjir, segera meminta bantuan dengan orang -orang sekitar.


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.