5 Langkah Yang Harus Anda Lakukan Ketika Banjir

Properti dan Solusi

Agar Rumah Aman, Ini 4 Langkah yang Harus Anda Lakukan Hadapi Banjir

Bencana banjir ketika hujan mungkin bukan hal baru di Jakarta. Meski demikian, bencana banjir yang menimpa Jakarta pada awal tahun 2020 ini terbilang cukup parah dan memprihatinkan karena titik-titik banjir bertambah hingga menutup banyak akses, perkantoran, hingga tempat-tempat perbelanjaan.

Melihat masalah banjir yang dirasa tidak pernah usai ini, kali ini PingPoint.co.id ingin memberikan sedikit tips serta langkah-langkah yang harus Anda lakukan ketiga banjir datang agar rumah Anda tetap Aman. Melansir dari beberapa laman sumber seperti greenwell.co.id, berikut tipsnya.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Utara Ajak Semua Pihak Bersiap Atasi Kemungkinan Banjir]

Cabut Semua Aliran Listrik dan Tabung Gas

1) Padamkan Sambungan Listrik

Hal pertama yang bisa Anda lakukan ketika banjir adalah memadamkan aliran listrik atau mencabut semua sambungan elektronik yang ada. Hal ini harus Anda lakukan apabila ketinggian banjir melewati batas normal. Segera cabut semua sambungan elektronik agar terhindar dari konselting listrik.

5 Langkah Proses Pindahan Rumah dengan Lancar dan Menyenangkan

2) Selamatkan Barang-Barang Penting

Menyelamatkan barang-barang berharga dari kondisi banjir sudah menjadi hal yang wajib dilakukan, namun selain barang berharga, Anda juga perlu menyelamatkan beberapa barang penting. Barang-barang yang masuk kedalam barang penting anatara lain adalah barang yang dapat menyelamatkan diri Anda dari kondisi banjir. Adapun barang-barang penting yang harus diselamatkan adalah telefon gemgam, dompet (identitas, uang/e-money/ATM), obat-obatan (P3K, obat pribadi, vitamin), apparel (Jaket,sepatu, jas ujan dan pakaian kering lainnya yang dapat Anda gunakan) hingga barang-barang lainnya yang dapat membantu Anda untuk bisa bertahan ketika bencana banjir berlangsung.

BEKASI-KAWASAN-KOTA BEKASI PUNYA PROGRAM LAYANAN MASYARAKAT BERBASIS APLIKASI SUDAH TAHU-KIKI-1100 px X 600 px-02.jpg

3) Selalu Update Berita

Salah satu hal yang paling penting ketika banjir adalah mendapatkan berita yang aktual. Gunakan media sosial untuk mencari informasi tentang banjir sebanyak-banyaknya agar Anda bisa mengetahui langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya. Caru akun-akun media berita tepercaya dan usahakan untuk mencari informasi tentang bantuan banjir untuk mengantisipasi banjir susulan.

5 Langkah Yang Harus Anda Lakukan Ketika Banjir

4) Evakuasi Diri

Jika kondisi banjir sudah dirasa semakin parah, segera mengungsi ke tempat yang tidak terkena dampak banjir, (ke tempat saudara, kerabat atau tempat pengungsian yang tidak terkena dampak banjir). Bawa barang-barang seperlunya dan kembali ke rumah ketika kondisi banjir sudah mereda atau sudah diperbolehkan pulang oleh aparat yang menjaga.

[Baca Juga: Wali Kota Jakarta Timur Cek Kesiapan Jatinegara Hadapi Banjir]

Tetap waspada dengan kondisi cuaca dan selalu siaga dengan apapun yang akan terjadi, Pointers. Jika lokasi Anda sudah terkepung banjir, segera meminta bantuan dengan orang -orang sekitar.

Read More

Artikel Lainnya

Ada Bioskop Gratis Untuk Rakyat di Jakarta Timur

Berita Kawasan

Bioskop Rakyat di Jakarta Timur Ini Gratis untuk Hiburan Warga

25 February 2020, 21:00

Bioskop rakyat ini berkomitmen memutarkan film-film Indonesia berkualitas untuk memberikan hiburan gratis untuk warga sekitar.

BMKG Prediksi Hujan Lebat Landa Jakarta Sampai Akhir Februari

Berita Kawasan

BMKG Prediksi Hujan Lebat Landa Jakarta Sampai Akhir Februari

25 February 2020, 20:00

Masyarakat diimbau selalu tetap waspada dan hati-hati akan dampak dari cuaca ekstrem yang diperkirakan akan melanda beberapa wilayah di Indonesia

Banjir di Bekasi,  Perumnas III Padam Listrik 10 Jam

Berita Kawasan

Banjir di Bekasi, Perumnas III Padam Listrik 10 Jam

25 February 2020, 19:30

Sejak pukul 7.30 WIB Selasa pagi, pepadaman listrik terjadi di beberapa tempat di Perumnas III Bekasi Timur.

Meski Menyegarkan, Ini Dampak Mandi Saat Tubuh Masih Berkeringat

Kesehatan

Meski Menyegarkan, Ini Dampak Mandi Saat Tubuh Masih Berkeringat

25 February 2020, 19:00

Mandi pada dasarnya menyehatkan. Namun ketika mandi dalam keadaan berkeringat ternyata malah menimbulkan dampak yang buruk bagi tubuh.


Comments


Please Login to leave a comment.