Agar Tak Punah, Inilah Dorongan Pengusaha Dodol Betawi Nyak Mai

Bisnis

Agar Tak Punah, Inilah Dorongan Pengusaha Dodol Betawi Nyak Mai

Di kawasan Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan terdapat berbagai pengusaha kuliner yang menyajikan makanan serta minuman khas Betawi. Dengan salah satunya adalah sosok Samsudin yang sudah puluhan tahun menekuni profesinya sebagai pengusaha dodol betawi. Melalui usahanya yang bernama Dodol Nyak Mai, Samsudin memiliki tekad yang terus mendorongnya agar tetap menjaga tradisi ini yang diteruskan dari sosok orangtuanya.

Dodol Nyak Mai sendiri berlokasi di Jalan Moch Kahfi II, Srenseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Di rumah inilah Samsudin bersama keluarganya secara turun temurun mengolah dodol Betawi. Bahkan resep serta cara masaknya pun masih terus mengikuti metode yang telah diterapkan oleh nenek dari Samsudin.

Agar Tak Punah, Inilah Dorongan Pengusaha Dodol Betawi Nyak Mai

“Bisnis dodol ini sudah 25 tahun dari zaman almarhum nyak (ibu). Turun temurun dari nenek ke nyak dari sini mulai banyak dikenal. Setu dibuka, nah nyak di bawah naungan Setu Babakan (dengan) turis-turis yang datang diajak ke sini dan semakin dikenal. Kalau zaman dulu bikin dodol itu hajatan doang atau momen-momen tertentu, sekarang bikin dodol bisa jadi mata pencaharian,” ujar Samsudin kepada PingPoint.co.id (18/2/2020).

Dari sisi turun temurun inilah yang menjadi salah satu dorongan bagi dirinya untuk tetap memilih profesi sebagai pengusaha dodol Betawi. Karena menurut Samsudin, ia bukan hanya sekadar diajarkan cara membuatnya saja tapi juga usaha dodol ini. Sehingga tak ayal untuk mewujudkan rasa syukurnya, ia terus berusaha menjaga eksistensi dari kuliner khas Betawi ini.

[Baca Juga: Dodol Nyak Mai Dibuat Selama 10 Jam]

Samsudin tak memungkiri pembuatan dodol Betawi tidaklah mudah. Walau hanya berbahan dasar santan kelapa murni, beras ketan, gula merah, gula pasir, garam dan air, proses pembuatan kuliner tradisional ini cukup menghabiskan waktu dan tenaga.

Selain untuk membersihkan serta mempersiapkan berbagai bahan, termasuk kayu bakar khusus, yang membutuhkan waktu beberapa jam, Samsudin serta keluarganya masih harus melakukan proses pengadukan adonan. Di mana dengan pengaturan api khusus, ia harus siap mengaduk adonan di atas kuali dodol selama tujuh hingga delapan jam sampai adonan tersebut mengental.

6 Hidangan Favorit Khas Betawi di Hari Lebaran Dodol Betawi

Namun rasa lelah ini menurutnya tak terasa dengan motivasi utamanya dalam berjualan Dodol Nyak Mai. Pasalnya, selain untuk mempertahankan tradisi dengan nama ibunya yang melekat pada produknya, ia juga tak ingin agar dodor Betawi menghilang atau tergerus oleh kuliner modern yang saat ini semakin banyak di Ibu Kota. Hal ini tentu saja sejalan dengan visi utama dari Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan yang berusaha untuk terus mengakarkan unsur Betawi di Jakarta.

[Baca Juga: Ini Dodol yang Terkenal di Tangerang, Dodol Ny. Lauw]

“Ini warisan keluarga yang kita pertahankan dan jangan sampai dodol yang katanya sudah langka menjadi punah. Apalagi dodol yang pada awalnya dikenal orang rasanya enak jadi berubah, makanya biar gimana kita terus bikin dodol dan kita kembangin biar dodol benar-benar dikenal orang,” sebut Samsudin.

Seperti yang dijelaskan di atas, melalui Dodol Nyak Mai, Samsudin dan keluarganya berusaha menjaga tradisi turun temurun dan ini termasuk rasanya. Oleh karena itulah, ia enggan memberikan rasa-rasa baru dengan terus mempertahankan rasa original. Harga yang dipatok olehnya pun terbilang terjangkau dengan ukuran kecil dan panjang yang dimulair dari Rp15.000 agar semua orang yang datang ke Setu Babakan dapat mencoba.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.