Upayakan Tepat Sasaran, Penyaluran Bansos di Semarang Pakai Aplikasi Android

Berita Kawasan

Agar Tepat Sasaran, Penyaluran Bansos Semarang Pakai Aplikasi Android

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah menyalurkan bantuan sosial di Kota Semarang dengan bantuan aplikasi Android pada Rabu, 13 Mei 2020. Aplikasi itu bernama Id Fleet, ada sebanyak 26.954 paket bansos disalurkan PT Pos Indonesia di Kota Semarang dengan bantuan perangkat lunak tersebut. Tujuannya tak lain agar bansos yang disalurkan tepat sasaran.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, Id Fleet adalah bentuk kerja sama antara Pemprov Jawa Tengah dengan PT Pos Indonesia yang diciptakan khusus untuk menyalurkan bantuan sosial.

Sementara itu, Vice President Informasi dan Komunikasi Teknologi PT Pos Indonesia Kantor Jakarta Poerwanto S menjelaskan, mekanisme penyaluran bansos tersebut. Para petugas PT Pos Indonesia, jelasnya, akan mendatangi rumah warga, berbekal ponsel yang sudah terpasang aplikasi Id Fleet.

[Baca Juga: Pemkot Semarang Beri Keringanan Biaya PDAM di Masa Pandemi]

Sesampainya di alamat penerima, petugas akan memotret wajah penerima bansos, NIK KTP serta Kartu Keluarga. Setelah itu, penerima wajib membubuhkan tanda tangan pada aplikasi tersebut. Data-data ini kemudian akan dikirimkan ke server secara otomatis.

“Dari situlah kita meyakini bahwa kiriman itu diserahkan kepada orang yang dituju,” jelas Poerwanto, dikutip dari jatengprov.go.id (13/5/2020).

Upayakan Tepat Sasaran, Penyaluran Bansos di Semarang Pakai Aplikasi Android

Nantinya, sambung Poerwanto, Id Fleet juga akan digunakan ketika penyaluran bantuan dari Pemprov Jawa Tengah untuk perantau yang berada di Jabodetabek. Akan tetapi, aplikasi tersebut lebih dulu ditambah fitur inventory system. “Jadi untuk bantuan di Jabodetabek akan ditambah fitur pada aplikasi ini. Fitur ini supaya Pemprov [Jawa Tengah] tahu barang apa saja yang sudah dibeli dan dikelola untuk dikirim ke penerima,” lanjut Poerwanto.

Ganjar sendiri menaruh harapan bahwa dengan menggunakan aplikasi Id Fleet, bantuan sosial untuk warganya benar-benar tepat sasaran. Ia bahkan mengungkapkan akan mencari jalan selanjutnya bila bantuan yang digulirkan kali ini tidak mencukupi kebutuhan warga. “Semoga Bapak/Ibu bisa menerima dengan baik. Nanti yang kurang kita carikan cara berikutnya agar semua terbantu dengan baik,” kata Ganjar ketika melepas penyaluran bansos.

[Baca Juga: Keringanan Pajak Sektor Usaha dan PBB Selama Pandemi di Semarang]

Selain bantuan sosial dari Pemprov Jawa Tengah ini, sudah ada beberapa bantuan yang digulirkan Pemkot Semarang kepada warganya selama pandemi COVID-19. Bantuan itu di antaranya keringanan biaya PDAM berupa diskon 20 persen untuk periode April-Juni 2020, menggratiskan distribusi Rusunawa, diskon PBB, dan bantuan lainnya.

Berbagai bantuan itu diberikan untuk mengurangi beban masyarakat karena persoalan ekonomi yang timbul akibat pandemi COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.