Agar Tidur Lebih Nyenyak, Jangan Letakkan 5 Hal Ini di Kamar Tidur

Kesehatan

Agar Tidur Lebih Nyenyak, Jangan Letakkan 5 Hal Ini di Kamar Tidur

Seorang pakar dari American Sleep and Breathing Academy Kent Smith menyebutkan, kekurangan tidur dalam jangka pendek dapat meningkatkan risiko kecelakaan di tempat kerja atau di perjalanan. Sedangkan kurang tidur dalam jangka panjang terkait dengan kondisi medis yang cukup serius seperti penyakit jantung, stroke dan diabetes.

Orang dewasa disarankan untuk tidur selama tujuh hingga delapan jam sehari. Namun untuk bisa tidur selama yang disarankan tidak semudah yang dibayangkan. Mulai dari pekerjaan yang menumpuk sehingga Anda tak bisa tidur lebih awal atau penggunaan ponsel beberapa jam sebelum tidur dan lain sebagainya bisa jadi penyebab seseorang kekurangan tidur.

Maka dari itu, Anda harus bisa mengatur waktu tidur dan apa saja yang ada di kamar tidur. Pasalnya, beberapa ahli menyebutkan, tidur nyenyak memiliki kolerasi yang erat dengan benda-benda yang ada di kamar tidur Anda. Merangkum dari huffpost.com (18/11/2019) inilah barang-barang yang sebaiknya tak ada di kamar tidur Anda.

[Baca Juga: Ini Akibat Kurang Tidur untuk Kesehatan]

1) Televisi

Anda bisa meletakkan TV di ruang santai atau ruang keluarga tapi tidak dengan kamar tidur. Televisi mengeluarkan cahaya biru yang membuat Anda terjaga. Konten acara yang ditayangkan televisi juga terkadang membuat Anda berkonsentrasi sehingga bukannya tidur, Anda justru menghabiskan waktu untuk menonton tayangan TV.

Walaupun menurut sebagian orang TV dapat membantu mereka untuk lebih mudah tidur, kenyataan ini tak tepat karena saat tubuh tidur Anda terpapar sinar TV, organ dalam tubuh dan otak masih tetap bekerja akibat paparan sinar biru. Ketika Anda menonton televisi, otak memproduksi unsur kimia yang disebut norepinefrin dan dopamine yang dapat menstimulasi otak Anda untuk tetap aktif.

2) Pekerjaan

Kebanyakan orang setelah sampai ke masuk ke kamar usai pulang kantor bukannya bergegas untuk beristirahat, tapi membuka berkas dan laptop kembali untuk menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai. Namun, jangan kerjakan pekerjaan apapun di kamar tidur. Jadikan kamar tidur sebagai tempat beristirahat. Hentikan pekerjaan apapun 30 menit sebelum tidur agar Anda lebih tenang sehingga lebih mudah tidur.

Agar Tidur Lebih Nyenyak, Jangan Letakkan 5 Hal Ini di Kamar Tidur

3) Makanan

Makan di kamar tidur bukan hanya membuat kamar bau dan kotor. Makan di kamar tidur merupakan kebiasaan yang buruk apalagi jika Anda lakukan pada malam hari. Hindari makan tiga jam sebelum tidur untuk menghindari gangguan pencernaan, asam lambung naik, dan mimpi buruk. Jika Anda merasa lapar, coba konsumsi yogurt namun dalam porsi cukup. Mengonsumsi terlalu banyak makanan sebelum tidur akan membuat organ pencernaan bekerja terlalu berat saat badan Anda tidur.

4) Gawai

Serupa dengan televisi, gawai apapun bentuknya mengeluarkan sinar biru. Bahkan menurut Profesor dari School of Community and Environmental Health at Old Dominion University di Virginia Marianna Szklo-Coxe, usahakan jangan ada barang elektronik apapun di kamar Anda. Menurutnya cahaya dapat mengganggu ritme sirkadian, yang merupakan jam internal yang membuat tubuh kita tahu kapan harus tidur atau kapan harus bangun.

5) Sepatu

Sepatu merupakan benda kotor yang Anda gunakan untuk aktivitas luar. Anda tak pernah tau apa yang Anda injak saat menggunakannya. Jika Anda gunakan ke kamar tentu ruangan akan kotor dan akan menimbulkan debu dan aroma-aroma tertentu. Padahal ruangan yang rapi dan wangi dapat membuat Anda lebih rileks saat tidur.

[Baca Juga: 6 Efek Buruk yang Terjadi Pada Wajah Bila Kurang Tidur]

Itulah lima benda yang tidak bisa dibawa masuk ke kamar tidur agar Anda mendapatkan kualitas tidur yang maksimal.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.