Agar Tidur Lebih Nyenyak, Jangan Letakkan 5 Hal Ini di Kamar Tidur

Kesehatan

Agar Tidur Lebih Nyenyak, Jangan Letakkan 5 Hal Ini di Kamar Tidur

Seorang pakar dari American Sleep and Breathing Academy Kent Smith menyebutkan, kekurangan tidur dalam jangka pendek dapat meningkatkan risiko kecelakaan di tempat kerja atau di perjalanan. Sedangkan kurang tidur dalam jangka panjang terkait dengan kondisi medis yang cukup serius seperti penyakit jantung, stroke dan diabetes.

Orang dewasa disarankan untuk tidur selama tujuh hingga delapan jam sehari. Namun untuk bisa tidur selama yang disarankan tidak semudah yang dibayangkan. Mulai dari pekerjaan yang menumpuk sehingga Anda tak bisa tidur lebih awal atau penggunaan ponsel beberapa jam sebelum tidur dan lain sebagainya bisa jadi penyebab seseorang kekurangan tidur.

Maka dari itu, Anda harus bisa mengatur waktu tidur dan apa saja yang ada di kamar tidur. Pasalnya, beberapa ahli menyebutkan, tidur nyenyak memiliki kolerasi yang erat dengan benda-benda yang ada di kamar tidur Anda. Merangkum dari huffpost.com (18/11/2019) inilah barang-barang yang sebaiknya tak ada di kamar tidur Anda.

[Baca Juga: Ini Akibat Kurang Tidur untuk Kesehatan]

1) Televisi

Anda bisa meletakkan TV di ruang santai atau ruang keluarga tapi tidak dengan kamar tidur. Televisi mengeluarkan cahaya biru yang membuat Anda terjaga. Konten acara yang ditayangkan televisi juga terkadang membuat Anda berkonsentrasi sehingga bukannya tidur, Anda justru menghabiskan waktu untuk menonton tayangan TV.

Walaupun menurut sebagian orang TV dapat membantu mereka untuk lebih mudah tidur, kenyataan ini tak tepat karena saat tubuh tidur Anda terpapar sinar TV, organ dalam tubuh dan otak masih tetap bekerja akibat paparan sinar biru. Ketika Anda menonton televisi, otak memproduksi unsur kimia yang disebut norepinefrin dan dopamine yang dapat menstimulasi otak Anda untuk tetap aktif.

2) Pekerjaan

Kebanyakan orang setelah sampai ke masuk ke kamar usai pulang kantor bukannya bergegas untuk beristirahat, tapi membuka berkas dan laptop kembali untuk menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai. Namun, jangan kerjakan pekerjaan apapun di kamar tidur. Jadikan kamar tidur sebagai tempat beristirahat. Hentikan pekerjaan apapun 30 menit sebelum tidur agar Anda lebih tenang sehingga lebih mudah tidur.

Agar Tidur Lebih Nyenyak, Jangan Letakkan 5 Hal Ini di Kamar Tidur

3) Makanan

Makan di kamar tidur bukan hanya membuat kamar bau dan kotor. Makan di kamar tidur merupakan kebiasaan yang buruk apalagi jika Anda lakukan pada malam hari. Hindari makan tiga jam sebelum tidur untuk menghindari gangguan pencernaan, asam lambung naik, dan mimpi buruk. Jika Anda merasa lapar, coba konsumsi yogurt namun dalam porsi cukup. Mengonsumsi terlalu banyak makanan sebelum tidur akan membuat organ pencernaan bekerja terlalu berat saat badan Anda tidur.

4) Gawai

Serupa dengan televisi, gawai apapun bentuknya mengeluarkan sinar biru. Bahkan menurut Profesor dari School of Community and Environmental Health at Old Dominion University di Virginia Marianna Szklo-Coxe, usahakan jangan ada barang elektronik apapun di kamar Anda. Menurutnya cahaya dapat mengganggu ritme sirkadian, yang merupakan jam internal yang membuat tubuh kita tahu kapan harus tidur atau kapan harus bangun.

5) Sepatu

Sepatu merupakan benda kotor yang Anda gunakan untuk aktivitas luar. Anda tak pernah tau apa yang Anda injak saat menggunakannya. Jika Anda gunakan ke kamar tentu ruangan akan kotor dan akan menimbulkan debu dan aroma-aroma tertentu. Padahal ruangan yang rapi dan wangi dapat membuat Anda lebih rileks saat tidur.

[Baca Juga: 6 Efek Buruk yang Terjadi Pada Wajah Bila Kurang Tidur]

Itulah lima benda yang tidak bisa dibawa masuk ke kamar tidur agar Anda mendapatkan kualitas tidur yang maksimal.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.