Agro Wisata Cilangkap Panen 25 Kilogram Sayur Perhari

Berita Kawasan

Agro Wisata Cilangkap Panen 25 Kilogram Sayur Per Hari

Setiap hari UPT Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, Pertanian (KPKP) DKI Jakarta bisa memanen 20-25 kilogram sayur mayur dari Agro Wisata Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur.

Kepala UPT Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman, Dinas KPKP DKI Jakarta Ali Nurdin mengatakan, adapun jenis sayur mayur yang dipanen setiap harinya meliputi sayur kangkung, bayam hijau, bayam merah dan sayur mayur lainnya. "Semua jenis sayur mayur ini ditanam di lahan seluas kurang lebih 2.500 meter persegi dengan sistem hidroponik," ujar Ali seperti dilansir beritajakarta.id (3/9/2020).

Agro Wisata Cilangkap Panen 25 Kilogram Sayur Perhari

Ia menambahkan, untuk pemasaran hasil panen tersebut pihaknya menjalin kerja sama dengan pihak swasta, sehingga sayur mayur yang kita panen ini bisa dijual ke supermarket setiap hari juga. "Uang hasil penjualan sayur mayur ini masuk ke khas daerah," tandasnya.

[Baca Juga: Kebun Bibit Agro Wisata Cilangkap Penen 450 Kilogram Melon]

Selain produktif menghasilkan sayur, Kebon Bibit Agrowisata Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur, memberikan kesempatan warga Ibukota untuk mendapatkan tanaman gratis. Kebijakan ini diterapkan guna mendukung program penghijauan yang digalakkan Pemprov DKI Jakarta.

Ali Nurdin mengatakan, warga yang menginginkan tanaman gratis bisa mendatangi langsung ke Kebon Bibit Agrowisata, Jalan Raya Cilangkap nomor 45 Cipayung, Jakarta Timur. Ada tiga jenis tanaman gratis bagi warga, yakni tanaman produktif, hias dan tanaman obat keluarga (Toga). "Kalau hanya ingin dua pohon, masyarakat bisa datang langsung ke Agrowisata Cilangkap dengan membawa KTP dan KK DKI," Ali menjelaskan.

Kemudian untuk jumlah 2-10 pohon, masyarakat datang ke Kebon Bibit Ragunan, Jakrta an. Jika jumlahnya di atas 10 pohon maka terlebih dulu bersurat ke Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan, dengan tembusan ke UPT Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman Dinas KPKP DKI.

Kenapa harus ke dinas, karena ini sifatnya teknis. Masyarakat atau pengurus RW bisa saja minta 200 pohon dan dikabulkan. Namun petugas harus cek lapangan, untuk mengetahui kebutuhan yang sebenarnya. Karena bisa saja jumlahnya bisa diminimalisir. Karena dalam beberapa tahun terakhir permintaan masih minim, Ali pun mengimbau bagi warga yang membutuhkan tanaman dapat langsung mendatangi kebon bibit.

Read More

Artikel Lainnya

Pelepasan Perdana! UGM Gelar Peresmian Pengiriman Ribuan GeNose C19t.jpg

Pendidikan

Pelepasan Perdana! UGM Gelar Peresmian Pengiriman Ribuan GeNose C19

01 March 2021, 19:25

UGM secara resmi melepaskan ribuan GeNose C19 ke distributor untuk mulai dijual ke berbagai layanan kesehatan, institusi pendidikan hingga perusahaan.

Sebelum Terlalu Berharap, Ini 4 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Vaksin Mandiri

Kesehatan

Sebelum Terlalu Berharap, Ini 4 Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Vaksin Mandiri

01 March 2021, 18:15

Pendanaan vaksinasi mandiri dibebankan kepada perusahaan sehingga semua penerima vaksinasi tidak dipungut biaya. Program ini diharapkan mempercepat terbentuknya kekebalan komunitas.

Wisata Kuliner Kota Malang Belum Lengkap Tanpa Sate Gebug 1920

Kuliner

Wisata Kuliner Kota Malang Belum Lengkap Tanpa Sate Gebug 1920

01 March 2021, 16:16

Saat memasuki warung sate legendaris ini, terdengar suara orang sedang menggebuk-gebuk sesuatu. Suara itu akan terdengar jelas saat Anda memasuki warung.

ASN, Pedagang Hingga Wartawan di Kota Bogor Siap Divaksin

Kesehatan

ASN, Pedagang Hingga Wartawan di Kota Bogor Siap Divaksin

01 March 2021, 15:17

Khusus untuk lansia kata Retno, masih diprioritaskan di ibu kota provinsi. Sementara, Kota Bogor belum mendapat alokasi vaksin.


Comments


Please Login to leave a comment.