plalanganOK.jpg

Hobi dan Hiburan

Agro Wisata Plalangan, Spot Wisata Edukasi Baru untuk Warga Semarang

Kabar gembira untuk warga kota Semarang, tahun 2022 mendatang akan dibuka destinasi wisata baru dengan konsep smart edutourism bernama Agro Wisata Plalangan. Pembangunan wisata edukasi ini juga menjadi salah satu upaya Pemkot Semarang untuk memaksimalkan pemanfaatan area hijau yang digunakan sebagai daya tarik wisatawan. Sesuai dengan instruksi Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi bahwa 44,2 % lahan hijau harus dipertahankan dengan konsep pengembangan.

Selain untuk memanfaatkan lahan hijau, pembangunan Agro Wisata Plalangan juga mendorong adanya inovasi dengan penerapan teknologi untuk menarik pengunjung. Agro Edu Wisata Plalangan yang terletak di Kelurahan Plalangan, Kecamatan Gunungpati ini memanfaatkan aset dari Dinas Pertanian Kota Semarang seluas 10 hektare dan diperkirakan akan menjadi daya tarik wisata baru di kota Semarang.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi berharap dengan dikembangkannya Agro Edu Wisata Plalangan dapat meningkatkan kondisi ekonomi masyarakat yang berada di sekitar lokasi wisata. Hendi mengungkapkan bahwa nantinya Agro Wisata Plalangan akan mulai diuji cobakan pada tahun 2022 mendatang. “Untuk di tahun 2021 ini sendiri masih pengerjaan tahap I, meski begitu nanti di tahun 2022 kita coba dioperasikan dulu, sehingga petani binaan Dinas Pertanian di sekitar sudah bisa langsung mulai merasakan manfaatnya,” ujarnya.

Agro Wisata Plalangan mentargetkan para petani binaan Dinas Pertanian Kota Semarang untuk meningkatkan keuntungannya melalui inovasi yang akan dikembangkan di wisata edukasi ini, mengingat selama ini para petani binaan masih melakukan jual beli dengan cara konvensional. “Targetnya petani binaan bisa langsung menjual dengan metode petik buah langsung, atau melalui paket edukasi pertanian untuk wisatawan,” harap Hendi sapaan akrab sang Walikota dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (5/11/21).

plalanganOK2.jpg

Hernowo Budi Luhur selaku Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang mengatakan jika paket edukasi petik buah langsung tersebut dipastikan akan menjadi daya tarik tersendiri di Argo Wisata Plalangan. Berbagai macam jenis buah dapat dipetik langsung oleh pengunjung diantaranya buah durian, jeruk, dan jambu kristal. Khusus bagi pecita durian, di lokasi wisata edukasi ini terdapat beragam durian lokal unggulan kota Semarang antara lain durian Malika, durian Kholil, durian Mutiara Hebat, dan durian Doyong.

Saat ini pembangunan Agro Edu Wisata Plalangan masih dalam tahap I tapi telah mencapai 70%. Targetnya pada akhir tahun 2021 atau bulan Desember mendatang pengerjaannya akan rampung. Nantinya tempat wisata ini akan memanfaatkan perangkat edukasi dalam pengelolaannya. “Konsepnya di Agro Edu Wisata Plalangan kita memanfaatkan berbagai perangkat untuk edukasi, seperti digital wall, juga robot binatang sapi, juga robot tanaman untuk media pembelajaran pengunjung,” tandas Hernowo.


Read More

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.