plalanganOK.jpg

Hobi dan Hiburan

Agro Wisata Plalangan, Spot Wisata Edukasi Baru untuk Warga Semarang

Kabar gembira untuk warga kota Semarang, tahun 2022 mendatang akan dibuka destinasi wisata baru dengan konsep smart edutourism bernama Agro Wisata Plalangan. Pembangunan wisata edukasi ini juga menjadi salah satu upaya Pemkot Semarang untuk memaksimalkan pemanfaatan area hijau yang digunakan sebagai daya tarik wisatawan. Sesuai dengan instruksi Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi bahwa 44,2 % lahan hijau harus dipertahankan dengan konsep pengembangan.

Selain untuk memanfaatkan lahan hijau, pembangunan Agro Wisata Plalangan juga mendorong adanya inovasi dengan penerapan teknologi untuk menarik pengunjung. Agro Edu Wisata Plalangan yang terletak di Kelurahan Plalangan, Kecamatan Gunungpati ini memanfaatkan aset dari Dinas Pertanian Kota Semarang seluas 10 hektare dan diperkirakan akan menjadi daya tarik wisata baru di kota Semarang.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi berharap dengan dikembangkannya Agro Edu Wisata Plalangan dapat meningkatkan kondisi ekonomi masyarakat yang berada di sekitar lokasi wisata. Hendi mengungkapkan bahwa nantinya Agro Wisata Plalangan akan mulai diuji cobakan pada tahun 2022 mendatang. “Untuk di tahun 2021 ini sendiri masih pengerjaan tahap I, meski begitu nanti di tahun 2022 kita coba dioperasikan dulu, sehingga petani binaan Dinas Pertanian di sekitar sudah bisa langsung mulai merasakan manfaatnya,” ujarnya.

Agro Wisata Plalangan mentargetkan para petani binaan Dinas Pertanian Kota Semarang untuk meningkatkan keuntungannya melalui inovasi yang akan dikembangkan di wisata edukasi ini, mengingat selama ini para petani binaan masih melakukan jual beli dengan cara konvensional. “Targetnya petani binaan bisa langsung menjual dengan metode petik buah langsung, atau melalui paket edukasi pertanian untuk wisatawan,” harap Hendi sapaan akrab sang Walikota dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (5/11/21).

plalanganOK2.jpg

Hernowo Budi Luhur selaku Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang mengatakan jika paket edukasi petik buah langsung tersebut dipastikan akan menjadi daya tarik tersendiri di Argo Wisata Plalangan. Berbagai macam jenis buah dapat dipetik langsung oleh pengunjung diantaranya buah durian, jeruk, dan jambu kristal. Khusus bagi pecita durian, di lokasi wisata edukasi ini terdapat beragam durian lokal unggulan kota Semarang antara lain durian Malika, durian Kholil, durian Mutiara Hebat, dan durian Doyong.

Saat ini pembangunan Agro Edu Wisata Plalangan masih dalam tahap I tapi telah mencapai 70%. Targetnya pada akhir tahun 2021 atau bulan Desember mendatang pengerjaannya akan rampung. Nantinya tempat wisata ini akan memanfaatkan perangkat edukasi dalam pengelolaannya. “Konsepnya di Agro Edu Wisata Plalangan kita memanfaatkan berbagai perangkat untuk edukasi, seperti digital wall, juga robot binatang sapi, juga robot tanaman untuk media pembelajaran pengunjung,” tandas Hernowo.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.