Vape.jpg

Kesehatan

Ahli Toksikologi Sebut Keunggulan Produk Tembakau Alternatif

Salah satu kandungan asap rokok bersifat toksik atau racun. Seperti yang disampaikan Dosen Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Ahli Toksikologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (Unair), Shoim Hidayat.

"Asap rokok mengandung lebih dari 7.000 bahan kimia yang di antaranya bersifat toksik. Jadi yang menyebabkan sakit itu karena di dalam asap rokok ada bahan-bahan kimia yang bersifat toksik," kata Shoim di Surabaya, Selasa (23/11/2021).

Dalam asap rokok juga terdapat 75 zat yang diketahui dapat berpotensi menyebabkan kanker. Bahan kimia penyebab kanker tersebut disebut sebagai karsinogen. Di antaranya ialah karbon monoksida, benzena, amonia, hingga arsenik.

Berhenti Merokok Jadi Resolusi Tahun Baru Begini Caranya

Ada juga yang mengatakan, di dalam rokok terdapat bahan nikotin. Namun menurut Shoim, masyarakat selama ini keliru mengenai nikotin.

"Zat ini dianggap sebagai biang keladi berbagai penyakit yang diakibatkan dari merokok. Nikotin hanya memberikan efek menyenangkan saat menghisap rokok. Adapun dampak negatifnya, hanya menyebabkan ketergantungan (adiksi). Padahal kandungan berbahaya pada rokok itu ada dalam TAR," ujarnya.

Ia menjelaskan, bagi perokok dewasa tetap bisa mendapatkan asupan nikotin tanpa harus terpapar zat-zat berbahaya secara masif. Yakni dengan produk tembakau alternatif. Seperti produk tembakau yang dipanaskan dan rokok elektrik atau yang biasa disebut vape.

[Baca Juga: Dana Bagi Hasil Cukai Rokok Dukung Pemulihan Ekonomi Warga Kudus]

"Kedua produk ini menerapkan konsep pengurangan risiko, karena penggunaannya dengan cara dipanaskan pada suhu di bawah 4.000c, bukan dibakar seperti rokok. Hasil dari penggunaannya pun berupa uap (aerosol). Dengan cara kerja tersebut, produk tembakau alternatif meminimalkan paparan terhadap zat beracun hingga 80-95 persen dibandingkan dengan rokok," jelasnya.

Produk tembakau alternatif atau vape menjadi solusi dalam membantu perokok dewasa, untuk berhenti merokok secara bertahap. Produk tembakau alternatif telah dikedepankan sebagai solusi atas permasalahan rokok di sejumlah negara. Seperti Inggris, Jepang dan Selandia Baru.

"Kalau melihat produk tembakau yang dipanaskan dan rokok elektrik, tidak ditemukan TAR, tapi nikotin tetap ada karena itu penting dibutuhkan oleh perokok untuk beralih," pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.