Ajak Buah Hati Berliterasi Saat Libur Sekolah

Pendidikan

Ajak Buah Hati Berliterasi Saat Libur Sekolah

Berliterasi yang sebenarnya adalah olah rasa, olah cipta dan olah raga ini merupakan realisasi dari apa yang dirasa, dilihat, didengar, dan dilakukan. Realita yang ada, anak zaman sekarang yang terkenal dengan abad 21 memiliki kecepatan yang luar biasa mengopreasikan IT. Namun, tidak banyak dari mereka yang mampu membaca dan menulis cepat.

Padahal ada beberapa manfaat menulis yang didapat diantaranya adalah melatih menyampaikan pesan, melatih konsentrasi, melatih kemampuan membaca, membuat anak kreatif dan melatih kesabaran dan ketelatenan.

Dari paparan itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan orangtua saat liburan untuk meningkatkan literasi buah hatinya. Dikutip dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud (8/5/2019), berikut diantaranya.

  • Mengajak ke Perpustakaan Daerah

Adanya otonomi daerah tentunya berpengaruh positif bagi warga negera, terutama keikutsertaannya meningkatkan kecerdasan bangsa. Berbagai taman baca mulai bermunculan, demikian juga perpustakaan daerah (Perpusda). Sehingga akses literasi makin mudah bagi warga di berbagai daerah.

[Baca Juga: Lebaran dan Liburan Seru di Jakarta Fair Kemayoran]

  • Membelikan dan Membaca Buku Bacaan yang Ringan Sesuai Usia

Saat ini toko-toko buku baik yang langsung atau secara online bertaburan dimana-mana. Orang tua akan bisa secara mudah untuk mendapatkan buku bacaan sesuai anaknya. Tinggal order dan transfer biaya maka buku yang kita inginkan akan datang  tanpa kita harus bersusah payah mendapatkannya.

  • Mengajak Anak Mencatat Semua Kegiatan Di saat Libur Sekolah

Mencatat apa yang dirasa, dilihat, didengar hingga yang dilakukan adalah hal positif untuk mencegah kelupaan. Bahkan dengan tercatatnya sebuah kegiatan membuat seseorang akan memperoleh pengalaman baik apa yang harus dilakukan maupun apa yang harus ditinggalkan.

  • Mengajak Anak Silahturahmi ke Pegiat Literasi Terdekat

Berkunjung  ke seorang pegiat literasi bukanlah satu-satunya cara untuk menumbuhkan motivasi berliterasi pada anak. Namun, berkunjung dan bertemu langsung dengan sosok pegiat literasi adalah salah satu pembuktian kepada anak bahwa literasi adalah di antara cara berdakwah dan pewaris keilmuwan yang mudah. Hal ini dikarenakan kegiatan literasi bisa dilakukan di mana saja dan tanpa harus keluar rumah.

[Baca Juga: Wisata Ancol Tawarkan Berbagai Keseruan di Libur Lebaran]

  • Mengkikutsertakan Anak di Acara Bertajuk Peningkatan Motivasi Berliterasi

Musim libur tak jarang digunakan  pegiat literasi untuk menumbuhkan semangat literasinya. Dan di antara cara menumbuhkan semangat tersebut adalah dengan mengadakan kegiatan yang mampu memotivasi orang lain untuk berliterasi. Di sinilah kesempatan bagi orang tua untuk mengikut sertakan anaknya untuk bertemu sekaligus mendapatkan ilmu dari pakar literasi.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan para orangtua untuk meningkatkan literasi buah hati saat libur sekolah. Tentunya dengan meningkatkan literasi, anak akan melatih dirinya untuk mampu membaca dan menulis lebih cepat.

Read More

Artikel Lainnya

Meningkatkan Hormon Serotonin Mampu Mencegah Depresi

Kesehatan

Meningkatkan Hormon Serotonin Mampu Mencegah Depresi

19 August 2019, 23:00  |  2 Views

Tubuh manusia memiliki komponen ajaib yang dirancang untuk menghadapi tantangan dalam beraktivitas. Serotonin ialah hormon yang dapat diandalkan untuk mencegah depresi.

Pelaku Industri Diharapkan Terlibat Aktif Dalam Pendidikan Vokasi

Pendidikan

Pelaku Industri Diharapkan Terlibat Aktif Dalam Pendidikan Vokasi

19 August 2019, 22:00  |  1 Views

Kementerian Perindustrian terus mendorong pelaku industri untuk terlibat aktif dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan vokasi.

Kiat Memilih Toner Sesuai 4 Jenis Kulit

Kecantikan dan Fashion

Kiat Memilih Toner Sesuai 4 Jenis Kulit

19 August 2019, 21:00  |  5 Views

Toner memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan kulit Anda, namun sebelum menggunakannya coba perhatikan kiat memilih toner sesuai jenis kulit.

Kendalikan Polusi Udara Jakarta, Pemprov DKI Tanam Bougenville

Berita Kawasan

Kendalikan Polusi Udara Jakarta, Pemprov DKI Tanam Bougenville

19 August 2019, 20:00  |  4 Views

Pemprov DKI memutuskan untuk menanam bougenville di sejumlah titik Jakarta Pusat demi mengendalikan polusi udara Ibu Kota.


Comments


Please Login to leave a comment.