ppd 2021.png

Berita Kawasan

Ajang PPD 2021, Jabar Raih Predikat Terbaik Kedua Nasional

Dalam ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian PPN/Bappenas pada 05 Mei lalu, Provinsi Jawa Barat meraih predikat terbaik kedua nasional. Kategori yang dinilai adalah perencanaan dan pencapaian pembangunan. Jawa Barat dianggap sukses dalam menyiapkan perencanaan berkualitas dalam membangun daerah menjadi lebih baik. Peringkat pertama diduduki oleh Sumatera Barat dan disusul oleh Bengkulu di peringkat ketiga.

ppd 2021 2.png

Dari segi pencapaian, Kementerian PPN/Bappenas menilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jawa Barat semakin membaik dengan didukung oleh kebijakan akses pendidikan untuk semua dan kebijakan desentralisasi layanan kesehatan. Untuk segi perencanaan, Jawa Barat dianggap dapat menginisiasi prioritas daerah khusus pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dalam penanganan COVID-19 yang didukung oleh aplikasi e-planning Sistem Perencanaan dan Penganggaran yang Terintegrasi antara Pemerintah Daerah Provinsi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten / Kota se-Jawa Barat dan Pemerintah Pusat (Si Rampak Sekar) sebagai wadah aspirasi masyarakat.

Tak hanya tahun ini, sejak PPD digelar oleh Pemerintah Pusat tahun 2013 lalu Jabar selalu berprestasi. PPD 2013, Jabar menduduki peringkat pertama, PPD 2014 Jabar berada di peringkat kedua, PPD 2015 Jabar peringkat ketiga, PPD 2016 Jabar kembali naik ke peringkat kedua. Dan tahun 2021 Jabar berada di posisi bertahan yakni kedua terbaik nasional. Menurut Ferry Sofwan, Kepala Bappeda Jabar pada laman pikobar.jabarprov.co.id mengatakan bahwa penghargaan PPD membuat Jabar konsisten dalam merencanakan pembangunan yang baik.

ppd 2021 1.png

"Penghargaan PPD 2021 melecut kami untuk bisa konsisten dalam merencanakan pembangunan dengan baik," terang Ferry Sofwan seperi dilansir pikobar.jabarprov.go.id (09/05/21).

Ferry juga mengapresiasi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan seluruh perangkat daerah yang suah memberikan kinerja terbaik dalam perencanaan pembangunan Jawa Barat. "Harapan kami bukan sekadar mendapatkan penghargaan, tetapi kembali ke tujuan semula bahwa PPD yang disusun harus benar-benar mendorong pembangunan di Jabar," tambah Ferry. Menurut Ferry, PPD dapat memotivasi Pemerintah Daerah dalam menyusun dokumen perencanaan yang konsisten, komprehensif, terukur dan dapat dilaksanakan. Juga dapat mendorong sinkronisasi, integrasi, dan sinergi antara perencanaan pusat dan perencanaan daerah.

Selain itu, PPD juga dapat memotivasi Pemerintah Daerah untuk berinovasi dalam perencanaan dan pembangunan yang lebih efektif dan efisien dalam mencapai target pembangunan.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.