Ajukan Jumlah Target Vaksin COVID-19, Wali Kota Bekasi Surati Kang Emil.jpg

Kesehatan

Ajukan Jumlah Target Vaksin COVID-19, Wali Kota Bekasi Surati Kang Emil

Pada awal Oktober 2020, Presiden Joko Widodo sudah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi COVID-19. Merespons hal ini, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengirimkan surat resmi ke Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terkait berapa target warga Bekasi yang akan mendapatkan vaksin COVID-19 dalam tahap ini.

Surat dengan nomor 440/6359/Dinkes itu ditandatangani Rahmat Effendi pada 14 Oktober dengan keterangan Segera dengan perihal Sasaran Vaksinasi COVID-19 Kota Bekasi. Di mana dalam surat itu dipaparkan jumlah penduduk Kota Bekasi yang berdasarkan Data Konsolidasi Bersih atau DKB Semester 1 Tahun 2020. Di situ ditulis bahwa jumlah total penduduknya ada 2.458.623 jiwa dan untuk yang rentang usia 18-59 tahun ada 1.551.645 jiwa.

Ajukan Jumlah Target Vaksin COVID-19, Wali Kota Bekasi Surati Kang Emil .jpg

Dari jumlah total tersebut, Wali Kota Bekasi tersebut sudah menetapkan berapa jumlah target warganya yang akan menerima vaksin COVID-19. Setidaknya akan ada sekitar 480.000 jiwa yang menjadi sasaran vaksinasi di tahap awal ini. Sebagaimana dilansir dari Bekasikota.go.d (14/10/2020), bersamaan dengan dikirimkannya surat resmi ini ke Kang Emil, Pemerintah Kota Bekasi juga sudah mengirimkan surat instruksi kepada Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Camat, hingga Lurah se-Kota Bekasi terkait rencana vaksin COVID-19 ini.

“JADWAL PEMBERIAN VAKSIN COVID -19 di KOTA BEKASI Pelaksanaan pemberian Vaksinasi COVID -19 akan dimulai pada awal Tahun 2021 secara bertahap dengan mempertimbangkan kajian epidemiologi, ketersediaan COVID-19 dan sarana pendukung lainnya,” tulis Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono melalui akun Twitter resminya (14/10/2020).

[Baca Juga: Bima Arya: Pemkot Bogor Siap Gelar Uji Coba Vaksin COVID-19]

Selain jumlahnya, target individunya juga sudah ditentukan oleh Pemkot Bekasi terkait siapa saja yang akan mendapatkan vaksin di tahap awal ini. Berdasarkan keterangan Wakil Wali Kota Bekasi ada empat kelompok kriteria yang masuk dalam target vaksinasi COVID-19 tersebut.

Target pertama adalah petugas publik yang langsung bersinggungan dengan masyarakat seperti anggota TNI/Polri, petugas stasiun kereta api, petugas pemadam kebakaran, dan petugas lapangan lainnya. Target kedua adalah kelompok berisiko tinggi seperti kelompok pekerja di usia produktif dan yang berkontribusi di bidang ekonomi serta pendidikan. Kemudian penduduk yang tinggal di kawasan padat. Target ketiga adalah orang yang memiliki kontak dengan suspect dan orang yang terkonfirmasi positif COVID-19. Target terakhir adalah petugas yang bekerja di pelayanan publik.

Read More

Artikel Lainnya

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

Pendidikan

UMN Kembangkan Prototipe Aplikasi Koreksi Penulisan U-Tapis

29 October 2020, 10:55

Universitas Multimedia Nusantara mengembangkan prototipe aplikasi koreksi penulisan dalam bahasa Indonesia bernama U-Tapis.

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

Hobi dan Hiburan

Acara Luring Pertama Selama Pandemi, Galeri Nasional gelar Pameran Imersif Affandi

28 October 2020, 16:31

Melalui pameran itu, tidak hanya ketokohannya karya-karya Affandi yang luar biasa juga dapat menjadi inspirasi bagi banyak seniman.

Peringati Sumpah Pemuda, Dispora Gerakan Pemuda Bandung Bersihkan Masjid Pesantren

Berita Kawasan

Peringati Sumpah Pemuda, Dispora Bandung Ajak Bersihkan Masjid & Pesantren

28 October 2020, 14:04

Di tahun ini peringatan Sumpah Pemuda lebih diarahkan untuk menguatkan solidaritas di tengah masyarakat menghadapi pandemi COVID-19.

Jangan Lupa, Warga Bekasi Diminta Tes COVID-19 Setelah Liburan

Kesehatan

Jangan Lupa, Warga Bekasi Diminta Tes COVID-19 Setelah Liburan

28 October 2020, 11:46

Pengurus RW tegas mewajibkan warganya di Kota Bekasi untuk terlebih dahulu menjalani tes COVID-19 pascaliburan.


Comments


Please Login to leave a comment.