Akankah Tren Gaya Hidup Locavore Jadi Tren Kuliner di 2020

Kuliner

Akankah Tren Gaya Hidup Locavore jadi Tren Kuliner di 2020?

Mengkonsumsi makanan lokal atau berbahan lokal menjadi salah satu tren kuliner yang dianggap dapat memberikan efek baik bagi lingkungan, dari dari pengolahan sumber daya lokal ataupun kesejahteraan bahan-bahan makanan produksi lokal. Tren Locavore merupakan salah satu gaya hidup atau gerakan mengkonsumsi bahan makanan lokal atau cinta pangan lokal.

Tren gaya hidup ini mungkin masih terdengar asing bagi sebagian besar orang, namun seiring berjalannya waktu, gaya hidup ini sudah mulai populer dengan adanya konsep hidup sehat dengan makanan atau program diet yang mengandalkan pangan murah dan berkualitas. Sebagai produsen bahan pangan, Indonesia memiliki banyak sumber daya alam sektor pangan yang cukup melimpah. Dengan demikian produksi bahan pangan lokal seharusnya menjadi lebih populer dan banyak dipergunakan oleh masyarakat Indonesia. Melihat adanya kejanggalan pada tren konsumsi makanan impor yang terbilang hype beberapa tahun kebelakang, menurut eatthis.com, 2020 menjadi tahunnya tren Locavore.

[Baca Juga: 4 Makanan Sehat yang Diprediksi Akan Populer pada Tahun 2020]

Adapun manfaat gaya hidup Locavore adalah sebagai berikut:

1) Mendukung Program Pertanian

Sesuai dengan konsepnya, gaya hidup Locavore terbilang sangat mendukung petani beserta programnya. Dengan mengkonsumsi bahan pangan lokal, maka produksi petani pun akan semakin meningkat. Dengan kata lain, permintaan sumber daya pangan akan menjadi tinggi yang seiring akan meningkatkan profit para petani.

2) Harga Pangan Lokal Lebih Murah

Salah satu keunggulan pangan lokal tentunya pada segi harga. Jumlah produksi yang masif serta biaya ekspedisi (Distribusi) pangan ke tempat jual (Pasar/supermarket dll) yang rendah membuat bahan pangan memiliki harga yang lebih ramah jika dibandingkan dengan bahan pangan impor.

Akankah Tren Gaya Hidup Locavore Jadi Tren Kuliner di 2020

3) Bahan Pangan Anti Bahan Pengawet

Bahan pangan impor identik dengan bahan pengawet. Hal ini dikarenakan makanan impor harus bertahan lama di dalam kemasan sampai tiba di tempat negara penghasil yang dituju. Berbanding terbalik dengan bahan pangan lokal yang masih terjaga kesegaran dan kualitasnya. Bahan pangan lokal tidak memerlukan bahan pengawet untuk menjaga kualitas pangan karena proses distribusi dan penjualannya terbilang jauh lebih cepat dan mudah.

[Baca Juga: 4 Makanan Sehat yang Populer Sepanjang 2019]

Gaya hidup Locavore memang terbilang tidak mudah karena menganut konsep 100 persen menggunakan pangan lokal. Meski demikian, tren Locavore sepertinya akan semakin populer di 2020 mendatang karena banyaknya program-program diet atau makan sehat yang cenderung menggunakan bahan-bahan pangan lokal karena alasan kualitas dan kesegaran. Gaya hidup Locavore tentunya juga sangat mendukung para vegetarian dan vegan untuk konsisten menjalankan kebiasaan makan mereka.


Read More

Artikel Lainnya

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Devita 3 years, 1 month lalu
    devita

    suka main sportsbook? ? tapi takut ga dibayar sama bandar ? kuy buruan join di BOLA165,CO situs bola online terpercaya, Cukup 1 user ID Anda bisa bermain di semua game Bola165,co modal kecil/dikit, bisa jadi bukit/dapat jutaan rupiah. Bayangkan guys! ga enak dari mana ? Bola165,co dengan pasaran bola yang lengkap di dukung 3 provider sportsbook ternama Dan dapatkan promo yang menakjubkan & terbatas hanya di Bola165,co - Bonus Hadir/Absen Hingga 100k - Bonus New Member Up to 2Jt - Bonus Next Deposit Up to 1Jt - Bonus Rollingan Up to 0,8% - Bonus Cashback 5% - Bonus Turnover IDN-POKER 0,6% - Bonus Refferal 5% SEUMUR HIDUP Pelayanan cepat & aman!, Cs kami siap melayani Anda 24 jam nonstop!!! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +855973475903 | Kode Referal :KELLYBOLA Nyaman dan beruntung Bermain di Bola165,Co jadi bagian prioritas kami.!

  • Suki 3 years, 1 month lalu
    suki

    dupa88,net game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue… gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki…. gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss…