Akar Bajakah, Penyembuh Kanker dari Palangka Raya

Kesehatan

Akar Bajakah, Penyembuh Kanker dari Palangka Raya

Indonesia bangga memiliki putera-puteri bangsa yang berprestasi. Di Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) tiga pelajar SMA, diantaranya satu siswa dan dua siswi menemukan ramuan obat tradisional penyembuh penyakit kanker. Tak hanya itu berita ini pun viral baik di dunia maya dan diakui internasional. Hasil penelitian mereka terpilih memperoleh medali emas sekaligus menjadi juara dunia dalam ajang World Invention Creativity Olympic (WICO) 2019 di Soul, Korea Selatan pada akhir Juli 2019.

Akar Bajakah, Penyembuh Kanker dari Palangka Raya

Dilansir dari beberapa sumber (15/08/19), berikut rangkuman PingPoint.co.id tentang siswa-siswi SMA di Palangka Raya, Kalimantan Tengah yang menemukan penyembuh kanker. Kisah ini berawal dari ide siswa bernama Ijitra Ali Akbar saat mengikuti ekstrakurikuler di sekolah. Ketika itu para siswa diminta guru menerapkan ilmu yang telah dipelajari untuk membuat penelitian dari kearifan lokal. Ali kemudian teringat jika keluarganya selama ini memanfaatkan tumbuhan yang disebut akar bajakah untuk mengobati kanker. Di mana neneknya yang mengidap kanker payudara telah mencoba mengonsumi ramuan akar tersebut selama tiga bulan dan perlahan sembuh.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Utara Sosialisakan Penyakit Kanker Serviks]

Selanjutnya Ali mencari akar bajakah, lalu mengirimkannya ke laboratorium di Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, untuk diteliti. Hasilnya, terbukti jika akar ini memiliki banyak kandungan antioksidan yang baik untuk menyembuhkan penyakit kanker.

Karya ilmiah itu selanjutnya diselesaikan dan diikutsertakan lomba Youth National Science Fair 2019 di Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung. Hasilnya, karya ilmiah ini menang dan mendapat medali emas. Karya tulis ini selanjutnya direkomendasikan untuk mengikuti ajang tingkat dunia yakni WICO 2019.

Menurut Ali, dia tidak diizinkan untuk ikut lomba di Korea Selatan. Namun, karena ada dua temannya Aurealya Maharani dan Anggina Rafit yang ikut ke sana untuk eksplorasi penelitian ilmiah akar bajakah ini sebagai penyembuh kanker, maka ia diizinkan. Dan hasilnya, mereka berhasil meraih medali emas,” katanya.

[Baca Juga: Komunitas Taufan, Penggerak Relawan untuk Anak Penderita Kanker]

Hasil penelitian ini menyisikan 22 karya dari perwakilan negara-negara lainnya. Keberhasilan para siswa-siswi ini pun mendapat apresiasi masyarakat Indonesia. Bahkan saat ini, banyak yang mulai mencari keberadaan akar bajakah untuk penyembuhan kanker.

Bagi Anda penderita penyakit kanker, mungkin Anda bisa mencoba akar bajakah. Tentunya tetap dengan pengobatan medis dari dokter. Akar bajakah ini sendiri baru tahap penelitian dan uji coba pada mencit. Untuk dapat dikatakan obat, perlu dilakukan uji klinis bertahun-tahun dan dipatenkan untuk kemudian dikonsumsi sebagai obat untuk penyembuhan kanker.


Read More

Artikel Lainnya

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan.jpg

Bisnis

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan

08 August 2022, 11:12

: Dalam upaya membantu pemasaran produk wirausaha di wilayahnya, Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini mengikutsertakan produk Jakpreneur di event Pujafest 2022 di Candi Prambanan.

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran Hingga 9 Agustus 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran

05 August 2022, 17:28

Pameran sekaligus kompetisi filateli tingkat internasional saat ini tengah digelar di Jiexpo Kemayoran dan bisa Anda kunjungi tanpa biaya sepeser pun.


Comments


Please Login to leave a comment.