Akar Bajakah, Penyembuh Kanker dari Palangka Raya

Kesehatan

Akar Bajakah, Penyembuh Kanker dari Palangka Raya

Indonesia bangga memiliki putera-puteri bangsa yang berprestasi. Di Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) tiga pelajar SMA, diantaranya satu siswa dan dua siswi menemukan ramuan obat tradisional penyembuh penyakit kanker. Tak hanya itu berita ini pun viral baik di dunia maya dan diakui internasional. Hasil penelitian mereka terpilih memperoleh medali emas sekaligus menjadi juara dunia dalam ajang World Invention Creativity Olympic (WICO) 2019 di Soul, Korea Selatan pada akhir Juli 2019.

Akar Bajakah, Penyembuh Kanker dari Palangka Raya

Dilansir dari beberapa sumber (15/08/19), berikut rangkuman PingPoint.co.id tentang siswa-siswi SMA di Palangka Raya, Kalimantan Tengah yang menemukan penyembuh kanker. Kisah ini berawal dari ide siswa bernama Ijitra Ali Akbar saat mengikuti ekstrakurikuler di sekolah. Ketika itu para siswa diminta guru menerapkan ilmu yang telah dipelajari untuk membuat penelitian dari kearifan lokal. Ali kemudian teringat jika keluarganya selama ini memanfaatkan tumbuhan yang disebut akar bajakah untuk mengobati kanker. Di mana neneknya yang mengidap kanker payudara telah mencoba mengonsumi ramuan akar tersebut selama tiga bulan dan perlahan sembuh.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Utara Sosialisakan Penyakit Kanker Serviks]

Selanjutnya Ali mencari akar bajakah, lalu mengirimkannya ke laboratorium di Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, untuk diteliti. Hasilnya, terbukti jika akar ini memiliki banyak kandungan antioksidan yang baik untuk menyembuhkan penyakit kanker.

Karya ilmiah itu selanjutnya diselesaikan dan diikutsertakan lomba Youth National Science Fair 2019 di Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung. Hasilnya, karya ilmiah ini menang dan mendapat medali emas. Karya tulis ini selanjutnya direkomendasikan untuk mengikuti ajang tingkat dunia yakni WICO 2019.

Menurut Ali, dia tidak diizinkan untuk ikut lomba di Korea Selatan. Namun, karena ada dua temannya Aurealya Maharani dan Anggina Rafit yang ikut ke sana untuk eksplorasi penelitian ilmiah akar bajakah ini sebagai penyembuh kanker, maka ia diizinkan. Dan hasilnya, mereka berhasil meraih medali emas,” katanya.

[Baca Juga: Komunitas Taufan, Penggerak Relawan untuk Anak Penderita Kanker]

Hasil penelitian ini menyisikan 22 karya dari perwakilan negara-negara lainnya. Keberhasilan para siswa-siswi ini pun mendapat apresiasi masyarakat Indonesia. Bahkan saat ini, banyak yang mulai mencari keberadaan akar bajakah untuk penyembuhan kanker.

Bagi Anda penderita penyakit kanker, mungkin Anda bisa mencoba akar bajakah. Tentunya tetap dengan pengobatan medis dari dokter. Akar bajakah ini sendiri baru tahap penelitian dan uji coba pada mencit. Untuk dapat dikatakan obat, perlu dilakukan uji klinis bertahun-tahun dan dipatenkan untuk kemudian dikonsumsi sebagai obat untuk penyembuhan kanker.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.