Akhir Januari Diterapkan E-TLE Kendaraan Roda Dua di Sudirman-Thamrin

Berita Kawasan

Akhir Januari Diterapkan E-TLE Kendaraan Roda Dua di Sudirman-Thamrin

Bagi pengendara motor yang sering melintas di Jalan Sudirman-Thamrin kini harus benar-benar memperhatikan rambu lalu lintas. Pasalnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sedang menyiapkan peraturan baru terkait Electronic Traffic Law Enforcement (ELTE) atau tilang elektronik.

Jika sebelumnya E-TLE di kawasan Sudirman-Thamrin hanya menyasar kendaraan roda empat, nantinya sistem E-TLE juga akan berlaku bagi para pengendara motor. Rencananya peraturan tersebut akan diberlakukan mulai akhir Januari 2020.

[Baca Juga: Sudah Berlaku, Kenali E-Tilang Lebih Dalam]

"Bila sebelumnya hanya mobil, sekarang semua kendaraan bisa kami tindak jika melakukan pelanggaran," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf dalam keterangan tertulis yang diterima PingPoint.co.id (16/1/2020).

Yusuf menjelaskan penerapan kebijakan itu dilakukan untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas oleh pengendara sepeda motor. Sebab, menurut data yang dimiilik pihak kepolisian, hampir 70 persen pelanggaran lalu lintas di Jakarta dilakukan oleh pengendara sepeda motor.

Akhir Januari Diterapkan E-TLE Kendaraan Roda Dua di Sudirman-Thamrin

Maka dari itu, untuk menunjang kebijakan tersebut, Ditlantas Polda Metro Jaya pun akan melakukan penyesuaian kamera jalan. Menurut Yusuf, pihaknya telah melakukan uji coba dengan merekam tangkapan layar sepeda motor yang melakukan pelanggaran. Melalui kamera yang dipasang di kawasan Sudirman-Thamrin, Polisi mendapati ada sebanyak 80 persen dari 100 sepeda motor yang melakukan pelanggaran.

Saat ini Polda Metro Jaya terus mempersiapkan sarana untuk menjalankan kebijakan itu. Termasuk memasang kamera mulai dari tiang dan koneksi dengan command centre yang berada di Polda Metro Jaya.

Pelanggaran Lalu-lintas Terus Meningkat Tiap Tahun

Seperti diketahui sebelumnya, penerapan kebijakan ini dilakukan untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas. Bahkan untuk tahun 2019 saja, ada sebanyak117.895 kendaraan baik roda empat maupun roda dua dikenai sanksi tilang karena melanggar aturan lalu lintas di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

[Baca Juga: Dukung Penghijauan, Polda Metro Jaya Tanam 1.400 Pohon di Ibu Kota]

Menurut Kasubdit Bingakum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun 2018 yakni sebanyak 110.058 kendaraan yang terkena tilang dengan persentase kenaikan sebesar 7 persen.

Dari jumlah itu, tercatat bahwa pengendara sepeda motor yang paling banyak melakukan pelanggaran lalu lintas dengan 85.359 pelanggaran. Kebanyakan dari mereka melakukan pelanggaran dengan melawan arus.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.