Akhir Januari Diterapkan E-TLE Kendaraan Roda Dua di Sudirman-Thamrin

Berita Kawasan

Akhir Januari Diterapkan E-TLE Kendaraan Roda Dua di Sudirman-Thamrin

Bagi pengendara motor yang sering melintas di Jalan Sudirman-Thamrin kini harus benar-benar memperhatikan rambu lalu lintas. Pasalnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sedang menyiapkan peraturan baru terkait Electronic Traffic Law Enforcement (ELTE) atau tilang elektronik.

Jika sebelumnya E-TLE di kawasan Sudirman-Thamrin hanya menyasar kendaraan roda empat, nantinya sistem E-TLE juga akan berlaku bagi para pengendara motor. Rencananya peraturan tersebut akan diberlakukan mulai akhir Januari 2020.

[Baca Juga: Sudah Berlaku, Kenali E-Tilang Lebih Dalam]

"Bila sebelumnya hanya mobil, sekarang semua kendaraan bisa kami tindak jika melakukan pelanggaran," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf dalam keterangan tertulis yang diterima PingPoint.co.id (16/1/2020).

Yusuf menjelaskan penerapan kebijakan itu dilakukan untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas oleh pengendara sepeda motor. Sebab, menurut data yang dimiilik pihak kepolisian, hampir 70 persen pelanggaran lalu lintas di Jakarta dilakukan oleh pengendara sepeda motor.

Akhir Januari Diterapkan E-TLE Kendaraan Roda Dua di Sudirman-Thamrin

Maka dari itu, untuk menunjang kebijakan tersebut, Ditlantas Polda Metro Jaya pun akan melakukan penyesuaian kamera jalan. Menurut Yusuf, pihaknya telah melakukan uji coba dengan merekam tangkapan layar sepeda motor yang melakukan pelanggaran. Melalui kamera yang dipasang di kawasan Sudirman-Thamrin, Polisi mendapati ada sebanyak 80 persen dari 100 sepeda motor yang melakukan pelanggaran.

Saat ini Polda Metro Jaya terus mempersiapkan sarana untuk menjalankan kebijakan itu. Termasuk memasang kamera mulai dari tiang dan koneksi dengan command centre yang berada di Polda Metro Jaya.

Pelanggaran Lalu-lintas Terus Meningkat Tiap Tahun

Seperti diketahui sebelumnya, penerapan kebijakan ini dilakukan untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas. Bahkan untuk tahun 2019 saja, ada sebanyak117.895 kendaraan baik roda empat maupun roda dua dikenai sanksi tilang karena melanggar aturan lalu lintas di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

[Baca Juga: Dukung Penghijauan, Polda Metro Jaya Tanam 1.400 Pohon di Ibu Kota]

Menurut Kasubdit Bingakum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun 2018 yakni sebanyak 110.058 kendaraan yang terkena tilang dengan persentase kenaikan sebesar 7 persen.

Dari jumlah itu, tercatat bahwa pengendara sepeda motor yang paling banyak melakukan pelanggaran lalu lintas dengan 85.359 pelanggaran. Kebanyakan dari mereka melakukan pelanggaran dengan melawan arus.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis Princess Cruises Gelar Ko mpetisi Daring.jpg

Hobi dan Hiburan

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis? Princess Cruises Gelar Kompetisi Daring

30 June 2022, 15:13

Dalam momen peluncuran program liburan di atas kapal pesir ke Tasmania, Princess Cruises menggelar kompetisi daring untuk mendapatkan tiket berlayar gratis selama delapan hari di Australia.


Comments


Please Login to leave a comment.