Akhir Oktober 2019, LRT Cawang-Cibubur Mulai Beroperasi

Berita Kawasan

Akhir Oktober 2019, LRT Cawang-Cibubur Mulai Beroperasi

Pembangunan proyek Light Rail Transit (LRT) tahap 1 untuk lintas layanan Cawang-Cibubur telah mendekati penyelesaian. Saat ini perkembangan proyek LRT khusus untuk jalur Cawang-Cibubur telah mencapai 85 persen. Bahkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno telah memastikan proyek LRT tahap 1 untuk lintas layanan Cawang-Cibubur bisa beroperasi pada Oktober 2019.

"Saya ke sini untuk memastikan proyek LRT Lintas Cawang-Cibubur berjalan on track, dan kita targetkan beroperasi komersil di akhir Oktober. Sebelum beroperasi, tentunya ada tahapan pengetesan dan simulasi untuk mengecek betul kesiapannya baik jalur, listrik dan lain-lain," ungkap Rini, saat meninjau langsung temporary pitstop LRT di Stasiun Harjamukti, pada 23 Agustus 2019.

Akhir Oktober 2019, LRT Cawang-Cibubur Mulai Beroperasi

Kementerian BUMN selanjutnya akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan terkait sertifikasi dan izin untuk mendukung pengoperasian LRT secara komersil. "Nantinya satu kereta LRT itu membawa 6 gerbong dengan kapasitas 1.200 penumpang. Keretanya sudah siap dari PT INKA (Persero). Saya optimistis bisa selesai sesuai target," imbuh Rini seperti dikutip dari rilis Kementerian BUMN yang diterima PingPoint.co.id (26/8/2019).

[Baca Juga: Pemkot Bogor Terus Kaji Persiapan Proyek LRT]

“Kita optimis pembangunan tahap 1 berjalan on track. Saat ini, pekerjaan yang sedang dilakukan di lintasan meliputi proses pemasangan longspan, pemasangan trackwork atau jalur rel, pembangunan stasiun di tiga lintas pelayanan dan pembangunan temporary pitstop di akhir lintas pelayanan I" kata Direktur Utama Adhi Karya Budi Harto.

LRT Jabodebek tahap 1 terdiri dari tiga lintas layanan yaitu, Lintas Cawang-Cibubur dan Lintas Cawang-Kuningan-Dukuh Atas dan Lintas Cawang-Bekasi Timur. Hingga kini secara keseluruhan pembangunan prasarana LRT Jabodebek tahap I telah mencapai 64,4 persen. “Keunggulan proyek LRT Jabodebek ini yaitu penggunaan U-shape girder yang merupakan gelagar berbentuk U yang pertama digunakan di Indonesia. U-shape girder memiliki keunikan dengan bentuk tipis dan ramping, serta memiliki kelebihan tahan gempa dan mampu mengurangi bunyi kebisingan kereta,” tambah Budi.

[Baca Juga: Selain LRT, Pemkot Bogor Berencana Bangun Trem]

Sedangkan longspan di ruas jalan JORR saat ini menjadi yang terpanjang di dunia yakni mencapai 90 meter, melewati longspan yang berada di Dubai dengan panjang 74 m dengan konstruksi beton. Ada beberapa titik stasiun untuk LRT Jabodebek, antara lain Stasiun Harjamukti, Stasiun Ciracas, Stasiun TMII, Stasiun Cikunir, Stasiun Bekasi Timur, Stasiun Cawang, Stasiun Kuningan hingga Stasiun Dukuh atas.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.