Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

Bagi warga di Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi terdapat budaya khas Betawi yang terus mereka pertahankan eksistensinya hingga saat ini. Budaya yang disebut sudah melekat erat di dalam tradisi warga Mustikajaya yang dimaksud di sini adalah adu bedung serta dondang yang diperkirakan sudah selama puluhan tahun terus dilakukan di sini. Bahkan untuk menunjukan kebanggaan mereka terhadap tradisi ini, Anda bisa langsung datang ke Festival Adu Bedug dan Dondang yang akan digelar pada akhir pekan ini.

Sekadar informasi, sesuai namanya, festival ini pada dasarnya terdiri dari dua tradisi yang erat dengan budaya masyarakat Betawi. Pertama adalah adu bedug yang pada praktiknya melibatkan masyarakat yang mengarak bedug sembari keliling kampung yang di mana biasanya digelar di momen usai perayaan Idulfitri. Kemudian Adu Dondang digelar untuk mempraktikan bagaimana pengantin perempuan yang memberikan seserahan makanan di wadah besar kepada pengantin laki-laki. Nah, dalam Adu Dondang akan dicari seserahan mana yang dihias paling menarik dengan banyak makanan khas Betawi di dalamnya.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar.jpg

Sebagaimana dilansir dari jakarta.tribunnews.com (14/7/2019), berdasarkan keterangan tokoh masyarakat setempat, kebiasaan adu bedug sebenarnya sudah diterapkan warga Mustika Jaya sejak tahun 1950-an ketika kecamatan ini masih dalam bentuk kampung. Jadi anak-anak kampung di sini dulunya sering mengarak bedung ke kampung-kampung lainnya sebagai hiburan mereka.

Dari sinilah lambat laun menjadi tradisi hingga menjadi kebiasaan warga Betawi setempat. Sedangkan untuk Dondang memang menjadi khas warga Betawi asli Kota Bekasi dengan dondang yang biasanya diisi makanan seperti dodol, geplak, uli, wajik, opor ayam, sayur gabus pucung, bekakak ayam, dan sayur bandeng yang diberikan pengantin wanita ke pengantin pria.

[Baca Juga: Si Hitam Keluak dalam Resep Gabus Pucung, Rawon, dan Brongkos]

Festival Adu Bedug dan Dondang Kecamatan Mustika Jaya untuk tahun ini digelar di Stadion H. Natrom Nusyamsu pada 21-22 Mei 2022. Menariknya, untuk event yang sudah menginjak ke-15 kali digelar ini, pihak penyelenggara telah mempersiapkan berbagai hiburan budaya lainnya serta booth untuk pelaku usaha UMKM menawarkan produknya bagi para pengunjung di festival budaya khas Betawi tersebut.

“Akan ada penampilan pencak silat, Penampilan wayang golek, Penampilan tari topeng khas betawi dan juga ada bazaar kuliner penggiat-penggiat UMKM di Kota Bekasi serta akan ada beberapa booth yang menyajikan produk-produk unggulan UMKM,” ungkap Camat Mustika Jaya Gutus Hernawan, sebagaimana dikutip dari Bekasikota.go.id (18/5/2022).


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.