Akhirnya Ojol di Bandung Kembali Diizinkan Angkut Penumpang .jpg

Berita Kawasan

Akhirnya Ojol di Bandung Kembali Diizinkan Angkut Penumpang

Sejak April lalu ketika Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar di wilayah Bandung Raya, driver ojek online atau ojol menjadi salah satu yang terdampak. Pasalnya, mereka tak diizinkan untuk mengangkut penumpang demi menghindari penyebaran COVID-19. Pada pekan ini, kabar baik pun datang dari Pemkot Bandung. Dengan otoritas dari Kota Kembang yang sudah memberikan 'lampu hijau' untuk para ojol kembali beraktivitas demi mengangkut penumpang.

Sebelum izin kembali beroperasi itu diberikan, para driver ojol di Kota Kembang sempat turun ke Balai Kota Pemkot Bandung pada 13 Juli 2020. Di mana ribuan driver ojol yang tergabung dalam komunitas Driver Online Jawa Bara Bersatu (DOJB) menyuarakan aspirasi mereka agar kembali diizinkan menarik penumpang di Kota Bangung. Para driver ojol juga menolak syarat protokol kesehatan dari Pemkot Bandung yang meminta mereka untuk rapid test terlebih dahulu jika memang ingin kembali mengangkut penumpang.

Berjarak sepekan setelah unjuk rasa itu, Pemkot Bandung pun akhirnya merespons aspirasi dari ribuan driver ojol itu dengan kembali mengizinkan mereka beroperasi di Kota Kembang. Demi menunjukkan apresiasi mereka atas keputusan tersebut, perwakilan DOJB pun mengunjungi Rumah Dinas Wali Kota Bandung di Pendopo Kota Bandung. Di sana mereka bertemu langsung dengan Wali Kota Bandung Oded M. Danial.

Akhirnya Ojol di Bandung Kembali Diizinkan Angkut Penumpang.jpg

Menurut perwakilan DOJB Veto Syarif, unjuk rasa yang sempat digelar pada beberapa waktu lalu memang didengar oleh pihak Pemkot Bandung serta Gugus Tugas COVID-19. “Kedatangan kami di sini tidak ubahnya anak kepada bapak, intinya silaturahmi. Alhamdulillah lewat aksi kami kemarin, pak Wali Kota menyetujui atas aktivasi penumpang,” sebutnya saat bertemu dengan Oded, sebagaimana dikutip dari jabarprov.go.id (21/7/2020).

Bertemu dengan DOJB, Oded memanfaatkannya untuk memberikan masukan kepada para driver ojol agar bisa beradaptasi di masa pandemi COVID-19 seperti ini. Hal ini bisa dilakukan dengan membuka usaha sendiri atau berwirausaha agar tak hanya mengandalkan menjadi driver ojol lagi. Apalagi dengan menjadi mitra dari perusahaan ojol, membuat para driver memiliki waktu yang fleksibel sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbisnis.

Hal ini disambut hangat oleh DOJB yang menyaankan untuk pembuatan koperasi. “Silahkan saja, lebih bagus kalau dibuatkan koperasi. Jangan sampai hanya mengandalkan tarik penumpang saja. Sekarang banyak potensi usaha yang bisa dilakukan di waktu senggang tapi menghasilkan uang. Asal bisa memegang komitmen dan konsisten,” tambah Oded.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.