Akhirnya Pemkot Depok Ikut Luncurkan Program Sekoper Cinta

Berita Kawasan

Akhirnya Pemkot Depok Ikut Luncurkan Program Sekoper Cinta

Pada Desember 2018 lalu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meluncukan program yang dinamakan Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta) di Sabuga, Bandung. Peogram ini dibuat untuk upaya Pemerintah Provinsi Jawa Bawat menekan angka perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga. Program ini merupakan wadah bagi perempuan di Jawa Barat untuk bertukar pikiran, pengetahuan, pengalaman, serta diharapkan bisa meningkatkan kualitas hidup wanita.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Barat Poppy Sophia Bakur menyebutkan, target dari peserta Sekoper Cinta merupakan perempuan dengan usia di atas 18 tahun. Menurutnya perempuan yang punya ketahanan di keluarga, mampu memanfaatkan peluan, dan baik di dalam maupun di luar lingkungan mampu membuka akses ekonomi. Sehingga angka perceraian, kekerasan dalam rumah tangga, serta anak kurang gizi diharapkan bisa menurun.

[Baca Juga: Mengintip Program Sekolah Ibu di Kota Bogor]

Program ini diluncurkan Ridwan Kamil untuk diimplementasikan di seluruh wilayah yang ada di Jawa Barat. Walaupun bertahap, menurutnya Ia akan mengawal program ini agar bisa terlaksana. Satu-persatu daerah di Jawa barat mulai meluncurkan program Sekoper Cinta sesuai arahan Gubernur.

Salah satu daerah yang baru-baru ini meluncurkan program Sekoper Cinta adalah Kota Depok. Kegiatan tersebut dilaksanakan di lokasi Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) RW 10, Kelurahan Bojong Pondok Terong (Boponter), Kecamatan Cipayung. Rencananya Pemkot Depok akan menyasar 100 warga binaan.

[Baca Juga: Vaksin Rabies Gratis, Binatang Lucu Ramaikan Kantor Wali Kota Depok]

Dilansir dari depok.go.id (20/6/2019), menurut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Sri Utomo adanya program ini sangat diharapkan mampu meningkatkan hidup perempuan. “Program ini diharapkan bisa menurunkan kasus perceraian, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), gizi buruk dan lain-lain. Selain itu, Sekoper Cinta diharapkan menjadi jembatan bagi perempuan untuk dapat meningkatkan kapasitas dirinya atas permasalahan yang dihadapi,” kata Sri.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Depok Elly Farida menyebutkan, sebelum ada program Sekoper Cinta, Pemkot Depok juga memiliki program serupa, seperti sekolah pranikah dan sekolah ayah bunda. “Sebenarnya, kami juga punya program serupa dengan Sekoper Cinta, mudah-mudahan dengan adanya program ini Kota Depok bisa semakin memberdayakan peran masyarakat di lingkungan,” ujar Elly.


Read More

Artikel Lainnya

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T Resmi Hadir di Indonesia.jpg

Bisnis

Harga Rp6 Jutaan, Xiaomi 12T 5G Resmi Hadir di Indonesia

01 December 2022, 15:55

Anggota keluarga baru di Xiaomi 12 Series pada hari ini secara resmi diboyong ke Tanah Air dengan membawa spesifikasi yang mumpuni serta kemampuan pengambilan gambar yang disebut tepat bagi para kreator konten.

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.co m.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.