4 Tempat Alternatif Belanja Baju Lebaran Selain Tanah Abang

Berita Kawasan

Akibat Corona, Pasar Tanah Abang Mulai Batasi Jam Operasional

Pasar Tanah Abang yang berada di wilayah Jakarta Pusat masih tetap buka di tengah badai Virus Corona SARS-Cov-2 yang semakin masif di Ibu Kota. Namun tidak seperti hari-hari biasanya, kini jam operasional pasar Tanah Abang dibatasi.

Jika biasanya pasar Tanah Abang buka sampai dengan pukul 16.00 WIB, kali ini salah satu pusat perdagangan terbesar di Asia Tenggara itu beroperasi mulai pukul 08.00 sampai dengan 14.00 WIB. Kebijakan tersebut pun mulai berlaku pada hari ini atau Senin, 23 Maret 2020.

[Baca Juga: Antisipasi Virus Corona, Pemkot Jakarta Utara Tinjau Pasar]

Promotion Manager Pengelola Pasar Tanah Abang Hery Supriyatna menjelaskan, pembatasan jam operasional dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi kerumunan masyarakat sesuai dengan instruksi pemerintah.

Selain jam operasional, beberapa pintu masuk di pasar Tanah Abang pun ditutup dan hanya beberapa saja yang beroperasi. Menurut Hery, dari 20 pintu masuk, hanya lima pintu yang dibuka untuk jalur keluar masuk masyarakat yang ingin berbelanja di pasar Tanah Abang.

"Ada penjual yang tutup sendiri karena takut corona. Kalau kami buka terus sampai saat ini, hanya mengurangi jam operasionalnya," kata Heri dalam keterangan tertulis yang diterima PingPoint.co.id (23/3/2020).

Warga Penjaringan Hadiri Edukasi Virus Corona

Dengan beroperasinya pasar Tanah Abang hal itu menjawab kabar yang beredar di masyarakat bahwa sejumlah pasar di Jakarta akan ditutup dalam rangka mengantisipasi penularan Virus Corona atau COVID-19.

Sementara itu, Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin mengaku tidak hanya pasar Tanah Abang saja yang masih beroperasi, seluruh pasar di bawah pengelolaan PD Pasar Jaya juga masih beroperasi dengan normal.

Arief pun mengimbau kepada para pedagang pasar di Jakarta untuk lebih sigap dan waspada dalam menjaga kesehatan saat melakukan aktivitas di pasar. Salah satunya dengan menjaga jarak aman (social distancing) satu sama lainnya minimal satu meter.

[Baca Juga: Bersama Sejumlah Artis, Polda Metro Jaya Bagikan Masker Gratis]

Selain itu, para pedagang juga diminta untuk menjaga kebersihan kios masing-masing dan selalu melindungi kesehatan diri dengan menggunakan masker, sarung tangan, serta sesering mungkin cuci tangan menggunakan sabun anti bakteri/virus.

Untuk diketahui sebelumnya muncul keluhan dari masyarakat mengenai sejumlah pasar di Jakarta yang tutup akibat mewabahnya virus corona SARS-CoV-2. Beberapa diantaranya adalah Pasar Warung Buncit, Jakarta Selatan dan Pasar Induk Kramat Jati.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.