Sebelum Donor Darah, Ketahui Dulu Beberapa Syarat Ini

Kesehatan

Akibat COVID-19, PMI Kota Medan Krisis Stok Darah

Kota Medan merupakan satu dari tiga daerah dengan status zona merah. Di samping itu, Kota Medan memiliki jumlah kasus paling banyak di Sumatra Utara. Hingga Selasa (7/4/2020), dikutip dari laman covid-19.pemkomedan.go.id, tercatat kembali adanya peningkatan jumlah ODP (orang dalam pemantauan), PDP (Pasien dalam Pengawasan), dan pasien positif COVID-19.

Dari data itu menunjukkan bahwa jumlah ODP sebanyak 714, jumlah PDP juga meningkat jadi 124 orang, dan pasien positif COVID-19 yang dua sebelumnya 18 orang meningkat jadi 31 orang. Sementara jumlah kasus positif COVID-19 yang meninggal sebelumnya 4 orang bertambah jadi 5 orang, PDP yang meninggal di wilayah kota Medan ada sebanyak 5 orang, sedangkan pasien sembuh dari sebelumnya dua orang menjadi 6 orang.

Akibat COVID-19, PMI Kota Medan Krisis Stok Darah

Imbauan untuk tidak keluar rumah pun turut digaungkan bagi warga Kota Medan, sebagaimana warga-warga di daerah-daerah lainnya penjuru nusantara. Anjuran pemerintah terhadap masyarakat untuk tidak keluar rumah akibat pandemi COVID-19 ternyata membawa pengaruh atas ketersediaan darah.

[Baca Juga: Wabah COVID-19, Donor Darah Tetap Aman]

Dilansir beritasatu.com, Stok darah di di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) mengalami penurunan secara drastis. "Kondisi persediaan darah biasanya secara rata - rata ada sebanyak 1.500 kantong darah. Stok ini tersedia untuk memenuhi kebutuhan darah di Medan. Namun, stok darah yang ada sekarang tinggal 500 kantong darah," ujar Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Medan, Harry Butar-butar, Rabu (8/4/2020).

Harry mengatakan, Kota Medan sedang mengalami krisis darah, dan dikhawatirkan tidak akan mampu memenuhi kebutuhan darah di masyarakat. COVID-19 mengakibatkan kebutuhan darah untuk penanganan penderita penyakit kanker, anemia maupun lainnya, mengalami hambatan.

[Baca Juga: Inilah Fakta Menarik Tentang Donor Darah]

Pandemi COVID-19 membuat masyarakat yang rutin melakukan donor darah merasa khawatir keluar rumah karena takut tertular virus mematikan tersebut. Tidak sedikit di antara pendonor rutin yang mengurungkan niatnya melakukan donor. Para pendonor darah itu lebih memilih di rumah demi keselamatan diri dan keluarganya.

Dia menegaskan bahwa lokasi donor darah buat pendonor dipastikan sudah disterilkan dari bahaya penyebaran virus SARS-CoV-2 yang dianggap mematikan tersebut. "Biasanya, masyarakat yang mendonorkan darahnya rutin melakukan itu sekali dalam dua bulan sebelum pandemi corona. Ada juga pendonor yang melakukan ini dalam jumlah besar. Namun, saat ini mereka mengurungkan niatnya untuk mendonorkan darahnya. Stok darah kita sudah menipis," sebutnya.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.