Akibat Pandemi COVID-19, Aturan Piala Oscar 2021 Berubah

Berita Kawasan

Akibat Pandemi COVID-19, Aturan Piala Oscar 2021 Diubah

Pandemi COVID-19 membuat Academy of Motion Picture Arts dan Science (AMPAS) atau penyelenggara penghargaan Piala Oscar melonggarkan aturan main ajang itu untuk tahun 2021.

Sebelumnya, film yang berkompetisi di Academy Awards atau Piala Oscar harus tayang tujuh hari berturut-turut di bioskop komersial di Los Angeles, Amerika Serikat. Namun, karena pandemi COVID-19 melanda di hampir semua negara di dunia membuat bioskop tidak dapat beroperasi normal, termasuk di Amerika Serikat, ketentuan ini diubah.

Akibat Pandemi COVID-19, Aturan Piala Oscar 2021 Berubah

“Pihak Academy yakin bila tidak ada cara yang lebih baik dibandingkan menonton film di bioskop,” kata Presiden AMPAS David Rubin dan CEO AMPAS Dawn Hudson, dikutip dari Variety (29/4/2020).

“Komitmen kami terhadap hal itu tidak berubah. Namun, pandemi COVID-19 mengharuskan kami membuat pengecualian sementara ini untuk aturan kelayakan penghargaan kami,” lanjutnya.

[Baca Juga: Dari Genflix sampai Netflix, Menilik Streaming Service di Indonesia]

Melalui rapat yang berlangsung Selasa, 28 April lalu, AMPAS mengizinkan film yang rilis di platform streaming tanpa tayang di bioskop untuk berkompetisi dalam Oscar.

Namun, tidak semerta-merta film yang tayang secara streaming dapat mendaftar, film tersebut setidaknya harus memiliki rencana penayangan di bioskop komersial. Film itu pun harus tersedia di situs streaming yang hanya disaksikan anggota Academy Screening Room dalam waktu 60 hari setelah rilis di platform streaming.

[Baca Juga: Ini Rekomendasi 4 Serial Netflix Buat yang Rindu Hangout]

Ketika keadaan dinyatakan aman dari COVID-19 dan bioskop bisa dibuka kembali, syarat penayangan film selama tujuh hari berturut-turut akan kembali diberlakukan. Akan tetapi, film yang sudah terlebih dulu dirilis di platform streaming tidak harus dirilis kembali di bioskop. Bila bioskop di Amerika Serikat sudah boleh beroperasi kembali, AMPAS pun akan memperluas jaringan bioskop sebagai tempat penayangan calon film yang bertanding di Oscar. Bukan hanya bioskop di Los Angeles, tetapi juga di New York, Bay Area, Chicago, Miami, dan Atlanta.

AMPAS juga mengumumkan akan menggabungkan kategori sound mixing dan sound editing menjadi satu di Ajang Oscar 2021. Ini membuat kategori Oscar hanya berjumlah 23 saja pada perhelatan tahun depan. Perhelatan Oscar tahun depan rencananya akan digelar pada 28 Februari 2021 mendatang.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaa n.jpg

Bisnis

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaan

28 November 2022, 15:58

East Ventures melalui IDPM MPTM berupaya membuka kesempatan kepada para founder startup meraih pendanaan dan mereka yang terdampak badai PHK industri digital mendapatkan pekerjaan baru.

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depa n.jpg

Kuliner

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depan

28 November 2022, 14:56

Setelah ribuan konsumennya bersuara, Fore Coffee memutuskan untuk memperpanjang menu seasonal The Classic Treasure Series sampai tahun depan.

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo

28 November 2022, 10:55

Pada akhir pekan kemarin, band Dewa 19 bersama mantan anggotanya yang ikonik sukses manggung di Kota Solo melalui konser 30 Tahun Berkarya Dewa 19.

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar.jpg

Kecantikan dan Fashion

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar

25 November 2022, 16:36

Pihak penyelenggaran JFW 2023 mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu penyelenggaraan Jakarta Fashion Week dengan animo serta respons yang sangat positif dari fashionista di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.