Akibat PSBB, Lebaran Tidak Signifikan Menambah Tumpukan Sampah

Berita Kawasan

Akibat PSBB, Lebaran Tidak Signifikan Menambah Tumpukan Sampah

Pemerintahan Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah melarang warganya untuk berpergian mudik saat Lebaran terkait masih berlangsungnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Tercatat, volume sampah saat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah mencapai 2.195 ton. Pada H-1 Lebaran, total sampah mencapai 6.995 ton sementara, untuk H+1 mencapai 2.917 ton. Demikian yang disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih, dilansir beritajakarta.id (26/5/2020).

Andono memperkirakan sampah akan meningkat signifikan atau H+3. Sebab, akumulasi tumpukan-tumpukan sampah yang sempat tertinggal di tempat sampah masing-masing rumah warga mulai dikirim ke tempat penampungan sementara (TPS). "Berdasarkan pengalaman empiris pada tahun-tahun sebelumnya, tonase sampah menurun saat pra dan pascalebaran," ujarnya.

[Baca Juga: Dipicu PSBB Kala COVID-19, Volume Sampah Jakarta Timur Berkurang Drastis]

Kasi Kebersihan dan Limbah B3 Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Timur, Wahyudi mengatakan, volume sampah yang dihasilkan selama libur Lebaran mencapai 780,83 ton. Jumlah itu berasal dari 10 kecamatan yang ada di Jakarta Timur.

Menurutnya, jumlah tersebut terbilang normal atau sama dengan selama pandemi COVID-19. "Saat malam takbir, secara umum kondisi wilayah lengang, tidak ada kerumunan massa kecuali di kawasan PIK Penggilingan ada bazar. Sehingga banyak sampah sisa kegiatan bazar," ujar Wahyudi.

Akibat PSBB, Lebaran Tidak Signifikan Menambah Tumpukan Sampah

Sementara, Kepala Suku Dinas (Sudin LH) Jakarta Barat, Slamet Riyadi mengatakan, jumlah sampah di Jakarta Barat mencapai 775,92 meter kubik atau sekitar 274 ton. Jumlah tersebut berasal dari delapan kecamatan yang tersebar di Jakarta Barat.

Menurutnya, jumlah tersebut mengalami penurunan, salah satunya disebabkan saat ini sedang dalam masa pandemi COVID-19 dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dia menambahkan, pihaknya mengerahkan 221 petugas yang disebar delapan kecamatan, 18 unit truk dan delapan kendaraan street sweeper.

[Baca Juga: Budidaya Maggot di TPST Buat Tumpukan Sampah Organik Berkurang]

Di masa pandemi, sambung dia, petugas wajib menggunakan sarung tangan, masker dan sebagainya sesuai dengan protokol kesehatan. "Malam takbiran volume sampah tercatat 246,12 meter kubik, sedangkan Minggu mencapai 529,80 meter kubik. Jadi selama dua hari seluruhnya mencapai 775,92 meter kubik," ujar Slamet.

Sedangkan, Kepala Suku Dinas LH Jakarta Pusat Marsigit melaporkan, volume sampah yang dihasilkan sejak malam takbiran hingga H+2 Lebaran mencapai 232 ton. Ratusan ton sampah ini merupakan hasil produksi dari delapan kecamatan dengan rincian 69 ton pada malam takbiran, 77 ton pada H+1 dan 86 ton pada H+2 Lebaran.

"Volume sampah dari malam takbiran hingga H+2 mencapai sekitar 232 ton. Selain itu, selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), volume sampah di Jakarta Pusat menurun sekitar 20 persen dari 2.191,5 menjadi 1.753,2 ton per hari.” tukasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 2 months lalu
    anisa

    Masih tetap #bersamamelawanviruscorona cukup #dirumahaja dan utk mengusir kejenuhan yang anda rasakan. silahkan bisa lsg join dan cukup bermain game kartu yang ada di situs POKER165,CO serta bisa pilih/ambil bonusnya boskuu. Cukup 1 User Id untuk bermain di semua jenis game. POKER165,CO dengan Server IDN Poker Terbaik dan memiliki Win Rate Paling Tinggi saat ini diantara semuanya. POKER165 juga menawarkan berbagai promo istimewa yang di BERIKAN DI DEPAN FULL !! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +6281806761237 atau lgs buka link atau situs nya ya boskuu.

  • Suki 2 years, 2 months lalu
    suki

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di bola165

  • Emma 2 years, 2 months lalu
    emma

    izin share ya admin :) segera bergabung bersama kami, Di Agen Togel Online Terbaik dan jangan lupa raih berbagai macam promonya, buruan langsung saja daftar Di <a href="http://gajitoto.net/" title="Gajitoto" rel="nofollow">Gajitoto</a>