Aksi Bersihkan Ciliwung Raih Rekor MURI

Berita Kawasan

Aksi Bersihkan Ciliwung Raih Rekor MURI

Ciliwung merupakan sungai yang memegang peranan penting di Jawa Barat dan Jakarta. Sungai sepanjang hampir 120 km ini kerap kali menimbulkan banjir tahunan di wilayah hilir, yaitu Jakarta. Berbagai upaya dilakukan untuk meminimalisir banjir di ibu kota berkat meluapnya Sungai Ciliwung di Bogor dan Depok, Salah satu cara yang diupayakan pemerintah setempat untuk mengendalikan banjir adalah dengan membuat kanal-kanal. Selain itu, dilakukan pula pembersihan sampah di Ciliwung secara rutin.

Contoh nyatanya dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH) bekerja sama dengan Yayasan Bambu Indonesia, Sukajadi, Cibinong yang belum lama ini menggelar aksi bebersih Ciliwung.

Kegiatan yang dilakukan pada 23 Juni 2019 tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup dan pengurangan sampah plastik. Kegiatan bebersih Ciliwung ini dilakukan di 33 Kecamatan di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung yang tersebar di 36 lokasi. Aksi bebersih Ciliwung ini bertujuan untuk kampanye dan mengedukasi lingkungan kepada masyarakat.

[Baca Juga: Warga Kembali Mancing Ikan di Sungai Ciliwung]

Melansir dari kotabogor.go.id (25/6/2019) aksi bersih-bersih tersebut berhasil tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan kategori melibatkan banyak orang. Aksi peduli lingkungan ini diikuti sebanyak 8.000 orang. Salah satu wilayah yang ikut berpartisipasi dalam aksi bebersih Ciliwung ini adalah, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Lurah Kelurahan Sempur Marissa mengatakan, sungai Ciliwung adalah aset dan sumber kehidupan, sejak dulu hingga sekarang. "Karena posisi Ciliwung ini sangat berguna sebagai aset dan sumber kehidupan keberlangsungan Bogor, sehingga harus kita jaga bersama," kata Marissa.

Marissa menyebutkan, Sungai Ciliwung menghadapi tantangan yang tidak mudah. Untuk itu sudah sewajarnya Sungai Ciliwung menjadi tanggung jawab bersama agar tetap bermanfaat untuk kehidupan masyarakat Bogor. "Kita harus berbagi peran sesuai kewenangan masing-masing untuk menjaga Ciliwung," ujar Marissa.

[Baca Juga: Penataan Suryakencana, Taman Topi dan Naturalisasi Ciliwung Jadi Prioritas Utama]

Sungai Ciliwung yang mengalir di wilayah Kelurahan Sempur adalah pekerjaan rumah yang akan dikerjakan dengan langkah terbaik agar selalu bersih dan bebas sampah. "Mari bergerak bersama untuk Ciliwung," ajaknya.

Dalam aksi bebersih Ciliwung kali ini, pihaknya melibatkan kurang lebih 682 orang. Antara lain karyawan Kelurahan Sempur sekitar 265 orang, kemudian 213 warga RW 01-07, 204 anggota Pramuka, PKK dan kader Posyandu serta aparatur Kecamatan dan Kelurahan lainnya.

Dari hasil bebersih tersebut Marissa menyebutkan, berhasil mengangkat kurang lebih 185 karung sampah dengan berat mencapai 1.850 kilogram. Menurutnya, kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan bersama-sama. "Ke depan kami berharap kita semua dapat lebih peduli terhadap Ciliwung," kata Marissa.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.