Aksi Sosial Pasti Bisa Kucurkan Dana Pembuatan Test Kit qPCR COVID-19

Bisnis

Aksi Sosial Pasti Bisa Kucurkan Dana Pembuatan Test Kit qPCR COVID-19

Seperti yang diwartakan sebelumnya, perusahaan Nusantics mengumumkan telah merampungkan purwarupa untuk test kit qPCR COVID-19 dan menjadikan ini sebagai test kit buatan dalam negeri pertama. Namun untuk memproduksi massal test kit ini, Nusantics yang tergabung dalam Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan COVID-19 (TFRIC19) membutuhkan dana terbilang besar. Dari sinilah East Ventures pun melakukan aksi penggalangan dana yang berhasil mengumpulkan Rp5 miliar yang disalurkan untuk produksi test kit tersebut.

Aksi sosial yang dinamakan Indonesia PASTI BISA itu dicanangkan East Venture dalam rangka membantu upaya penanganan virus SARS-Cov-2 yang saat ini terus membayangi Indonesia. Di mana usaha mereka berjalan beriringan dengan pengumuman pada pekan lalu dari TFRIC19 yang dibentuk Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang menjelaskan, membutuhkan dana sekitar Rp10 miliar.

Nusantics Umumkan Perampungan Purwarupa Test Kit qPCR COVID-19

Dana itu dijelaskan TFRIC19 akan digunakan sekitar Rp9 miliar untuk biaya produksi 100.000 test kit qPCR COVID-19 yang disebar ke berbagai wilayah di Indonesia. Sedangkan Rp1 miliar sisanya akan digunakan dalam pembiayaan proyek whole genome sequencing virus Corona yang memicu COVID-19 di Indonesia.

Aksi sosial dari East Ventures ini pun menargetkan dana Rp10 miliar sesuai dengan yang dibutuhkan TFRIC19. Indonesia PASTI BISA pun mulai digelar pada 30 Maret 2020 dan kabar baik pun diumumkan pada 6 April 2020. Di mana sudah ada 1.300 donatur yang menyumbangkan uangnya dan pada awal pekan ini, total dana uang terkumpul mencapai angka Rp6,98 miliar. Guna mempercepat proses produksi test kit qPCR COVID-19, sebagian dana tersebut pun langsung digunakan untuk pembelian bahan bakunya.

[Baca Juga: Perusahaan Startup Nusantics Raih Kucurkan Dana dari East Ventures]

Menurut pihak East Ventures, dana dengan nilai Rp5 miliar itu penggunananya sudah sesuai dengan nota kesepahaman antara East Ventures, BPPT, KoinWorks, Nusantics, dan Indonesia International Institute of Life Science (i3L). Dana itu disebut digunakan untuk membeli primer, probe, dan mastermix untuk pembuatan sekitar 50.000 test kit qPCR COVID-19 di Tanah Air.

Di mana produksi massal dari test kit itu diserahkan peada Bio Farma dan i3L yang langsung berada di bawah koordinasi BPPT. Produksi 50.000 test kit itu diperkirakan akan selesai dalam waktu sebulan pasca-penyerahan bahan bakunya. Untuk saat ini, sudah ada bahan baku untuk 6.400 test kit yang nantinya akan dimulai proses produksi pada pertengahan April 2020 dan jika selesai maka test kit itu akan didistribusikan ke berbagai laboratorium kesehatan di Indonesia.

[Baca Juga: Nusantics Umumkan Perampungan Purwarupa Test Kit qPCR COVID-19]

“Gerakan Indonesia PASTI BISA telah berkembang dengan cepat. Dalam sepekan, prototipe desain test kit telah selesai dan 70% dari target penggalangan dana telah terkumpul. Kemajuan tersebut membuat kami bisa mulai menyalurkan sebagian dari donasi yang dikumpulkan untuk merealisasikan produksi massal test kit COVID-19 di Indonesia. Kami sangat berterima kasih kepada para donatur, sukarelawan, dan seluruh pihak yang telah bekerja siang dan malam untuk gerakan Indonesia PASTI BISA,” sebut Co-founder sekaligus Managing Partner East Ventures Wilson Cuaca, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (7/4/2020).

Read More

Artikel Lainnya

Kemendikbud Tanggapi Isu Uang Kuliah Naik Kala Pandemi COVID-19

Pendidikan

Kemendikbud Tanggapi Isu Uang Kuliah Naik Kala Pandemi COVID-19

05 June 2020, 17:30

Isu yang ramai beredar tentang kenaikan uang kuliah atau UKT di masa pandemi Covid-19, mendapat respon dari Kemendikbud

Lawan Rasisme, Fans K-Pop Bersatu Bajak Tagar WhiteLivesMatter

Hobi dan Hiburan

Lawan Rasisme, Fans K-Pop Bersatu Bajak Tagar #WhiteLivesMatter

05 June 2020, 17:00

Sebuah survei menunjukkan, mayoritas masyarakat Amerika Serikat bersimpati dengan aksi protes atas pembunuhan George Floyd. Begitu juga dengan fans K-Pop.

Catat! Ini Alur Pendaftaran PPDB DKI Jakarta Tahun 2020.jpg

Pendidikan

Catat! Ini Alur Pendaftaran PPDB DKI Jakarta Tahun 2020

05 June 2020, 16:30

Pemprov DKI Jakarta sudah keluarkan hal-hal yang dipersiapkan orangtua dan para calon siswa untuk PPDB DKI Jakarta 2020.

Masjid Raya Bandung Akan Kembali Gelar Salat Jumat Pada 12 Juni 2020

Berita Kawasan

Masjid Raya Bandung Akan Kembali Gelar Salat Jumat Pada 12 Juni 2020

05 June 2020, 16:00

penundaan pembukaan Masjid Raya Bandung dikarenakan masih dalam tahap persiapan untuk memenuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh Majelis Utama Indonesia Kota Bandung


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Erni 1 month, 3 weeks lalu
    erni

    ⁣Mau hadiah total sampai 1M 😱 Buruan join di poker165.co dengan TCoin ! Atau ikuti babak kualifikasi untuk menangkan tiketnya ! Untuk Info lebih lanjut silahkan Kunjungi roadto1billion.com Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder 😎