Akuntan Punya Peran Penting untuk Keamanan Siber.jpg

Pendidikan

Akuntan Punya Peran Penting untuk Keamanan Siber

Akuntan publik menjadi profesi yang turut berperan dalam berjalannya suatu organisasi atau bisnis. Menurut Dr. David Bond, seorang Dosen senior di University of Technology Sydney, seorang akuntan memiliki peran penting dalam membantu organisasi ataupun bisnis untuk mengidentifikasi dan mengelola risiko secara cepat.

Dr. David Bond datang ke Indonesia untuk melakukan kegiatan workshop yang bekerjasama dengan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) dan juga mengisi sesi media briefing yang bertajuk "Masa Depan Akuntansi-Batasan Baru, Teknologi dan Keamanan Siber" di Restoran Yellowfin, Senopati, Jakarta Selatan pada Selasa (26/2).

University of Technology Sydney (UTS) beserta UTS Insearch berkolaborasi dengan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) mengadakan media briefing yang membahas tentang peran akuntan yang sudah mengalami perubahan dan sebagai bentuk usaha untuk mendorong lebih banyak siswa untuk belajar akuntansi.

[Baca Juga: Prediksi Keuangan di Tahun 2019 Berdasarkan Zodiak]

Dalam sesi media briefing yang diikuti PingPoint.co.id (26/2) yang berlangsung selama satu jam, Direktur Indonesian Development, UTS Insearch Mariam Kartikatresni mengatakan Indonesia memiliki jumlah akuntan profesional dengan proporsi terkecil di wilayah Asia Tenggara. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh International Academic Institute for Science and Technology menyatakan Indonesia membutuhkan lebih dari 200.000 akuntan profesional, namun realita saat ini di Indonesia hanya memiliki sekitar 10.000 akuntan profesional.

Selain itu, Dr. Hendang Tanusdjaja CPA juga turut hadir sebagai narasumber dalam media briefing yang mengatakan dunia akuntan sekarang ini ada digital accounting, sehingga Dr Hendang yang merupakan salah satu anggota Dewan IAPI merasa tertarik dan butuh kerjasama dari UTS dan UTS Insearch untuk mengatasi kekurangan jumlah akuntan profesional di Indonesia melalui workshop.

Di Indonesia sendiri, profesi akuntan publik sudah diakui oleh pemerintah dan bahkan untuk akuntan publik sudah dikeluarkan UU No 5 Tahun 2011 untuk masalah akuntan. Dengan begitu, posisi akuntan publik sebenarnya sudah dianggap sangat penting sehingga sampai harus dilahirkan undang-undang. Namun, sayangnya menurut sebuah studi pada tahun 2018 oleh Universtitas Negeri Malang, di Indonesia mengalami kekurangan lulusan akuntansi yang bergabung dengan 500 firma akuntan publik.

Risiko Serangan Siber

Dr. David sebagai narasumber kemudian menjelaskan, tentang peran penting akuntan dalam membantu sebuah organisasi atau bisnis yang memiliki risiko serangan siber dari teknologi yang semakin berkembang.

Seorang akuntan berperan dalam pencegahan penipuan dan perlindungan suatu perusahaan dari ragam bentuk kejahatan siber. Akuntan dapat membantu mengidentifikasi dan mengurangi risiko penipuan di lingkup internal, eksternal, pembuatan kebijakan dan menjaga reputasi perusahaan.

Berbagai kejahatan siber bisa terjadi oleh firma akuntan publik, pajak dan jasa keuangan seperti penyebaran virus melalui email yang memiliki tautan untuk ditekan dan ternyata , pembobolan data dan akses yang tidak sah ke pembukuan yang menciptakan potensi penipuan pengembalian pajak dan pensiun, pencurian identitas serta penipuan finansial terhadap klien.

[Baca Juga: KAWN, Aplikasi Kasir Daring Aman dan Akurat]

Menurut Dr. David, akuntan di masa depan tidak hanya harus pandai berhitung, tetapi dituntut untuk lebih terampil dan memahami teknologi agar bisa mencegah dan mendeteksi kejahatan siber. Akuntan yang paling dicari adalah yang menawarkan nilai bisnis nyata dan pemahaman terhadap klien yang mendalam, mampu berkomunikasi dengan baik, memiliki pemikiran yang kritis, memiliki empati dan kreativitas. Kemampuan dan keterampilan tersebut harus dimiliki akuntan saat ini dan untuk masa depan agar bisa mendeteksi serta mencegah penipuan pada bisnis klien.

Dr. David bersemangat untuk membangkitkan lebih banyak pemuda Indonesia untuk memilih akuntansi sebagai pilihan karir yang menarik dan menginspirasi. Semangatnya terbentuk karena perubahan yang cepat dan kurangnya sumber daya dari profesi akuntan publik di Indonesia.

Menurutnya, dengan menggabungkan pendidikan akuntansi yang berkualitas, pengembangan keterampilan interpersonal yang kuat, kemampuan berbahasa inggris yang baik, keragaman pengalaman dan memiliki pikiran yang terbuka adalah resep untuk meniti karir yang luar biasa.

Read More

Artikel Lainnya

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan.jpg

Berita Kawasan

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan

25 September 2020, 13:28

Baru-baru ini Polda Metro Jaya dan Bank DKI berkolaborasi dalam memudahkan pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi bernama Si Ondel.

Sebelum Pamit Fokus Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini .jpg

Berita Kawasan

Sebelum Pamit untuk Pilkada Medan 2020, Akhyar Nasution Berikan Pesan Ini

25 September 2020, 12:21

Sebelum memasuki masa cuti untuk kampanye persiapan Pilkada Medan 2020, Akhyar sempat menitipkan pesannya kepada elemen Pemko Medan.


Comments


Please Login to leave a comment.