AKUPUNTUR_1.jpg

Kesehatan

Akupunktur sebagai Pengobatan Alternatif Kesehatan Anda

Indonesia sebagai negara yang terkenal akan akulturasinya memiliki beragam metode pengobatan alternatif yang berasal dari luar negeri. Salah satunya adalah akupunktur. Pengobatan alternatif yang berasal dari Tiongkok ini bisa ditemukan di berbagai area di Jakarta, termasuk di kawasan Kelapa Gading Jakarta.

Sebagaimana dilansir dari Celestial Lancets: A History and Rationale of Acupuncture and Moxa, akupunktur merupakan praktik pengobatan tradisional tertua di Tiongkok. Terdapat kesimpangsiuran kapan dimulainya akupunktur di Negeri Tirai Bambu. Namun berdasarkan dokumentasi Huangdi Nenjing (The Emperor’s Classic of Internal Medicine), akupunktur mulai populer dipraktikan sekitar tahun 100 sebelum masehi.

AKUPUNTUR_2.jpg

Lantas bagaimana pengobatan alternatif ini bekerja? Laman Medical News Today menjelaskan bahwa pengobatan tradisional di Tiongkok memandang kesehatan di tubuh manusia merupakan hasil dari keseimbangan yang harmonis dari kekuatan kehidupan dalam “yin” dan “yang” bernama “qi”. Penyakit yang menimpa tubuh manusia dipandang sebagai konsekuensi dari ketidakseimbangan itu.

Qi dipercaya mengalir melalui jalur di tubuh manusia dan jalur ini serta aliran energi dapat diakses melalui 350 titik akupunktur yang ada di tubuh Anda. Karena itu ahli akupunktur akan memasukkan jarum ke titik-titik tersebut untuk menyeimbangkan energi yang mengalir dan diklaim dapat membantuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Sejumlah ahli di dunia medis memandang akupunktur memiliki hubungan dengan ilmu saraf atau neuroscience. Titik-titik akupunktur memiliki posisi di mana saraf, otot serta jaringan ikat di tubuh manusia dapat diransang. Rangsangan melalui tusukan jarum pada akupunktur dipandang dapat meningkatkan aliran darah dan di saat yang sama memicu aktivitas pereda nyeri alamiah yang ada dalam tubuh manusia. Badan Kesehatan Dunia atau WHO juga sudah menguji hasil dari akupunktur untuk gangguan kesehatan seperti tenanan darah tinggi serta rendah, mual serta muntah yang dipicu kemoterapi, disenteri, peradangan sendi, sakit gigit, mengurangi risiko stroke dan masih banyak lagi.

Kawasan Kelapa Gading Jakarta juga memiliki beberapa klinik yang melayani pengobatan alternatif ini. Salah satunya adalah Ken Hermawan: Acupuncture, Acupressure & Reflexology yang berada di Mall Kelapa Gading 2 atau MKG 2. Klinik akupunktur ini sudah ada semenjak tahun 2000 dan telah memiliki banyak pasien di cabang-cabangnya yang berlokasi di Jakarta, Bekasi, Tangerang, Lampung dan Jambi.

Read More


Artikel Lainnya

MMA Ajak Startup Indonesia Ikut Penghargaan Smarties

Bisnis

MMA Ajak Startup Indonesia Ikut Penghargaan Smarties

20 June 2019, 10:00  |  11 Views

MMA sebentar lagi menggelar penghargaan Smarties, asosiasi ini mengajak pengusaha lokal di Indonesia untuk ikut dalam perhelatan tersebut.

Mengenal Kanker Otak Seperti yang Diderita Agung Hercules

Kesehatan

Mengenal Kanker Otak Seperti yang Diderita Agung Hercules

20 June 2019, 11:00  |  13 Views

Kanker masih jadi penyakit yang menyeramkan di Indonesia. Kenali kanke rotak lebih dalam agar bisa ditangani dengan tepat.

Ayo Persiapkan Diri di Kelas Berlari MILO

Berita Kawasan

Ayo Persiapkan Diri di Kelas Berlari MILO

20 June 2019, 09:00  |  10 Views

Kelas Berlari MILO merupakan wadah bagi para peserta khususnya pelari pemula untuk mempersiapkan diri mengikuti MILO Jakarta International 10K.

Pemkot Jaktim dan PT JIEP Bekerjasama Memajukan Wilayah Jakarta Timur

Berita Kawasan

Pemkot Jaktim dan PT JIEP Kerjasama Majukan Wilayah Jakarta Timur

20 June 2019, 12:00  |  4 Views

Pemkot Jaktim menerima audiensi PT. JIEP pada 17 Juni 2019. Kedua pihak membahas penataan kota demi bersama memajukan wilayah kota Jakarta Timur.


Comments


Please Login to leave a comment.