AKUPUNTUR_1.jpg

Kesehatan

Akupunktur sebagai Pengobatan Alternatif Kesehatan Anda

Indonesia sebagai negara yang terkenal akan akulturasinya memiliki beragam metode pengobatan alternatif yang berasal dari luar negeri. Salah satunya adalah akupunktur. Pengobatan alternatif yang berasal dari Tiongkok ini bisa ditemukan di berbagai area di Jakarta, termasuk di kawasan Kelapa Gading Jakarta.

Sebagaimana dilansir dari Celestial Lancets: A History and Rationale of Acupuncture and Moxa, akupunktur merupakan praktik pengobatan tradisional tertua di Tiongkok. Terdapat kesimpangsiuran kapan dimulainya akupunktur di Negeri Tirai Bambu. Namun berdasarkan dokumentasi Huangdi Nenjing (The Emperor’s Classic of Internal Medicine), akupunktur mulai populer dipraktikan sekitar tahun 100 sebelum masehi.

AKUPUNTUR_2.jpg

Lantas bagaimana pengobatan alternatif ini bekerja? Laman Medical News Today menjelaskan bahwa pengobatan tradisional di Tiongkok memandang kesehatan di tubuh manusia merupakan hasil dari keseimbangan yang harmonis dari kekuatan kehidupan dalam “yin” dan “yang” bernama “qi”. Penyakit yang menimpa tubuh manusia dipandang sebagai konsekuensi dari ketidakseimbangan itu.

Qi dipercaya mengalir melalui jalur di tubuh manusia dan jalur ini serta aliran energi dapat diakses melalui 350 titik akupunktur yang ada di tubuh Anda. Karena itu ahli akupunktur akan memasukkan jarum ke titik-titik tersebut untuk menyeimbangkan energi yang mengalir dan diklaim dapat membantuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Sejumlah ahli di dunia medis memandang akupunktur memiliki hubungan dengan ilmu saraf atau neuroscience. Titik-titik akupunktur memiliki posisi di mana saraf, otot serta jaringan ikat di tubuh manusia dapat diransang. Rangsangan melalui tusukan jarum pada akupunktur dipandang dapat meningkatkan aliran darah dan di saat yang sama memicu aktivitas pereda nyeri alamiah yang ada dalam tubuh manusia. Badan Kesehatan Dunia atau WHO juga sudah menguji hasil dari akupunktur untuk gangguan kesehatan seperti tenanan darah tinggi serta rendah, mual serta muntah yang dipicu kemoterapi, disenteri, peradangan sendi, sakit gigit, mengurangi risiko stroke dan masih banyak lagi.

Kawasan Kelapa Gading Jakarta juga memiliki beberapa klinik yang melayani pengobatan alternatif ini. Salah satunya adalah Ken Hermawan: Acupuncture, Acupressure & Reflexology yang berada di Mall Kelapa Gading 2 atau MKG 2. Klinik akupunktur ini sudah ada semenjak tahun 2000 dan telah memiliki banyak pasien di cabang-cabangnya yang berlokasi di Jakarta, Bekasi, Tangerang, Lampung dan Jambi.

Read More

Artikel Lainnya

Timsus Penindak Pelanggar COVID-19 Siap Bertugas di Kepulauan Seribu

Berita Kawasan

Timsus Penindak Pelanggar COVID-19 Siap Bertugas di Kepulauan Seribu

23 September 2020, 16:09

Tercatat dalam kegiatan ini Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Morry Ermond melakukan penyematan rompi kepada anggota Timsus Penindak Pelanggar Prokes COVID-19.

OMRON Berkontribusi dalam Pengembangan Ventilator Bersama Tim

Kesehatan

OMRON Berkontribusi dalam Pengembangan Ventilator Bersama Tim VENINDO

23 September 2020, 15:27

Untuk menjawab urgensi kebutuhan pasokan alat medis pada masa pandemi ini, Departemen Perindustrian Indonesia merangkul produsen otomotif lokal untuk membantu dalam memproduksi ventilator.

600 Jakpreneur Binaan Dinas PPAPP Ikut Bazar Online

Bisnis

600 Jakpreneur Binaan Dinas PPAPP Ikut Bazar Online

23 September 2020, 15:15

Pandemi COVID-19 membawa dampak luar biasa kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah, terutama dalam pemasaran produk.

Terminal Madyopuro Malang Siap Berkompetisi Lomba Terminal Sehat

Berita Kawasan

Terminal Madyopuro Malang Siap Berkompetisi Lomba Terminal Sehat

23 September 2020, 13:33

Terminal Madyopuro Kota Malang yang merupakan terminal tipe C menjadi salah satu peserta bersaing dengan terminal di beberapa kabupaten/kota di Jawa Timur seperti Blitar, Ngawi dan Situbondo.


Comments


Please Login to leave a comment.