Alarm Berbunyi Beep Vs Bermelodi, Mana yang Lebih Baik

Kesehatan

Alarm Berbunyi Beep Vs Bermelodi, Mana yang Lebih Baik?

Alarm menjadi senjata jitu untuk bangun di pagi hari. Cukup mengaturnya di ponsel pintar, maka alarm akan berbunyi pada waktu yang diinginkan tuannya. Bunyinya pun berbeda, lagi-lagi sesuai preferensi si pengatur. Ada yang menyukai bunyi beep lawas bawaan ponsel, ada juga yang berlabuh pada lagu favorit di playlist. Namun, apa dampak memasang bunyi beep untuk alarm? Adakah bedanya dengan memasang musik bermelodi?

Pertanyaan ini bisa terjawab lewat hasil penelitian Stuart McFarlane dan tim yang dipublikasi akhir Januari 2020. Melansir Healthline (21/02/2020), Peneliti di Royal Melbourne of Technology (RMIT) University, Australia dan timnya itu membagikan kuesioner kepada lima puluh responden.

Alarm Berbunyi Beep Vs Bermelodi, Mana yang Lebih Baik

Pertanyaan pada kuesioner seputar bunyi alarm. Itu di antaranya jenis bunyi apa yang mereka pasang untuk alarm, apa yang mereka rasakan saat menggunakan jenis bunyi itu, dan seberapa mudahnya mereka bangun atau merasa pening ketika bangun.

Hasilnya, ada hubungan antara musik bermelodi dengan mudahnya seseorang untuk bangun tidur. Tim peneliti asal Australia itu menemukan bahwa orang-orang yang memasang musik bermelodi sebagai bunyi alarm lebih cepat bangun serta siaga setelah bangun.

[Baca Juga: Ikuti Kebiasaan Sehat Ini Setelah Bangun Tidur]

Lalu apa kriteria bunyi bermelodi menurut McFarlane? Pemimpin penelitian itu lebih lanjut menjelaskan jika bermelodi yang dimaksud seperti lagu yang dilantunkan Sang Ratu Pop Madonna, Borderline. Borderline tidak beritme terlalu cepat maupun lambat. Namun, lagu itu tetap menyuguhkan nada naik turun bervariasi. McFarlane menyimpulkan nada itulah yang membuat otak manusia lebih fokus dan perhatian ketika bangun.

Lain halnya dengan bunyi lawas bawaan ponsel yang hanya mengandung nada monoton. Mereka yang menyetel bunyi ini cenderung merasa cemas dan pusing ketika bangun tidur.

[Baca Juga: Pusing Setelah Bangun Tidur? Ini Tips Meredakannya]

Penelitian ini sangat berguna untuk orang-orang yang mengalami sleep inertia. Mereka yang menderita sleep inertia merasakan pusing ketika bangun tidur. Normalnya pusing setelah bangun tidur berlangsung selama tiga puluh menit, tapi sleep inertia membuatnya lebih lama hingga mencapai 2-4 jam. Rasa pusing itu dapat memengaruhi kemampuan seseorang dalam berpikir dan mengingat.

Ini menjadi masalah ketika mereka adalah yang menderita sleep inertia adalah orang-orang yang harus bangun pagi untuk menghindari macet ke kantor atau ke sekolah. Terlebih lagi, mereka yang dituntut untuk selalu siap siaga seperti polisi, dokter, atau supir transportasi umum.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.