Alasan Mengapa 2 Oktober Dijadikan Hari Batik Nasional

Kecantikan dan Fashion

Alasan Mengapa 2 Oktober Dijadikan Hari Batik Nasional

Batik merupakan kain bergambar yang dibuat secara khusus menggunakan tangan. Motif yang dihasilkan digambar langsung menggunakan teknik dan pewarna alami yang penuh akan nilai budaya. Kata batik diambil dari kata ‘amba’ yang artinya lebar dan kata ‘tik’ yang artinya titik. Jika disatukan, kata batik berarti titik-titik yang digambar pada media kain.

Batik bahkan ditetapkan United Nations of Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada 2 Oktober 2009. Hari ini tepat 10 tahun batik resmi jadi warisan budaya Indonesia. Penetapan tersebut dilakukan pada sidang keempat Komite Antar-Pemerintah di Abu Dhabi. Di saat yang sama, keris dan wayang juga diakui UNESCO.

Menteng_Kawasan_Kelurahan Cikini Akan Gelar Kelas Batik di Museum Tekstil_Kiki.jpg

Melansir dari berbagai sumber (2/10/2019) di tanggal yang sama, pemerintah menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. Tanggal tersebut ditetapkan dalam Keputusan Presiden Indonesia Nomor 33 Tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional.

[Baca Juga: Kelurahan Cikini Akan Gelar Kelas Batik di Museum Tekstil]

Keputusan ini dibuat tentu dengan suka cita mengingat perjalanan batik Indonesia agar bisa diakui UNECO cukup panjang dan tidak mudah. Pengakuan dari UNESCO bahkan harus melewati serangkaian pengujian dan sidang tertutup dihadapan enam negara di Paris. Belum lagi, batik sering kali jadi objek klaim negara tetangga. Penetapan ini tentunya membuat semua orang lega karena Indonesia berhasil menetapkan kepemilikan batik.

Sejak 10 tahun, setiap tanggal 2 Oktober Anda di imbau untuk menggunakan batik untuk memperingati hari yang penuh suka cita ini. Bahkan Sekretaris Jenderal Menteri Dalam Negeri Hadi Prabowo menandatangani Surat Edaran Nomor 003.3/10132/SJ tentang Pemakaian Baju Batik dalam Rangka Hari Batik Nasional 2 Oktober 2019.

[Baca Juga: Cara Merawat Batik Agar Tahan Lama dan Tak Luntur]

Berdasarkan surat edaran di atas, Kementrian Dalam Negeri mengimbau semua pejabat di lingkungan pemerintah menggunakan batik. Selebrasi hari batik tahun ini rencananya akan dilaksanakan di Solo sedangkan Jakarta sudah lebih dulu merayakan Hari Batik Nasional pada tanggal 24-27 September 2019 lalu.


Read More

Artikel Lainnya

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!


Comments


Please Login to leave a comment.